×

Buah-buahan Yang Sebaiknya Diberikan Pada Bayi Usia 6 Bulan

Bagikan Artikel :

Buah-buahan Yang Sebaiknya Diberikan Pada Bayi Usia 6 Bulan

Buah memang makanan yang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan tubuh. Sehingga orang dewasa wajib mengonsumsi buah setiap harinya. Namun sayang sekali, ada beberapa orang yang kurang menyukai buah. Salah satu penyebabnya adalah tidak memperkenalkan buah pada usia dini. Oleh karena itu bayi pada usia bula perlu mulai diperkenalkan dengan buah-buahan. Tetapi dari sekian banyak buah-buahan, mana yang sebaiknya diberikan lebih dulu?

Buah-buahan Yang Sebaiknya Diberikan Pada Bayi Usia 6 Bulan

Selain kaya akan nutrisi, buah-buahan memiliki risiko lebih kecil untuk memicu alergi pada bayi. Beberapa pilihan buah berikut dapat Anda berikan untuk bayi 6 bulan:
• Semangka
Semangka mengandung kadar vitamin A, B6 dan C, banyak likopen, antioksidan, dan serat. Semangka adalah buah yang mengandung banyak air sehingga bayi akan mudah untuk mengunyah dan menelan.
• Pisang
Pisang memiliki berbagai gizi penting yang dibutuhkan bayi pada masa pertumbuhannya, seperti folat, serat, vitamin A, B6, B12, dan kalium. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki tekstur yang lembut dan halus, sehingga bayi tidak kesulitan untuk mencernanya.
• Alpukat
Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik untuk mendukung pertumbuhan bayi. Selain memiliki rasa yang enak, alpukat juga lembut sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pendamping ASI.
• Apel
Apel memiliki ragam nutrisi yang dibutuhkan bayi, seperti vitamin C, K, serat, kalium, dan beragam mineral lain. Anda dapat mengolah apel dengan cara mencampur dengan bahan lain untuk meningkatkan selera makan Si Kecil.

Buah-buahan Yang Sebaiknya Ditunda Dulu

Buah dengan rasa asam yang tajam sebaiknya dihindari. Seperti jeruk, nanas, kiwi dan strawberry. Tunda dulu memberikan pada bayi sampai usianya mencapai 1 tahun. Makanan yang terlalu asam bisa memicu sakit perut.

Hindari buah yang tinggi pestisida, seperti anggur dan plum. Sebaiknya pilih dan berikan buah-buahan organik yang tak mengandung pestisida. Sebaiknya jangan memberikan buah kering, buah dengan biji atau buah dengan potongan besar. Karena bisa membuat bayi tersedak dan bayi belum mahir menelan.

Related Posts :

    Perhatikan Adanya Alergi Pada Bayi Saat Memberikan Buah

    Berikan satu jenis buah setiap kali pad bayi. Tunggu sekitar 2-3 hari sebelum memperkenalkan buah yang baru. Perhatikan reaksi pada buah pertama kali yang Anda berikan. Jika bayi jadi diare atau alami sakit perut hentikan dulu pemberian buahnya.

    Biarkan bayi makan sendiri agar bayi mulai berlatih makan. Sebaknya berikan buah untuk sekali makan saja. karena jika disimpan berisiko tercemar bakteri atau berubah rasa.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 5, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Agar Tubuh Sehat dan Ideal Meskipun Bekerja Seharian

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya Yesa dari losarang mau tanya tentang kesehatan wanita, bagaimana sih cara agar tubuh kita tetap sehat, fit, ideal meskipun kesibukan kita penuh dari pagi sampai sore. Ditunggu jwabanya bu bida terimakasih

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • Berat badan tidak ideal

  • Oleh : MURTI DIANASARI
  • 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum..
    Bu nama saya MURTI DIANASARI. Usia saya 26 tahun tinggi badan saya 150 cm. Tapi berat badan saya hanya 35 kg. Saya ingin menaikan berat badan. Bagaimana cara nya bu?

    Kehamilan

  • Oleh : ardislenehan846
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Sering mules pada usia kehamilan 7 bulan ini wajar atau tidak dan di sertai plek

    Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    Tanya Bidan