×

Bolehkah Bayi Tidur Dalam Posisi Tengkurap ?

Bagikan Artikel :

Curhat Bidan – Tidur berkualitas sangat penting bagi tumbuh kembang bayi. Posisi tidur adalah salah satu hal yang menentukan kualitas tidu si kecil. Bayi yang tidur dalam posisi tengkurap dianggap tidurnya lebih tenang dan nyenyak. Namun hal ini masih menjadi perdebatan di antara para ahli, karena posisi tidur tengkurap dianggap lebih berbahaya dari posisi tidur terlentang atau miring.

Related Posts :

    Bahaya Bayi Tidur Tengkurap

    Manfaat bayi tidur tengkurap memang cukup banyak, diantaranya bisa melatih kekuatan otot leher dan baik untuk pembentukan tengkorak bayi. Namun anda perlu berhati-hati, tidur tengkurap pada bayi di bawah usia 6 bulan dapat meningkatkan resiko sindrom bayi meningggal mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS). Tingginya angka sindrom bayi meninggal mendadak karena tidur tengkurap juga telah dibuktikan melalui penelitian.

    Menurut sebuah penelitian posisi tidur tengkurap memberi tekanan pada rahang bayi, sehingga mempersempit saluran pernapasan. Bayi yang tidur dalam posisi ini juga kemungkinan akan menghirup kembali udara yang telah dikeluarkannya. Hal ini membuat kadar oksigen pada tubuh bayi turun, sementara karbondioksida meningkat. Pada akhirnya tubuh bayi menjadi kekurangan oksigen dan memicu kematian mendadak pada bayi.

    Tidur tengkurap juga dapat membuat kinerja jantung bayi menjadi lebih berat. Tekanan berat badan bayi yang beralih ke depan membuat jantung bayi tidak leluasa dalam memompa darah. Sirkulasi darah bayi juga menjadi tidak lancar dan membuat badan bayi terasa sakit. Akibatnya bayi bisa rewel saat bangun tidur.

    Meski demikian tidak selamanya bayi tidur tengkurap berbahaya. Seiring bertambahnya usia dan kematangan tubuh bayi. Kemampuan bayi dalam mengendalikan tubuhnya juga akan meningkat, sehingga bisa menurunkan resiko sindrom bayi meninggal mendadak karena tidur tengkurap.

    Posisi Tidur Bayi yang Tepat

    Resiko kematian mendadak pada bayi yang tidur tengkurap masih dianggap tinggi hingga bayi berusia 1 tahun. Karena itu, bunda disarankan tetap menidurkan bayi dalam posisi terlentang hingga usia 1 tahun. Pastikan juga untuk menjaga mulut dan hidungnya agar tidak tertutupi sesuatu yang menghalangi pernapasannya.

    Sebagian orang tua mungkin khawatir saat bayi tidur terlentang ada kemungkinan pertumbuhan rambut bagian belakang kepala menjadi terhambat. Namun kondisi ini bisa diatasi dengan sesekali mengubah posisi tidur bayi menjadi miring. Dalam kondisi tertentu seperti bayi yang memiliki masalah pada asam lambungnya akan lebih disarankan tidur dengan posisi tengkurap. Tapi bunda harus mengkonsultasikan hal tersebut pada dokter.

    Menjaga posisi tidur bayi yang tepat sangatlah penting demi keselamatan dan tumbuh kembang bayi. Selain memperhatikan posisi tidur, bunda juga harus memastikan tempat tidur si kecil aman dan nyaman. Jauhkan benda atau aksesoris yang kemungkian berbahaya bagi bayi. Pastikan juga bayi tidak ditinggal sendirian saat tidur, karena kemungkinan bayi bisa berpindah posisi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 16, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sperma encer

  • Oleh : Sarah Safitri
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr wb bu bidan saya ingin bertanya apakah pada wanita juga bisa terjadi sperma encer? Lalu jika memang bisa bagaimana cara mengatasi? Karena sebelumnya saya menyadari saat keluar seperti keputihan bentuknya kental lalu kedua kalinya bening seperti air

    Haid tidak normal

  • Oleh : Elva Elva
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Saya haid hari pertama lancar, pada hari k-2 dan hari k-3 mens darah berubah menjadi bergumpal dan nyeri pada miss v ny dok, apakah berbahaya? Dan penyebab nya apa ya dok,?…

  • Oleh : Elva Elva
  • Haid yang sebentar

  • Oleh : Eka putri Komalasari
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat sore bidan ,
    Saya ingin bertanya ,saya mengalami flek menstruasi di tgl 22 jan 2020 pada mlm hari .
    Dan keluar darah mens seperti biasa nya tp pd saat besok hari nya di tgl 23 pagi nya darah nya berhenti , dan sore hari nya darah mens sedikit .
    Apakah itu normal bu bidan ?
    Terimakasih.

    Biaya Untuk Cek Kesuburan Suami Istri

  • Oleh : Dessi Yudha Arisandy
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamualikum bu bidan, nama saya Filza Syafira. Saya mau bertanya kira – kira biaya untuk cek kesuburan suami istri butuh berapa ya ? Rincian pemeriksaannya seperti apa aja bu ? Terima kasih, mohon dijawab.

    Khitan

  • Oleh : yongstephensen3
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Pantangan makanan setelah sunat

    Tanya Bidan