×

Bolehkah Si Kecil Makan Cokelat Saat Sakit?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Si Kecil Makan Cokelat Saat Sakit?

Kondisi demam pada anak tentu akan membuat orang tua khawati. Orang tua akan melakukan berbagai cara agar si demam si Kecil cepat turun salah satunya memberikan obat Penurun demam dan nutrisi yang bagus. Namun, nafsu makan anak kadang berkurang dan tak jarang meminta camilan manis seperti cokelat. Yah, cokelat memang makanan yang manis. Karena kondisi lidah saat sakit terasa pait, maka wajar jika si Kecil meminta makan cokelat. Tapi boleh gak sih si Kecil makan cokelat saat demam?

Bolehkah Anak Makan Cokelat Saat Demam?

Selain es krim, cokelat adalah salah satu camilan anak yang paling digemari. Rasanya yang manis membuat anak-anak menyukainya untuk camilan sehari-hari. Namun, apakah makan cokelat dibolehkan ketika Si Kecil sakit?

Sebenarnya anak dibolehkan makan cokelat ketika sakit dengan kondisi tertentu. Ketika anak demam karena radang tenggorokan dan ada indikasi alergi cokelat, tentunya tidak dibolehkan. Meski rasanya lezat, ternyata sebagian anak memiliki alergi terhadap cokelat, lho.

Tanda-tanda Si Kecil memiliki alergi terhadap cokelat

• Kulit gatal-gatal
• Sesak napas
• Kram perut
• Pembengkakan pada bibir, lidah, atau tenggorokan
• Muntah
• Napas mengi

Mengapa Cokelat Bisa Memicu Alergi?

Protein di dalam cokelat menjadi penyebab alergi. Tak hanya itu, bahan tambahan lain seperti kedelai, tyramine, phenylethylamine, theobromine, kafein, perasa, dan sebagainya juga bisa jadi pemicunya.

Tentunya ini terjadi hanya di sejumlah anak yang memang ada indikasi alergi dan intoleransi terhadap cokelat. Ini pun berlaku untuk jenis makanan lain yang memiliki zat alergen.

Kalau Si Kecil ada alergi makanan tertentu sebaiknya dihindari, baik saat demam ataupun tidak. Namun secara umum, tidak ada kontradiksi untuk anak makan cokelat saat demam.

Related Posts :

    Alternatif Camilan Manis Saat Sakit

    1. Yoghurt
      Yoghurt mengandung probiotik. Rasanya yang manis dan asam bisa jadi alternatif makan cokelat, lho. Pediatric Gastroenterology Hepatology & Nutrition menemukan bahwa probiotik dapat mencegah berbagai gangguan pencernaan, salah satunya diare. Selain yoghurt, Bunda dapat menemukan probiotik dalam kefir, sayur-sayuran, kimchi, dan tempe.
    2. Jus Buah
      Ingin camilan manis dan sehat? Jus buah bisa jadi pilihan, lho! Ini merupakan salah satu makanan ringan yang bagus ketika sakit. Tentunya, kandungan serat dan karbohidrat di dalamnya juga baik untuk pencernaan dan kontrol gula darah. Pilihkan favorit buah kesukaan anak-anak untuk dijadikan alternatif makan cokelat.
    3. Teh Herbal
      Yuk, berikan anak dengan teh herbal untuk alternatif camilan makan cokelat. Seduhlah teh herbal seperti teh hijau, jahe, ataupun teh hitam dengan tambahan gula sedikit. Seduhan teh dapat mengurangi gejala flu atau influenza pada tubuh.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 9, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Impotensi

  • Oleh : Eko Priono
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, saya kalo pagi hari ereksi, tp kalo kalo udah sore ereksi tp cuma sebentar, untuk obat yang aman menyembuhkan impoten apa dok

    HAID

  • Oleh : Nayla Utami
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Mau tanya, umur saya tahun ini 15 tahun tapi sampai saat ini saya belum mengalami haid apa penyebab dan solusinya?

  • Oleh : Nayla Utami
  • Cara mengetahui hamil atau nggak

  • Oleh : Lina Widiyastuti
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Bu saya mau nanya saya kan udah telat mens sehari terus saya cek pake tespek tapi hasilnya negatif tapi perut saya rasanya kenceng kadang ada rasa mual dan pusing tapi mulanya nggak muntah dok itu kira” kenapa yah?

  • Oleh : Lina Widiyastuti
  • Kehamilan

  • Oleh : Alex Alex
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok kmrn saya main dan saya keluar di dalam. Bagai mana cara mengatasinya agar tidak hamil

    Hubungan intim

  • Oleh : Ulla Ulla
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya…saya suda menika dan suda punya ank rencananya saya tidak mengikuti kb..maunya saya kb sendiri maaf(d keluarin d luar).dan yg mau saya tanyakan.kata temen2 saya walaupun d keluarin d luar masih bisa hamil..katanya karena pas suami merangsang atu ejakulasi dini..keluar cairan putih bening itu bisa menyebab kan k hamilan..bukan hanya maaf (sepermanya).apa benar itu ya dok..?

    Tanya Bidan