×

Benjolan Di Belakang Telinga Bayi

Bagikan Artikel :

Selamat datang di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu Benjolan Di Belakang Telinga Bayi yang ternyata meskipun tidak begitu banyak bayi yang mengalaminya dan lebih sering ditemukan pada orang dewasa tapi ternyata pada bayi juga bisa. Berikut informasi selengkapnya.

Benjolan Di Belakang Telinga Bayi 

Jika tanpa sengaja Anda menemukan benjolan – benjolan kecil pada telinga bayi dan benarkah benjolan ini akan berubah menjadi lebih besar serta bisa membahayakan kondisi kesehatan putra Anda. Masalah kesehatan seperti ini bisa terjadi akibat adanya pembesaran kelenjar getah bening yang berfungsi untuk memproduksi sel sel darah putih dan memiliki fungsi untuk melawan mikroorganisme yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Biasanya kelenjar seperti ini sering ditemukan pada bagian anggota tubuh yang lain seperti ketiak, leher, lipatan paha, jantung, samping kanan dan kiri. Jika Anda membiarkannya, kelenjar ini bisa bertambah besar.

Benjolan yang berada di belakang telinga bayi atau lebih dikenal dengan kelenjar getah bening ini disebabkan karena masalah sistem kekebalan tubuh sehingga jika terjadi adanya infeksi bisa mengakibatkan pembengkakan semakin besar. Jika dalam keadaan normal kelenjar getah bening biasanya tidak akan terasa namun apabila ukurannya sudah melebihi 1 cm maka akan  dicurigai sebagai kelenjar getah bening.

Namun jika kelenjar getah bening sampai terkena infeksi maka bisa membesar dan biasanya infeksi ini akibat adanya kuman streptokokus pada anak yang mengakibatkan demam serta pilek sehingga pembengkakan di bagian rahang semakin membesar.

Di bawah ini beberapa jenis penyakit yang kemungkinan akan timbul akibat dari kelenjar getah bening diantaranya :

Related Posts :

    Infeksi Akut

    Terjadinya pembesaran kelenjar getah bening bisa mengakibatkan infeksi menjadi akut di sekitar daerah kepala dan leher. Biasanya pembengkakan terjadi saat tubuh sedang mengalami demam yang menimbulkan konsistensi lunak serta kemerahan dan hal ini juga bisa disebabkan oleh infeksi dengan bakteri meskipun hal ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

    Infeksi Kronik

    Penyebab pembengkakan kelenjar juga bisa diakibat micobacterium tuberculosa dan hal ini berhubungan dengan paru paru meskipun ada juga yang mengalami infeksi ini dan memiliki paru paru yang sehat.

    Kanker Primer

    Kanker yang satu ini biasanya akan sembuh jika terdeteksi lebih dini dan sebelum pembengkakan semakin besar serta lebih cepat mendapatkan pertolongan. 

    Maka dari itu sangat disarankan jika Anda menemukan adanya benjolan seperti itu segera dikonsultasikan dengan dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat dan menghindari adanya penyakit yang bertambah buruk.

    Baca juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 3, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    kehamilan

  • Oleh : leny agustini
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    selamat pagi dok,, saya mau bertanya begini dok di desa saya masih ad dukun beranak dok nah krna kpercayaan ntah apa jadi saya ngikut2 sblumnya sya sudah pijat ke dukun itu sampai bulan lalu saya telmbat haid udh 2 bulan prutsya di pijit perlhan katanya sudah ad janin katanya perut saya sudah keras gitu dok trus sya coba tespack dan USG hasilnya negatif stlh itu saya dtang bulan lagi sya kira udah kguguran sya ke dukun itu lgi masih ada tp di usg hasil kosong sya merasa mual , perut sering sakit di bagian bawah kadang sampe ga bisa jalan dok itu gimana ya dok mohon pencerahannya … trimakasih

  • Oleh : leny agustini
  • Setelah melahirkan caesar

  • Oleh : Dwi Mulyono
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Kenapa setelah istri saya habis melahirkan caesar setiap BAB keluar darah mohon penjelasanya

    Punya saudara kandung ABK

  • Oleh : Samsul Arifin
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Apakah jika memiliki saudara kandung ABK dapat berpeluang memiliki keturunan ABK juga ? Berapa presentase nya dan apa bisa di di hilangkan gen tsb?

  • Oleh : Samsul Arifin
  • Masalah vagina

  • Oleh : Anda Ari
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan.
    Saya mau bertanya pada saat saya melakukan olah raga seperti kegel atau peregangan mengangkat kaki ada bunyi sprti bunyi becek dan queefing. Saya sdh mnikah dan berumur 28. Apakah itu tanda penyakit?
    Karena saya merasa vagina saya jga sll becek. Bagaimana mengobatinya bu? Makasiih

    Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 6 tahun, 4 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Tanya Bidan