×

Benjolan Di Belakang Telinga Bayi

Bagikan Artikel :

Selamat datang di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu Benjolan Di Belakang Telinga Bayi yang ternyata meskipun tidak begitu banyak bayi yang mengalaminya dan lebih sering ditemukan pada orang dewasa tapi ternyata pada bayi juga bisa. Berikut informasi selengkapnya.

Benjolan Di Belakang Telinga Bayi 

Jika tanpa sengaja Anda menemukan benjolan – benjolan kecil pada telinga bayi dan benarkah benjolan ini akan berubah menjadi lebih besar serta bisa membahayakan kondisi kesehatan putra Anda. Masalah kesehatan seperti ini bisa terjadi akibat adanya pembesaran kelenjar getah bening yang berfungsi untuk memproduksi sel sel darah putih dan memiliki fungsi untuk melawan mikroorganisme yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Biasanya kelenjar seperti ini sering ditemukan pada bagian anggota tubuh yang lain seperti ketiak, leher, lipatan paha, jantung, samping kanan dan kiri. Jika Anda membiarkannya, kelenjar ini bisa bertambah besar.

Benjolan yang berada di belakang telinga bayi atau lebih dikenal dengan kelenjar getah bening ini disebabkan karena masalah sistem kekebalan tubuh sehingga jika terjadi adanya infeksi bisa mengakibatkan pembengkakan semakin besar. Jika dalam keadaan normal kelenjar getah bening biasanya tidak akan terasa namun apabila ukurannya sudah melebihi 1 cm maka akan  dicurigai sebagai kelenjar getah bening.

Namun jika kelenjar getah bening sampai terkena infeksi maka bisa membesar dan biasanya infeksi ini akibat adanya kuman streptokokus pada anak yang mengakibatkan demam serta pilek sehingga pembengkakan di bagian rahang semakin membesar.

Di bawah ini beberapa jenis penyakit yang kemungkinan akan timbul akibat dari kelenjar getah bening diantaranya :

Infeksi Akut

Terjadinya pembesaran kelenjar getah bening bisa mengakibatkan infeksi menjadi akut di sekitar daerah kepala dan leher. Biasanya pembengkakan terjadi saat tubuh sedang mengalami demam yang menimbulkan konsistensi lunak serta kemerahan dan hal ini juga bisa disebabkan oleh infeksi dengan bakteri meskipun hal ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

Infeksi Kronik

Related Posts :

    Penyebab pembengkakan kelenjar juga bisa diakibat micobacterium tuberculosa dan hal ini berhubungan dengan paru paru meskipun ada juga yang mengalami infeksi ini dan memiliki paru paru yang sehat.

    Kanker Primer

    Kanker yang satu ini biasanya akan sembuh jika terdeteksi lebih dini dan sebelum pembengkakan semakin besar serta lebih cepat mendapatkan pertolongan. 

    Maka dari itu sangat disarankan jika Anda menemukan adanya benjolan seperti itu segera dikonsultasikan dengan dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat dan menghindari adanya penyakit yang bertambah buruk.

    Baca juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 3, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Hubungan intim

  • Oleh : Sefty Liani
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb! bu bidan ..saya mo tanya, saya kan pengantin baru tapi sampai saat ni penis belum masuk sepenuhnya kedalam vagina sehingga membuat suami saya merasa kesal dan marah kpd saya. Dia mengira saya ad penyakit n dia curiga sy mnyembunyikan sesuatu darinya. Bagaimana solusinya bu bidan?😊

  • Oleh : Sefty Liani
  • Anak usia 2 tahun tidak mau makan sayur

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya. Saya mempunyai anak usia dua tahun kurang saat ini memang sedang aktif-aktifnya kesana kemari. Namun anak saya itu tidak mau makan sayur, setiap hari anak saya selalu makan dengan daging. Apakah jika anak saya tidak mau makan sayur akan berdampak pada perkembangan juga kesehatannya? dan bagaimana cara agar anak saya mau makan sayur? Mohon jawabannya Terimakasih

    Cara Membuat Anak Mau Belajar di Rumah

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

    Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • Cara Membujuk Anak Mau Minum Obat

  • Oleh : Dayat Ya Hidayat
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya anak mau minum obat tanpa paksaan ? Anak saya sudah berusia 6 tahun masih saja menolak minum obat ketika ia sakit. Metode mencekoki obat ke mulutnya tak mempan, yang ada obat keluar lagi. Mohon solusinya bu. Terimakasih

  • Oleh : Dayat Ya Hidayat
  • apakah benar kontraksi palsu?

  • Oleh : Indri Ekawaty
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya sedang hamil usia 7 bulan, kok saya sering merasa perut saya tegang dan debaynya bergerak tapi saat debaynya gerak di vagina saya terasa ngilu, apakah itu bisa dbilang kontraksi palsu? Mohon penjelasannya?

    Tanya Bidan