×

Boleh Gak Sih Bayi Menggunakan Essential Oil?

Bagikan Artikel :

Boleh Gak Sih Bayi Menggunakan Essential Oil?

Essential oi kini sedang popular di kalangan masyarakat. Essensial oil ini dikenal memiliki banyak sekali manfaat mulai dari menyembuhkan kesehatan fisik hinggi psikologis, tapi ngomong-ngomon aman ga sih digunakan oleh bayi?

Bolehkah Essential Oil Digunakan Pada Bayi?

Essential oil atau minyak atsiri merupakan minyak hasil sulingan dari berbagai bahan alami seperti bunga, daun, biji atau batang dari tanaman. Penggunaan essential oil pada bayi sebaiknya dihindari sampai usia minimal 3 bulan karena organ tubuh dan sistem tubuh bayi masih berkembang. Karena essential oil juga bisa menyerap dengan amat sangat cepat, sehingga dapat menyebabkan keracunan.

Related Posts :

    Tanda-Tanda Bayi Keracunan Akibat Essential Oil

    • Kesulitan bernafas
    • Kejang
    • Batuk berkepanjangan, nafas pendek, tersedak
    • Mual, muntah dan diare
    • Iritasi kulit
    • Mata kemerahan

    Essential Oil Yang Aman Untuk Bayi

    1. Lavender: Pengurang Nyeri dan Pereda Kolik
      Sebuah studi di tahun 2016 dari Shaheen E. Lakhan, Heather Sheafer, dan Deborah Tepper, yang dipublikasikan oleh NCBI (bagian dari US National Library of Medicine), mengungkapkan bahwa aromateraphy lavender bisa mengurangi nyeri pada bayi yang terkait dengan proses pengambilan darah. Studi lain di International Journal of Nursing Practice, 2012; mengungkapkan, bahwa minyak lavender bisa digunakan pada bayi untuk meredakan kolik. Lavender juga dapat digunakan sebagai perawatan kulit yang terluka, seperti kulit kering, pecah-pecah, terbakar matahari, gatal, eksim, ruam popok, luka, hingga luka gigitan serangga.
    2. Chamomile: Penenang Alami
      Beberapa situs kesehatan terkemuka di Amerika Serikat, seperti healthline.com dan medicalnewstoday.com, merekomendasikan Chamomile sebagai essential oil yang aman untuk bayi. Jerman Chamomile dan Roman Chamomile adalah minyak esensial lembut yang dapat bermanfaat bagi bayi yang sulit tidur. Chamomile memiliki efek menenangkan secara alami dan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati insomnia pada bayi dan orang dewasa. Essential oil ini juga terbukti membantu mengatasi kecemasan dan dapat memperbaiki mood bayi yang rewel. Beri beberapa tes minyak Chamomile pada bak berisi air mandi si kecil atau gunakan pada diffuser.
    3. Eucalyptus Radiata: Melegakan Pernapasan
      Eucalyptus bisa membantu melegakan pernapasan si kecil ketika sedang tersumbat. Misalnya, saat sedang flu atau di musim hujan. Teteskan pada air mandi hangat si kecil atau gunakan dengan diffuser. Untuk diketahui, Eucalpytus Radiata adalah spesies yang berbeda dari Eucalyptus Globulus yang umum ditemukan. Anak-anak dan bayi harus menggunakan Eucalpytus Radiata. Pasalnya, Eucalyptus Globulus tidak boleh digunakan pada anak di bawah usia 2 tahun. Hubungi dokter anak Anda sebelum menggunakan Eucalyptus untuk meredakan gejala pernapasan.
    4. Tea Tree (Melaleuca alternifolia): Mengatasi Ruam
      Tea Tree merupakan antimikroba, antijamur, dan disinfektan (pembasmi kuman penyakit) alami. Menambahkan beberapa tetes minyak Tea Trea ke carrier oil atau krim bayi dapat membantu mengatasi ruam popok dan infeksi jamur. Namun, hindari pemberian Tea Tree pada anak di bawah usia 6 bulan. Karena, ini merupakan minyak yang kuat dan cukup keras di kulit. Pada bayi di atas 6 bulan, harap mengujinya terlebih dahulu.
    5. Dill: Meredakan Gangguan Pencernaan
      Minyak yang menenangkan ini dapat membantu meredakan gangguan pencernaan atau rasa nyeri yang terjadi akibat gangguan pencernaan. Untuk menggunakannya, encerkan minyak dalam perbandingan 1 tetes minyak Dill dan 1 sendok teh carrier oil, campur merata, dan pijat campuran ke kulit bayi dengan lembut.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 12, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • 4 bulan yang lalu

    Halo dok ,Maaf saya mau tanya , Saya berhubungan pas masa subur , nah pas 6 hari setelah behubungan itu , saya coba testpack hasilnya positif samar , sengaja gak saya test lagi nungguin sampai tgl haid .. Tapi pas 2 setelah hasil positif samar itu saya ngrasain kram perut yg gak kek biasanya saya mau haid dok , punggung bagian bawah sakit , itu terus sampe tgl haid telat 2 hari baru keluar darah , darahnya agak merah , hari pertama biasanya saya haid itu ga banyak tp ini hari pertama udah banyak ,pas hari ke 2-3 keluar gumpalan dok , dan masih keluar banyak sampe hari ke 6 . Itu saya keguguran dini apa gimana ya dok ?? Terima kasih ..
    Harap kasih dijawab ya dok 🙂

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • Bolehkan ibu hamil facial?

  • Oleh : jerrigibson293
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat siang ibu bidan saya mau tanya saat ini saya sedang hamil 5 bulan amankah jika melakukan facial wajah dan menggunakan obat jerawat? mohon jawabannya

    Masa subur apakah bisa hamil

  • Oleh : Dhani
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Mau bertanya, saya kemarin tgl 19/09/2020 berhubungan intim, sedangkan saya di tgl 15/09/2020 selesai haid apakah saat berhubungan intim saya masa subur. Terimakasih

  • Oleh : Dhani
  • Bayi Gelisah Saat Akan BAK

  • Oleh : Diranan
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya
    Bayi saya umur 4 bulan setiap mau pipis gelisah dan kadang menangis dulu, baru setelah itu dia pipis, tapi tidak diserta demam. Apa kondisi ini normal ?

    Haid Lama, Tapi Hanya Flek

  • Oleh : Yayu Yu
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Bu Bidan, izin bertanya. Usia saya 19 tahun, sudah sekitar satu tahun lebiy saya haid selalu 15 hari, tapi hanya keluar flek saja, tidak pernah keluar darah. Waktu saya usia 17 tahun kemaluan saya mengeluarkan darah segar setiap saat sampai beberapa hari, tapi setelah pergi ke dokter pendarahannya berhenti. Bagiamana ya bu bidan? Saya sudah pergi ke dokter hingga ke bidan untuk mengonsultasikan hal ini, tapi ujung-ujungnya hanya diberi obat saja, dan tidak kunjung sembuh. Apa sangat di perlukan untuk pergi ke spesialis bu bidan, mohon jawabannya bu bidan. Terima kasih banyak.

    Tanya Bidan