×

Bolehkah Bayi Melakukan Test Swab?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Bayi Melakukan Test Swab?
Rapid Antigen pada Anak. Tenaga Kesehatan melakukan tes rapid antigen kepada seorang anak di Depok, Jawa Barat, Rabu (17/2/2021). Orang tua harus memberi pemahaman kepada anak agar tak takut untuk ikut tes antigen karena virus corona tak hanya menyerang orang dewasa. BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Selain kebutuhan pribadi untuk mendeteksi adanya virus corona dalam tubuh, test swab juga dilakukan untuk sebuah persyaratn instansi-instansi. Tidak terkecuali saat ingin bepergian atau melakukan perjalanan. Lalu bagaimana dengan bayi? Perlukah bayi melakukan swab test antigen saat bepergian?

Apa Itu Test Swab ?

Swab test antigen merupakan metode pemeriksaan COVID-19 yang dilakukan dengan swab atau mengambil sampel cairan dari hidung. Tes ini tergolong cukup akurat jika dibandingkan dengan rapid test biasa. Meskipun, tingkat akurasi swab test antigen masih berada sedikit di bawah PCR. Namun, swab test antigen tetap bisa dijadikan pilihan saat harus menjalani tes corona, termasuk sebelum melakukan perjalanan.

Apakah Bayi Perlu Menjalani Swab Test Antigen?

Sebenarnya, tes COVID-19 lebih disarankan pada bayi dan anak-anak yang menunjukkan gejala infeksi virus corona. Gejala yang sering dikaitkan dengan infeksi virus corona adalah demam, kesulitan bernapas, serta batuk-batuk.

Namun kembali lagi, kebutuhan tes corona mungkin berbeda-beda, tergantung pada peraturan yang ada. Selain itu, orangtua juga disarankan untuk selalu berdiskusi terlebih dahulu pada dokter anak terkait hal ini. Memastikan Si Kecil bebas dari infeksi virus adalah hal yang baik dilakukan untuk menghindari risiko munculnya kondisi yang berbahaya.

Swab test antigen mungkin juga dibutuhkan bayi yang memiliki riwayat penyakit tertentu, misalnya asma. Sebab, hal ini bisa meningkatkan risiko munculnya komplikasi atau gejala yang lebih buruk. Infeksi virus juga cenderung lebih mudah terjadi dan berbahaya pada anak-anak yang memiliki riwayat penyakit. Tes COVID-19 juga diwajibkan pada bayi yang lahir dari ibu yang diduga mengidap atau dinyatakan positif COVID-19. Tes perlu dilakukan sesegera mungkin, yaitu dalam 24 jam setelah bayi dilahirkan.

Apakai Ada Obat Dan Vaksin Covid-19 Untuk Bayi?

Virus corona nyatanya bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun bayi dan anak-anak. Sampai saat ini, masih belum tersedia obat untuk melawan serangan penyakit akibat virus ini. Vaksin Untuk Mencegah Virus Covid-19 pun belum bisa diberikan untuk bayi karena masih dalam proses penelitian. Maka dari itu, menjaga dan memantau kesehatan anak bisa menjadi salah satu cara menghindari gangguan kesehatan.

Kabar baiknya, infeksi COVID-19 pada anak cenderung lebih cepat pulih. Rata-rata, anak yang terinfeksi virus ini akan sembuh dengan cepat meskipun hanya dengan perawatan mandiri di rumah. Namun, orangtua harus mewaspadai jika Si Kecil menunjukkan gejala yang parah. Segera bawa ke rumah sakit agar anak mendapat pertolongan medis dan bisa dicari tahu apa penyebabnya.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 5, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara mengobati inpotensi

  • Oleh : Ario Hanindito
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok saya mau menanyakan bagaimana cara mengobati impotensi dan bisakah ipotensi itu karena saraf yang putus?

    Keram

  • Oleh : Riska safitri
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum.
    Dok mau nanya saya hamil tapi saya keluar darah dn ada plek ke coklatan apa itu gak apa² dok hamil nya baru masuk 1 blan tdak ada rsa sakit cman keram d bgin bwah perut

  • Oleh : Riska safitri
  • tetang wanita hamil

  • Oleh : redi redi
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    ibu bidan mau tanya kemarin baru melakukan hubungan intim,kemarin itu kan penis dimasukan kevagina paling baru lima detik.karna siwanita kesakitan jadi penis saya keluarin ,akan terjadi hamil pada siwanita atau tidak ya bu?

    Tentang payudara

  • Oleh : Nur Nur
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Bu bidan selama saya hamil, bagian bawah payudara saya merah gatal krn gak sadar saya garuk jadinya luka lecet bagian bawah payudara saya?
    Apa itu normal bawaan hamil atau kanker

    tumbuh gigi saat lahir

  • Oleh : Jasmine Putri Mustofah
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada. Pertanyaan saya tidak masalah kah sisa gigi tersebut dan apakah dengan sendiriny gigi tersebut bisa tanggal sendiri.

    Tanya Bidan