×

Bolehkah Bayi Minum Air Putih?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Bayi Minum Air Putih?

Bayi usia di bawah 6 bulan hanya boleh diberikan ASI atau susu formula dan tidak mengonsumsi makanan atau minuman tambahan lain, termasuk air putih dan jus. Nah bagaimana bagi bayi usia di atas 6 bulan, bolehkah diberikan air putih? Jika boleh apakah dibatasi atau tidak?

Related Posts :

    Kenapa Bayi Usia Di Bawah 6 Bulan Hanya Boleh Minum ASI?

    ASI dinilai sebagai asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 6 bulan. ASI mengandung semua makronutrisi (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutri (vitamin dan mineral) yang dibutuhkan oleh bayi untuk bertumbuh dan berkembang. Selain asupan utama tersebut, ASI juga mengandung antibodi, sel hidup seperti sel darah putih (yang melawan infeksi), enzim, dan hormon yang membuat ASI sempurna ASI dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi sehingga bayi tidak mudah terkena penyakit. Di samping itu, ASI eksklusif dapat menurunkan risiko penyakit lainnya seperti diabetes, obesitas, dan asma pada kemudian hari.

    Sehingga apabila bayi di bawah 6 bulan diberikan air putih maka bayi akan mudah kenyang, dan bayi akan kekurangn nutrisi dari ASI yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.

    Risiko Memberikan Air Putih untuk Bayi Di Bawah 6 Bulan

    1. Perut kembung
      Memberikan air putih ke bayi dapat membuat perutnya terasa kembung, karena sistem pencernaannya belum mampu menyerap cairan dengan baik. Tak hanya itu, kapasitas perut bayi yang baru lahir masih belum maksimal, sehingga belum bisa menerima terlalu banyak asupan cairan.
    2. Diare
      System pencernaan bayi masih sangat sensitive, penggunaan air yang tidak bersih bisa meningkatkan risiko buah hati Anda terkena diare.
    3. Keracunan air (intoksikasi air)
      Meski jarang terjadi, memberikan terlalu banyak air putih dapat menyebabkan Si Kecil mengalami keracunan air. Hal ini terjadi ketika kadar garam (natrium) dalam darahnya menurun terlalu banyak, sehingga mengganggu keseimbangan elektrolit di dalam tubuhnya.
      Gejala yang muncul apabila bayi mengalami keracunan air adalah muntah, diare, dan tubuhnya terlihat membengkak. Kondisi ini perlu diwaspadai karena dapat membuat bayi kejang dan bahkan koma.
    4. Kekurangan gizi
      Memberikan air putih dapat membuat bayi merasa kenyang, sehingga keinginannya untuk minum ASI atau susu formula jadi berkurang.
      Hal ini dapat membuat bayi tidak memperoleh asupan nutrisi yang cukup dari ASI atau susu formula untuk tumbuh kembangnya. Akibatnya, Si Kecil berisiko mengalami gizi buruk dan penurunan berat badan.

    Kapan Bayi Boleh Meminum Air Putih?

    Bayi boleh minum air putih setelah ia berusia 6 bulan dan mulai mengonsumsi makanan padat (MPASI). Selain itu, jika bayi diharuskan untuk meminum obat maka boleh diberikan air putih. Namun, sebagian dokter mungkin menyarankan untuk menunda pemberian air putih pada bayi hingga usia 1 tahun.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 8, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Perlengkapan Yang Harus Di Bawa

  • Oleh : Nurfah Putriie Sopiant
  • 6 tahun, 4 bulan yang lalu

    Siang ibu bidan, nama saya aisyah. Saya mau bertanya tentang perlengkapan apa saja yang harus di persiapkan dan harus di bawa ke Ruma Sakit atau Bidan ketika saya melahirkan. Jujur saja, saat ini saya masih bingung perlengkapan bayi apa saja yang harus saya bawa saat melahirkan nanti. Mohon jawabannya dok 🙂

  • Oleh : Nurfah Putriie Sopiant
  • Lepas kb uid

  • Oleh : Dewii Septianingrum
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat malam dok saya dewi. Saya mau tanya dok. Kalo lepas kb uid langsung bisa hamil lagi ga yah dok. Dan kira” brapa hari hamil lagi nya yah dok. Misal nya sudah berhubungan satu kali apa bisa langsung hamil ya dok??
    Mohon dijawab yah dok. Saya ingin mempunyai anak lagi dok. Terimakasih yah dok🙏

  • Oleh : Dewii Septianingrum
  • Umur Ideal Anak untuk Disunat

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • 6 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • cara mengetahui lebih dini mengenai kehamilan anggur

  • Oleh : Ratu
  • 6 tahun yang lalu

    Pagi Bu Bidan, sodara saya kemarin mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kehamilan anggur atau kosong. Namun, hal itu sebelumnya tidak diketahui oleh keluarga kami dan sebelumnya juga kami menyangka sodara saya mengalami kehamilan normal.

    Nah, belajar dari pengalaman sodara saya, bagaimana cara mengetahui lebih dini mengenai hamil anggur itu? dan adakah gejala yang membedakannya?

    curhat

  • Oleh : Aini Muti
  • 5 tahun yang lalu

    Assalamualaikum bik sy mo nnya kan sy haid bulan kemaren tgl 19 oktber dan selsai haid tgl 25okt, nah sekarng sdh blan nov tgl 29 berart telat sdh bbrpa hari kan buk? Apa benar buk sdh di hitung 2 bulan

    Tanya Bidan