×

Bolehkah Bayi Diberikan Es Krim?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Bayi Diberikan Es Krim?

Es krim adalah salah satu makanan yang banyak di sukai, termasuk oleh bayi. Bahkan bayi yang sedang GTM pun akan membuka mulut jika diberikan es krim. Tapi apakah aman jika es krim di berikan kepada bayi, sedangkan dalam es krim mengandung gula yang tinggi? Yuk simak di bawah ini!

Lebih Baik Tunda Dulu Pemberian Es Krim

Sebenarnya, sejak bayi berusia 6 bulan atau sudah memperoleh makanan pendamping ASI (MPASI), pemberian es krim sudah diperbolehkan, Bun. Namun sebaiknya pemberian es krim kepada bayi ditunda dulu hingga ia berusia 2 tahun. Alasannya adalah karena umumnya es krim mengandung gula yang cukup banyak. Padahal, bayi dan balita berusia di bawah 2 tahun belum perlu mendapatkan asupan gula, apalagi sampai berlebihan.

Related Posts :

    Pemberian makanan atau minuman yang mengandung terlalu banyak gula bisa merusak gigi bayi. Selain itu, asupan gula dan garam berlebih juga tidak baik untuk ginjal bayi. Es krim juga umumnya diolah dari susu sapi. Pada bayi yang memiliki alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, pemberian es krim bisa membuatnya mengalami reaksi alergi atau gangguan pencernaan.

    Tips Aman Memberikan Es Krim pada Bayi

    1. Pastikan bahwa Bunda memberikan produk es krim yang telah terjamin kebersihan dan keamanannya.
    2. Pilih es krim yang terbuat dari susu pasteurisasi. Pasalnya, es krim yang dibuat dari susu mentah atau belum dipasteurisasi bisa terkontaminasi bakteri. Hal ini tentunya bisa membahayakan kesehatan buah hati Bunda.
    3. Baca komposisi bahan yang terkandung pada es krim. Pilihlah es krim yang tidak mengandung bahan yang bisa membuatnya tersedak, seperti kacang.
    4. Perhatikan jumlah kandungan gula pada es krim yang akan dikonsumsi buah hati. Terlalu banyak makanan manis bisa menimbulkan beragam risiko kesehatan, seperti diabetes, obesitas, dan gigi berlubang.

    Membuat Es Krim Rumahan Untuk Bayi Lebih Aman

    Bahan-bahan

    1. 1 liter susu segar 1 L (pilih yang sudah di pasteurisasi)
    2. 4 butir kuning telur ayam, kocok
    3. 1 sdm vanili
    4. 200 gr gula pasir
    5. 15 gr tepung maizena

    Cara membuat

    1. Pertama-tama, tuang susu segar dan gula pasir semua ke dalam panci, kemudian masak hingga mendidih sambil terus diaduk.
    2. Ambil 1 sdm susu, campurkan dengan tepung maizena, aduk hingga larut.Setelah tercampur sempurna, tuang ke dalam rebusan susu pertama, aduk hingga merata.
    3. Kemudian tambahkan vanili, aduk merata.
    4. Saring susu menggunakan kain tipis ke dalam wadah lain.
    5. Setelah susu tersaring, tuangkan kuning telur ke dalamnya, aduk hingga rata.
    6. Masukkan kuning telur secara perlahan.
    7. Diamkan selama 10 menit.
    8. Lalu masukkan ke dalam lemari es / freezer.
    9. Tunggu selama 15 menit, lalu aduk kembali es krimnya.
    10. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali agar mendapatkan hasil es krim yang halus dan lembut.
    11. Terakhir masukkan ke dalam freezer dan tunggu selama 8 jam agar dapat membeku sempurna.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 14, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Vagina

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Tolong kasih tau saya.. ini knpa ada benjolan di pinggir vagina.. kadang terasa sakit

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • gatal gatal pada kaki

  • Oleh : Daniel
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Salam kenal,

    Saya ingin bertanya, usia kandungan istri saya masuk ke bulan 8, namun terjadi gatal gatal di kaki, dari pergelangan kaki sampai ke paha.
    sudah konsul ke dokter dan sudah dikasih obat juga, namun gatal nya belum sembuh2 juga, gatal gatal nya itu seperti biduran. Apakah ini hormon yg buruk dan apa solusi nya

    Mohon penjelasannya
    terima kasih

    Gangguan di rahim

  • Oleh : Rahmi megarina mega
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    selamat malam dokter saya mau tanyak saya pernah ke dokter kandungan dan dokter spesialis kandungan it bilang klu di rahim ada lemakx kenapa bisa terjadi seperti it? Bagaimana cara mengatasix agar bisa hamil? Tlong penjelasanx terimakasih

    Tenggorokan terasa tidak enak seperti mau muntah setiap pagi

  • Oleh : septiihandayani
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya Jalil umur 25 tahun saya mau konsultasi setiap pagi tenggorokan saya terasa tidak enak bahkan serasa mau muntah-muntah hal tersebut sudah berlangsung selama 4 tahun. Dulunya setiap pagi saya mengalami batuk namun tidak berdahak beberapa tahun kemudian batuknya hilang namun rasa tidak enak di tenggorokan juga rasa ingin muntah malah semakin menjadi-jadi mohon pencerahannya dok trims

    Apa boleh makan bebek goreng

  • Oleh : Alvino Dinova
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Mau nanya apa boleh makan bebek goreng setelah sunat

    Tanya Bidan