×

Bolehkah Bayi Minum Air Putih?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Bayi Minum Air Putih?

Bayi usia di bawah 6 bulan hanya boleh diberikan ASI atau susu formula dan tidak mengonsumsi makanan atau minuman tambahan lain, termasuk air putih dan jus. Nah bagaimana bagi bayi usia di atas 6 bulan, bolehkah diberikan air putih? Jika boleh apakah dibatasi atau tidak?

Related Posts :

    Kenapa Bayi Usia Di Bawah 6 Bulan Hanya Boleh Minum ASI?

    ASI dinilai sebagai asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 6 bulan. ASI mengandung semua makronutrisi (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutri (vitamin dan mineral) yang dibutuhkan oleh bayi untuk bertumbuh dan berkembang. Selain asupan utama tersebut, ASI juga mengandung antibodi, sel hidup seperti sel darah putih (yang melawan infeksi), enzim, dan hormon yang membuat ASI sempurna ASI dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi sehingga bayi tidak mudah terkena penyakit. Di samping itu, ASI eksklusif dapat menurunkan risiko penyakit lainnya seperti diabetes, obesitas, dan asma pada kemudian hari.

    Sehingga apabila bayi di bawah 6 bulan diberikan air putih maka bayi akan mudah kenyang, dan bayi akan kekurangn nutrisi dari ASI yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.

    Risiko Memberikan Air Putih untuk Bayi Di Bawah 6 Bulan

    1. Perut kembung
      Memberikan air putih ke bayi dapat membuat perutnya terasa kembung, karena sistem pencernaannya belum mampu menyerap cairan dengan baik. Tak hanya itu, kapasitas perut bayi yang baru lahir masih belum maksimal, sehingga belum bisa menerima terlalu banyak asupan cairan.
    2. Diare
      System pencernaan bayi masih sangat sensitive, penggunaan air yang tidak bersih bisa meningkatkan risiko buah hati Anda terkena diare.
    3. Keracunan air (intoksikasi air)
      Meski jarang terjadi, memberikan terlalu banyak air putih dapat menyebabkan Si Kecil mengalami keracunan air. Hal ini terjadi ketika kadar garam (natrium) dalam darahnya menurun terlalu banyak, sehingga mengganggu keseimbangan elektrolit di dalam tubuhnya.
      Gejala yang muncul apabila bayi mengalami keracunan air adalah muntah, diare, dan tubuhnya terlihat membengkak. Kondisi ini perlu diwaspadai karena dapat membuat bayi kejang dan bahkan koma.
    4. Kekurangan gizi
      Memberikan air putih dapat membuat bayi merasa kenyang, sehingga keinginannya untuk minum ASI atau susu formula jadi berkurang.
      Hal ini dapat membuat bayi tidak memperoleh asupan nutrisi yang cukup dari ASI atau susu formula untuk tumbuh kembangnya. Akibatnya, Si Kecil berisiko mengalami gizi buruk dan penurunan berat badan.

    Kapan Bayi Boleh Meminum Air Putih?

    Bayi boleh minum air putih setelah ia berusia 6 bulan dan mulai mengonsumsi makanan padat (MPASI). Selain itu, jika bayi diharuskan untuk meminum obat maka boleh diberikan air putih. Namun, sebagian dokter mungkin menyarankan untuk menunda pemberian air putih pada bayi hingga usia 1 tahun.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 8, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi

  • Oleh : Ericka Putri
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    bu bidan, saya mau tanya tntg menstruasi. yg dimaksud siklus 27 hari, siklus 30 hari itu gimana ya bu bidan? saya blm paham.

    Kehamilan

  • Oleh : Whana
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum sus, sy mau nanya ni, sy menikah tanggal 25 maret 2020, istri sy terakhir haid itu tanggal 27 april 2020.

    Berapa usia kehamilan istri sy sus.?

  • Oleh : Whana
  • Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar?

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • Ibu hamil

  • Oleh : henrylizotte
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bagaimana mengatasi stres saat hamil

    Berapa lama keputihan yang di alami masa remaja yang umur 16 tahun..?

  • Oleh : Dinda Febrianti
  • 6 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau tanya saya mulai keputihan pada saat saya sudah umur 14 tahun itu saya kelas 2 SMP sampek sekarang saya kelas 1 SMA belum berhenti juga keputihan saya..gimana bu bidan solusinya..?dan itu pun saya sekarang udah umur 16 tahun tapi belum mendapatkan menstruasi..dan berat badan saya sekarang 20kg apa itu juga berpengaruh dalam menstruasinya..?

  • Oleh : Dinda Febrianti
  • Tanya Bidan