×

Buah-buahan Yang Sebaiknya Diberikan Pada Bayi Usia 6 Bulan

Bagikan Artikel :

Buah-buahan Yang Sebaiknya Diberikan Pada Bayi Usia 6 Bulan

Buah memang makanan yang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan tubuh. Sehingga orang dewasa wajib mengonsumsi buah setiap harinya. Namun sayang sekali, ada beberapa orang yang kurang menyukai buah. Salah satu penyebabnya adalah tidak memperkenalkan buah pada usia dini. Oleh karena itu bayi pada usia bula perlu mulai diperkenalkan dengan buah-buahan. Tetapi dari sekian banyak buah-buahan, mana yang sebaiknya diberikan lebih dulu?

Buah-buahan Yang Sebaiknya Diberikan Pada Bayi Usia 6 Bulan

Selain kaya akan nutrisi, buah-buahan memiliki risiko lebih kecil untuk memicu alergi pada bayi. Beberapa pilihan buah berikut dapat Anda berikan untuk bayi 6 bulan:
• Semangka
Semangka mengandung kadar vitamin A, B6 dan C, banyak likopen, antioksidan, dan serat. Semangka adalah buah yang mengandung banyak air sehingga bayi akan mudah untuk mengunyah dan menelan.
• Pisang
Pisang memiliki berbagai gizi penting yang dibutuhkan bayi pada masa pertumbuhannya, seperti folat, serat, vitamin A, B6, B12, dan kalium. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki tekstur yang lembut dan halus, sehingga bayi tidak kesulitan untuk mencernanya.
• Alpukat
Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik untuk mendukung pertumbuhan bayi. Selain memiliki rasa yang enak, alpukat juga lembut sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pendamping ASI.
• Apel
Apel memiliki ragam nutrisi yang dibutuhkan bayi, seperti vitamin C, K, serat, kalium, dan beragam mineral lain. Anda dapat mengolah apel dengan cara mencampur dengan bahan lain untuk meningkatkan selera makan Si Kecil.

Buah-buahan Yang Sebaiknya Ditunda Dulu

Buah dengan rasa asam yang tajam sebaiknya dihindari. Seperti jeruk, nanas, kiwi dan strawberry. Tunda dulu memberikan pada bayi sampai usianya mencapai 1 tahun. Makanan yang terlalu asam bisa memicu sakit perut.

Related Posts :

    Hindari buah yang tinggi pestisida, seperti anggur dan plum. Sebaiknya pilih dan berikan buah-buahan organik yang tak mengandung pestisida. Sebaiknya jangan memberikan buah kering, buah dengan biji atau buah dengan potongan besar. Karena bisa membuat bayi tersedak dan bayi belum mahir menelan.

    Perhatikan Adanya Alergi Pada Bayi Saat Memberikan Buah

    Berikan satu jenis buah setiap kali pad bayi. Tunggu sekitar 2-3 hari sebelum memperkenalkan buah yang baru. Perhatikan reaksi pada buah pertama kali yang Anda berikan. Jika bayi jadi diare atau alami sakit perut hentikan dulu pemberian buahnya.

    Biarkan bayi makan sendiri agar bayi mulai berlatih makan. Sebaknya berikan buah untuk sekali makan saja. karena jika disimpan berisiko tercemar bakteri atau berubah rasa.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 5, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat menstruasi

  • Oleh : Tri Utari
  • 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu bidan
    Saya mau nanya saya terkahir haid tanggal 4 Desember 2021
    Tapi ini sudah tanggal 26 Januari 2022 saya belum juga haid, tapi pas saya coba buat tespack ko negatif.. padahal saya pengen banget hamil Bu itu kenapa ya

  • Oleh : Tri Utari
  • Ejakulasi dini

  • Oleh : Hendra Pratama
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Halo dokter, saya mau bertanya, kenapa ya setiap kali saya berhubungan intim dengan istri, baru pemanasan saja rasanya penis mau mengeluarkan air mani, dan ketika penis penetrasi ke vagina istri, terkadang tidak sampai satu menit, sudah ejakulasi/keluar air mani, pertanyaannya apakah ini dikatakan ejakulasi yg cukup parah atau normal, dok, dan bolehkah berhubungan intim yg kedua kali dalam satu malam, karena yg kedua kalinya itu agak lama mencapai ejakulasinya, walaupun penis agak pegel?

    Kehamilan

  • Oleh : Aprilia Cantika
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum,maaf saya mau bertanya.
    Sudah dari bulan februari kemarin sampai bulan Maret ini saya belum haid sama sekali,apa begitu sudah terkategorikan saya sedang hamil?

  • Oleh : Aprilia Cantika
  • Stunting

  • Oleh : Agustina Agustina
  • 11 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bu, anak saya umur 18 bulan. BB 7,5 tinggi 70. Apakah anak saya stunting? Makannya memang susah, suka yang gurih2, tidak suka manis. Apakah masih bisa normal? Bagaimana caranya?

  • Oleh : Agustina Agustina
  • makanan

  • Oleh : arizka fabianti
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok mau tanya … sya hamil anak ke 2 ini kalau makan yang gizi gizi malah membuat mual tp kalau makan makanan tanpa kuah sama mie instan mau …kadang makan sayur keluar lagi….liat sayur aja mual….gmn mengatasinya dok biar saya gk bergantung makanan nggak sehat…sedangkan makanan tidak sehat tidak membuat nafsu makan sy …mohon jawabannya …trima kasih

    Tanya Bidan