×

Besarnya Manfaat Mandi ASI Bagi Bayi

Bagikan Artikel :

Besarnya Manfaat Mandi ASI Bagi Bayi

Mandi susu tidak hanya untuk orang dewasa lho Bu. Bayi juga bisa mandi susu. Tentu susu yang digunakan untuk memandikan bayi adalah air susu ibu. Tapi hal ini tidak untuk ibu yang produksi ASI nya sedikit ya. Karena dari pada untuk mandi lebih baik untuk memenuhi nutrisi bayi.

Mandi ASI ini diperkenankan untuk ibu yang produksi ASI nya berlebihan, hingga akhirnya ibu harus menyimpannya. Jika terlalu banyak ASI perah yang disimpan, rasanya jadi mubazir, ya. Jadi bisa digunakan untuk memandikan si Kecil.

Mungkin ada ibu yang belum tahu, bahwa ASI mampu memberi makan bayi baik dari dalam maupun dari luar. Kandungan lemak ASI termasuk lemak yang merupakan bahan utama kosmetik seperti pelembap kulit dan lemak ini sangat bermanfaat bagi kulit dan rambut. Karena itu, mandi air susu ibu sangat bermanfaat bagi bayi. Inilah manfaat memandikan bayi dengan ASI yang perlu ibu ketahui

Manfaat Memandikan Bayi Dengan ASI

  1. Dapat Menyembuhkan Jerawat dan Bintik pada Kulit Bayi
    ASI mengandung asam laurat, yaitu asam lemak yang juga dapat ditemukan dalam minyak kelapa. Karena kandungannya tersebut, ASI memiliki sifat antibakteri dan dapat melawan jerawat. ASI juga dapat membantu mengurangi bintik-bintik dan perubahan warna pada kulit. Beberapa bayi mengalami jerawat karena kehadiran hormon ibu dalam darah bayi. Ini dapat disembuhkan dengan memandikan bayi setidaknya dua kali seminggu.
  2. Melembapkan Kulit Kering dan Mengurangi Gatal
    ASI mengandung asam palmitat, asam lemak jenuh, yang merupakan pelembap yang sangat baik. Ini juga mengandung asam lemak omega yang disebut asam oleat yang ditemukan dalam jaringan manusia. Asam oleat melembapkan dan menyembuhkan kulit kering dan melawan penuaan. Konstituen lain dari ASI adalah asam vaksin yang melembapkan, mencerahkan bintik-bintik dan meminimalkan peradangan. Jadi, dengan mandi ASI juga dapat menyembuhkan puting kering, pecah-pecah, dan sakit pada ibu.
  3. Mengatasi Ruam Popok dan Iritasi Kulit
    Antibodi dalam ASI dapat menghancurkan bakteri dan menenangkan ruam popok. Mandikan bayi ibu dengan ASI sekali atau dua kali seminggu untuk menenangkan kulit yang meradang.
  4. Melindungi kulit dari pathogen
    ASI mengandung beberapa antibodi dan memiliki sifat anti-infeksi yang kuat. Antibodi pada ASI ini dapat mencegah invasi patogen pada luka dan memar bayi tubuh bayi. Asam oleat pada ASI juga berperan untuk menghilangkan bakteri pada kulit si kecil, Moms. Asam oleat ini juga bisa membantu membunuh bakteri Staphylococcus aureus yang umumnya terdapat pada kulit yang jika tertelan oleh bayi bisa menyebabkan keracunan.
  5. Menyembuhkan Luka
    Si Kecil tentu pernah digigit serangga atau nyamuk. Jika terlalu sering digaruk tentu akan menimbulkan luka. Kandungan antibodi imunoglobulin-A dalam ASI dapat membantu melawan bakteri dan menyembuhkan infeksi. Jadi, selain luka lebih cepat pulih, rasa sakit akibat iritasi juga bisa berkurang.

Cara Memandikan Bayi dengan ASI

Agar ASI menjadi efektif, sebaiknya campurkan dengan air hangat. Perhatikan seberapa dalam air dalam bak. Idealnya ASI dapat digunakan untuk mandi sebanyak 180 hingga 300 mililiter.

Ibu juga dapat menggunakan ASI yang baru dipompa atau ASI yang disimpan sebelumnya. Masukkan air hangat ke dalam bak, tuangkan ASI dan aduk sampai air mandi terlihat seperti susu. Tempatkan bayi di bak mandi dan biarkan dia merendam leher, wajah, dan anggota tubuhnya. Keringkan dengan lembut jika sudah selesai.

Related Posts :

    Terkadang ibu memompa ASI berlebih dan membekukannya. Namun, beberapa botol ASI mungkin sudah kedaluwarsa. Perlu ibu ketahui, selama ASI tidak berbau atau berasa asam, ibu tetap bisa memandikan bayi dengan ASI tersebut. Hindari menggunakan ASI yang sudah berjamur atau berbau tengik.

    Untuk kulit bayi yang gatal, ibu bisa mencampur ASI dengan oatmeal. Ibu yang mengalami pembengkakan payudara dapat mengeluarkan ASI dan menggunakannya untuk mandi ASI nantinya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 3, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ginekomastia

  • Oleh : Abyan Wahyu
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamuallaikum, saya mau tanya cara agar memperkecil payudara pada pria yg terkana ginekomastia gimna ya dok? Saya resah bgt
    Saya tunggu jawaban nya ya dok, terima kasih

  • Oleh : Abyan Wahyu
  • Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Khitan

  • Oleh : yongstephensen3
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Pantangan makanan setelah sunat

    Tanya dokter

  • Oleh : Taufik Hidayat
  • 5 bulan yang lalu

    Mau tanya dok. Anak bayi saya kok ada bintik putih itu kenapa ya dok..

  • Oleh : Taufik Hidayat
  • Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Tanya Bidan