×

Bolehkah Mencampur 2 Merk Susu Formula Bagi Bayi?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Mencampur 2 Merk Susu Formula Bagi Bayi?

Bagi ibu yang memberikan susu formula, pasti dong akan memilih susu formula yang disukai si Kecil dan memiliki kandungan gizi tinggi. Bisa saja anda mungkin suka tekstur susu formula suatu merek, namun lebih menyukai rasa susu formula yang lain. Demi menyajikan segelas susu yang ibu anggap sempurna, Anda barangkali ingin mencampur dua merek susu itu. Tapi, bolehkah mencampur dua merek susu formula dalam satu gelas?

Perlu diketahui, mencampur dua merek susu formula tidak berbahaya dan aman bagi anak. Metode ini bisa Anda gunakan jika si kecil tampak lebih lahap saat meminum campuran susu itu. Bahkan cara ini juga bisa menguntungkan secara ekonomis. Misalnya ibu mencampur merek susu formula yang mahal dengan yang lebih murah dalam porsi 50:50.

Related Posts :

    Apakah Aman ?

    Mencampur dua merek susu formula memang aman saja diminum anak, namun dengan syarat tertentu. Jika dua merek susu formula itu bubuk, maka harus dicampur air dulu. Ketika masing-masing merek susu sudah siap diminum, baru boleh dicampur menjadi satu. Hal ini karena agar Molekulnya sudah stabil dan mencampurnya enggak mempengaruhi kandungan nutrisi pada susu formula

    Susu formula bubuk akan bereaksi saat dicampur air. Proses pelarutan homogen ini membuat molekul-molekul susu menjadi stabil. Namun jika mencampur dua merek susu formula saat masih jadi bubuk, Anda tidak tahu apakah reaksinya saat bertemu air akan saling mempengaruhi komponennya.

    Jadi eksperimen mencampur dua merek susu formula boleh-boleh saja jika anak dianggap lebih menyukainya. Jika tubuh anak tidak bereaksi negatif pada protein susu formula itu, seperti mengeluarkan banyak gas, bersendawa, atau meludah maka sah-sah saja. Anda juga sebaiknya tidak mengganti merek susu formula terlalu sering untuk mengetahui jenis mana yang paling cocok untuk anak Anda.

    Alternatif Lain, Selain Dicampur

    Ketimbang dicampur dalam sekali minum, lebih baik Anda memberikannya secara bergantian. Meski ada perbedaan rasa, hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah, apalagi pada bayi yang baru lahir. Pasalnya, mereka belum mengembangkan indra perasa, sehingga semakin mudah untuk mengganti susu formula. Pada bayi yang usianya lebih dari enam bulan, preferensi rasa sudah berkembang. Mereka akan menolak jika tidak suka.

    Selalu Perhatikan Kondisi si Kecil Usai Minum Susu

    Jika tubuh anak tidak bereaksi secara negatif, misalnya perut bergas, kembung, bersendawa, atau meludah, proses pencampuran tersebut terbilang aman. Jika ada kekhawatiran terkait gas di saluran cerna si Kecil, kembalilah pada satu merek sufor yang biasa digunakan. Namun, perhatikan lagi reaksinya. Umumnya, sistem pencernaan bayi membutuhkan waktu 1-2 minggu untuk beradaptasi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 17, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masalah pd

  • Oleh : Agustina Fariantini
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Kakak mau nanya ini kemaren sudah sempet nanya tapi lupa username jadi ini buat lagi, sejak asi full ko pd sering masalah ya ini tak laktasi katanya ada benjolan kecil itu gajih juga bisa ini saluran asi nya menurutnya bidan ini gimana.

  • Oleh : Agustina Fariantini
  • Telat haid 13 hari

  • Oleh : Nadia Kartika
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok, saya mau tanya saya berenti kb sudah satu bulan. Lalu saya telat haid sudah 13 hari. Payudara nyut nyutan dan puting nyeri seperti lecet, keram dibawah perut . Saat berhubungan sakit sebelah kiri, kadang juga tidak sakit. Jalan juga pinggang sebelah kiri sakit tapi ringan. Tolong penjelasannya dok. Trimakasih

  • Oleh : Nadia Kartika
  • Apakah yang terjadi dalam tubuh saya?

  • Oleh : Eli Widya
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bu bidan, hpht saya 17 januari, pada 18 feb keluar lendir seperti ovulasi, tanggal 20-24 saya flek coklat sedikit. Tanggal 25 saya HB setelah HB keluar darah segar lumayan banyak, tapi tidak sebanyak mens biasa nya,hal itu terjadi 3 hari. Tanggal 2 Maret saya HB lagi, dan keluar darah lagi, tapi lebih sedikit dari tanggal 25.,akhir akhir ini saya sering pusing, menggigil,tidak nafsu makan, dan terkadang mual muntah.kenapa ya bu? Apa saya hamil?

    Perbedaan darah haid sama keguguran

  • Oleh : Altapi Altapi
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok kenapa suka kram perut sma kram pinggang mual² pusing lelah ngantuk kenapa klo misalkan hamil kan dok saya kan sudah haid tapi darah nya ngegumpal seperti orang keguguran kenapa itu dok

  • Oleh : Altapi Altapi
  • Saki Kaki Dan Tangan

  • Oleh : Mohammad ikhsan
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya mau bertanya, kok akhir akhir ini saya sering sekali merasakan sakit pada bagian kaki dan tangan saya ya dok? Rasanya itu cenat cenut, muncul tiba tiba dan bahkan hilang secar tiba tiba. Ini sakit apa ya dok? Terus bagian mana agar ini tidak terjadi terus menerus?

    Tanya Bidan