×

Bolehkah Bayi Minum Air Putih?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Bayi Minum Air Putih?

Bayi usia di bawah 6 bulan hanya boleh diberikan ASI atau susu formula dan tidak mengonsumsi makanan atau minuman tambahan lain, termasuk air putih dan jus. Nah bagaimana bagi bayi usia di atas 6 bulan, bolehkah diberikan air putih? Jika boleh apakah dibatasi atau tidak?

Kenapa Bayi Usia Di Bawah 6 Bulan Hanya Boleh Minum ASI?

ASI dinilai sebagai asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 6 bulan. ASI mengandung semua makronutrisi (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutri (vitamin dan mineral) yang dibutuhkan oleh bayi untuk bertumbuh dan berkembang. Selain asupan utama tersebut, ASI juga mengandung antibodi, sel hidup seperti sel darah putih (yang melawan infeksi), enzim, dan hormon yang membuat ASI sempurna ASI dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi sehingga bayi tidak mudah terkena penyakit. Di samping itu, ASI eksklusif dapat menurunkan risiko penyakit lainnya seperti diabetes, obesitas, dan asma pada kemudian hari.

Sehingga apabila bayi di bawah 6 bulan diberikan air putih maka bayi akan mudah kenyang, dan bayi akan kekurangn nutrisi dari ASI yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.

Risiko Memberikan Air Putih untuk Bayi Di Bawah 6 Bulan

  1. Perut kembung
    Memberikan air putih ke bayi dapat membuat perutnya terasa kembung, karena sistem pencernaannya belum mampu menyerap cairan dengan baik. Tak hanya itu, kapasitas perut bayi yang baru lahir masih belum maksimal, sehingga belum bisa menerima terlalu banyak asupan cairan.
  2. Diare
    System pencernaan bayi masih sangat sensitive, penggunaan air yang tidak bersih bisa meningkatkan risiko buah hati Anda terkena diare.
  3. Keracunan air (intoksikasi air)
    Meski jarang terjadi, memberikan terlalu banyak air putih dapat menyebabkan Si Kecil mengalami keracunan air. Hal ini terjadi ketika kadar garam (natrium) dalam darahnya menurun terlalu banyak, sehingga mengganggu keseimbangan elektrolit di dalam tubuhnya.
    Gejala yang muncul apabila bayi mengalami keracunan air adalah muntah, diare, dan tubuhnya terlihat membengkak. Kondisi ini perlu diwaspadai karena dapat membuat bayi kejang dan bahkan koma.
  4. Kekurangan gizi
    Memberikan air putih dapat membuat bayi merasa kenyang, sehingga keinginannya untuk minum ASI atau susu formula jadi berkurang.
    Hal ini dapat membuat bayi tidak memperoleh asupan nutrisi yang cukup dari ASI atau susu formula untuk tumbuh kembangnya. Akibatnya, Si Kecil berisiko mengalami gizi buruk dan penurunan berat badan.

Kapan Bayi Boleh Meminum Air Putih?

Bayi boleh minum air putih setelah ia berusia 6 bulan dan mulai mengonsumsi makanan padat (MPASI). Selain itu, jika bayi diharuskan untuk meminum obat maka boleh diberikan air putih. Namun, sebagian dokter mungkin menyarankan untuk menunda pemberian air putih pada bayi hingga usia 1 tahun.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 8, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sakit tifes

  • Oleh : Chika ELlo
  • 3 tahun yang lalu

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Ria Nuarita
  • 7 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat mlm dok . Nama sya Ria . Sya sudh brklwrga dan mmpunyai seorng ank. 1 thun lalu sya mngalami k guguran dan curet . Sya slalu cb promil tapi hsil ny slalu kurng memuaskn . Sudh 3 buln ini menstruasi sya tidak tratur . 3 bln lalu sya tlat haid 3 minggu sya cb tespek hsil ny negatif, lalu bsok ny haid. 2bln lalu sya jg tlat haid 15hri dan cb lg tespek hsil ny negatif jg, bsok ny haid . Dan skrng ini sya sudh tlat haid 3 minggu dok, smpe skrng pun sya blm haid. Sya cb tespek bbrp x hsil ny slalu negatif…. tapi akhir” ini sya suka ngrsa mual, pusing, gmpng cpe, ngntuk brlbihn, payudara mulai skit.
    Yg sya mau tnyakn adlh. Knp slma bbrp buln ini bsa sprty ini?? Mohn bantuan ny dok untk mnjawb …
    Trimakasih …

    kelamin

  • Oleh : viranti maharsiva
  • 4 minggu yang lalu

    ibu bidan saya mau nanya, di sekitar vagina saya ada bintik 1 kecil warnanya menyerupai kulit vagina. cuma 1 tp kecil bgt ga ada rasa gatel atau sakit. saya yang parnoan bingung apa itu kutil kelamin atau bukan, berbahaya atau tidak. mohon bantuannya ibu bidan

  • Oleh : viranti maharsiva
  • Menstruasi

  • Oleh : Ardhia Rally Aurelia
  • 11 bulan yang lalu

    Dok mau tanya, kenapa ya udah 2 bulan ini haid saya ko cuma flek aja dan hari nya itu gak lama kurang lebih cuma 3 hari. dan tanggal haid nya selalu telat 2/3 hari. Itu kenapa ya dok? Mohon solusinya🙏

    Kontrasepsi

  • Oleh : Diny Fahlevi
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Bu mau tanya saya selama 2 tahun pakai kb 3 bulan awal2 pake kb biasa menstruasi setelah 5 bulan pakai kb 3 bulan saya tidak menstruasi sama sekali sampai sekarang jadi hampir satu tahun lebih tidak menstruasi lalu setelah anak saya 2 tahun saya ganti kontrasepsi kb 1 bulan sudah 2x tapi sampai sekarang belum juga haid apakah kondisi ini normal atau gimana karena setelah suntik kb 1 bulan perut bawah saya selalu sakit seperti mau keluar darah haid tapi ga kunjung keluar mohon bantuannya buu

  • Oleh : Diny Fahlevi
  • Tanya Bidan