×

Bolehkah Bayi Baru Lahir Melakukan Photoshoot?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Bayi Baru Lahir Melakukan Photoshoot?

Gemes deh liat foto bayi dengan aneka kostum yang unik. Apalagi jika disertai property-property yang menggemaskan. Hasil dari newborn photography harus diakui memang sangat menghibur dan bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan. Bayangkan, dengan wajah polosnya si kecil didandani dan diatur posenya sedemikian rupa sehingga terlihat semakin lucu dan menggemaskan. Sangat sayang sekali jika hal ini tidak dilakukan oleh buah hati bunda untuk mengabadikan masa bayinya. Tapi, amankah “melipat-lipat” tubuh mungilnya apalagi belum berusia lebih dari 1 bulan ?

Amankah Fotoshoot Bayi Baru Lahir?

Newborn photography pada dasarnya aman untuk dilakukan. Meski demikian, memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang utama tentu kondisi kesehatan si bayi. Bila saat dilahirkan bayi tidak memiliki kelainan, lahir cukup bulan dan dalam kondisi sehat, maka newborn photography bisa dilakukan dengan menggunakan jasa fotograger profesioanal yang sudah teruji pengalamannya. Selain itu, kain atau selimut yang digunakan melipat tubuh si kecil harus longgar atau tidak kencang.

Usia Berapa Sebaiknya Newborn Photography dilakukan?

Newborn photography sebaiknya dilakukan ketika si kecil belum berusia lebih dari 1 bulan atau tepatnya saat berusia 5-14 hari. Alasannya, di usia tersebut bayi masih lebih banyak tidur sehingga akan lebih memudahkan pemotretan.

Selain itu, saat bayi di bawah usia 1 bulan sedang tidur, dia akan sangat fleksible melakukan berbagai pose. Termasuk tengkurap, telentang, miring ke kiri atau kanan. Nah, apabila pemotretan dilakukan saat bayi sudah lebih dari 1 bulan, maka selain ia sudah semakin aktif bergerak, bayi biasanya juga mulai mengerti konsep orang asing dan gampang menangis, sehingga mmbutuhkan waktu yang lama untuk berdaptasi.

Apakah Lampu Flas Saat Photoshoot Berbahaya Bagi Bayi?

Konon, flash kamera dapat mengakibatkan kebutaan pada retina bayi yang belum seutuhnya terbuka sempurna, benarkah?

Mengenai lampu flash yang dianggap dapat menimbulkan kebutaan, hal tersebut adalah mitos. Sebab flash dikatakannya merupakan cahaya yang menyebar sehingga dijamin tidak berbahaya untuk mata bayi sekalipun.

Apakah Pose-pose Newborn Photography Aman?

Foto-foto bayi baru lahir yang tampil di social media kebanyakan telah melibatkan photo editing khusus. Bayi baru lahir yang tampak nyaman tertidur di hammock, misalnya. Sesungguhnya ketika sesi foto dilakukan, bayi tidak benar-benar tidur menggantung di hammock.

Related Posts :

    Fotografer dan pengarah gaya mengambil gambar bayi di tempat yang aman, kemudian memotret properti secara terpisah. Proses pengolahan gambar di komputerlah yang menggabungkan semuanya hingga tampak menjadi satu kesatuan foto yang tampak realistis.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 23, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Jenis persalinan apa yang baik untuk saya?

  • Oleh : Milda
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

    Bagaimana cara merawat kehamilan di trimester 1

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 6 tahun, 5 bulan yang lalu

    Maaf dok, saya mau tanya.
    Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

    Flek kehamilan di 4 weeks

  • Oleh : Shahnaz Riftahani
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bu bidan, saya sedang hamil 4weeks dan diminggu yg sm hari kamis malam keluar seperti darah warna coklat agak banyak, jum’at siang keluar lagi tp sedikit. Sabtu pagi keluar lagi sedikit, minggu sore keluar lg sedikit seperti keputihan tp berwarna coklat. Apakah ini berbahaya?

  • Oleh : Shahnaz Riftahani
  • Impotensi

  • Oleh : Hasbi Syadiki
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Pagi suster
    Nama saya hasbi syadiki
    Umur :19 tahun
    Saya memang sering melakukan onani dari sejak kelas smp 1 sampai sekarang
    Belakangan ini penis saya susa eraksi tapi penis saya eraksi tadi pagi habis dari bangun tidur
    Saya pancing nonton film dewa mr p saya eraksi tapi klau diluar rumah saya lihat cewek seksi mr p saya susah eraksi.
    Itu kenapa ya suster
    terimakasih

    BB anak tidak naik2

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th…
    1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik sy ada yg riwayat TB. Ortu sy juga batuk tidak kunjung sembuh. Anak kakak ipar sy juga abis pengobatan TB.
    2. Apa sebenarnya faktor pemicu TB dan cara mengatasinya?
    3. Apakah TB menular ke ibu hamil? Dan bagaimana ciri serta mengatasinya?
    4. Sebaiknya anak dibawa ke ahli gizi atau ke dokter anak?
    Terima kasih

    Tanya Bidan