×

Benjolan Di Belakang Telinga Bayi

Bagikan Artikel :

Selamat datang di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu Benjolan Di Belakang Telinga Bayi yang ternyata meskipun tidak begitu banyak bayi yang mengalaminya dan lebih sering ditemukan pada orang dewasa tapi ternyata pada bayi juga bisa. Berikut informasi selengkapnya.

Benjolan Di Belakang Telinga Bayi 

Jika tanpa sengaja Anda menemukan benjolan – benjolan kecil pada telinga bayi dan benarkah benjolan ini akan berubah menjadi lebih besar serta bisa membahayakan kondisi kesehatan putra Anda. Masalah kesehatan seperti ini bisa terjadi akibat adanya pembesaran kelenjar getah bening yang berfungsi untuk memproduksi sel sel darah putih dan memiliki fungsi untuk melawan mikroorganisme yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Biasanya kelenjar seperti ini sering ditemukan pada bagian anggota tubuh yang lain seperti ketiak, leher, lipatan paha, jantung, samping kanan dan kiri. Jika Anda membiarkannya, kelenjar ini bisa bertambah besar.

Benjolan yang berada di belakang telinga bayi atau lebih dikenal dengan kelenjar getah bening ini disebabkan karena masalah sistem kekebalan tubuh sehingga jika terjadi adanya infeksi bisa mengakibatkan pembengkakan semakin besar. Jika dalam keadaan normal kelenjar getah bening biasanya tidak akan terasa namun apabila ukurannya sudah melebihi 1 cm maka akan  dicurigai sebagai kelenjar getah bening.

Namun jika kelenjar getah bening sampai terkena infeksi maka bisa membesar dan biasanya infeksi ini akibat adanya kuman streptokokus pada anak yang mengakibatkan demam serta pilek sehingga pembengkakan di bagian rahang semakin membesar.

Di bawah ini beberapa jenis penyakit yang kemungkinan akan timbul akibat dari kelenjar getah bening diantaranya :

Infeksi Akut

Terjadinya pembesaran kelenjar getah bening bisa mengakibatkan infeksi menjadi akut di sekitar daerah kepala dan leher. Biasanya pembengkakan terjadi saat tubuh sedang mengalami demam yang menimbulkan konsistensi lunak serta kemerahan dan hal ini juga bisa disebabkan oleh infeksi dengan bakteri meskipun hal ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

Related Posts :

    Infeksi Kronik

    Penyebab pembengkakan kelenjar juga bisa diakibat micobacterium tuberculosa dan hal ini berhubungan dengan paru paru meskipun ada juga yang mengalami infeksi ini dan memiliki paru paru yang sehat.

    Kanker Primer

    Kanker yang satu ini biasanya akan sembuh jika terdeteksi lebih dini dan sebelum pembengkakan semakin besar serta lebih cepat mendapatkan pertolongan. 

    Maka dari itu sangat disarankan jika Anda menemukan adanya benjolan seperti itu segera dikonsultasikan dengan dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat dan menghindari adanya penyakit yang bertambah buruk.

    Baca juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 3, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat haid

  • Oleh : Lina Widyaningsih
  • 9 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bunda, mau tanya kalo telat haid hampir 2bln tp di tespek hasilnya kok negatif ya bun..
    Sblm nya juga tdk teratur masa haid nya

    Keputihan

  • Oleh : Fitria Kaerunisa
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat malam dok saya ingin bertanya, sebelumnya saya belum pernah berhubungan dan menikag sudah 1 minggu keputihan saya tidak berhenti. Keputihan saya berwarna putih susu, kadang bergumpal kadang tidak, mengeluarkan bau, dan kadang ada cairan putih keluar gitu dok kira-kira kenapa ya dok

    Konsultasi KB

  • Oleh : Desty Ulfa sonya
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum wr WB,, selamat malam Bu bidan, saya Desty pngn konsultasi tentang haid, selama setahun 9 bulan saya ga pernah haid dan saya memakai KB implan, tp akhir bulan Juli kmren saya udh haid dan haidnya banyak sampe saya berobat mnta obt pnyetop darah tp dpt dua hari udh brhenti haidnya stelah itu haid kembali sampe sminggu, trus mnerus sperti itu Bu jd brhenti haid itu cma sehari dua hari stelah itu haid kembali, apakah itu bahaya apa ngga Bu ,mohon jwbnnya

  • Oleh : Desty Ulfa sonya
  • Rasa ganggu miss v pada wanita

  • Oleh : MEGA JULIANTI MANULANG
  • 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya bunda Mega mau tanya soal ganguan yg saya alami sekarang.
    Sebelumnya saya sudah terlambat haid selama 38hari dan setiap akhir bulan biasanya siklus mens lancar hanya terkadang tanggalnya yg selalu acak, terakhir saya menstuasi bulan februari bu bidan.
    Tapi kenapa yaa bu miss v sering terasa seperti nyeri mau mens tapi bukan mens hanya kadang² keputihan biasa bu bidan.
    Waktu kemaren saya Minggu tgl 3 mei 2020 saya mengalami keram karena salah asumsi makanan, saya setelah buka puasa makan pedas habis itu saya minum susu, lambung nyeri, dan bagian bawah perut yg teramat sakit, saya mau perikasakan diri tapi berhubung wabah virus covid-19 jadi takut kerumah sakit bu bidan.
    Kiranya saya kenapa yaa bu bidan?

    Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    Tanya Bidan