×

Bukan Kotor Ya, Ini Vernix Yang Memiliki Banyak Manfaat Pada Bayi Baru Lahir

Bagikan Artikel :

Bukan Kotor Ya, Ini Vernix Yang Memiliki Banyak Manfaat Pada Bayi Baru Lahir

Kalau ada bayi baru lahir, terus terlihat kulitnya dipenuhi dengan lapisan yang berwarna putih, itu bukan kotoran ya Bunda. Dan banyak banget masyarakat yang bilang apabila bayi terlahir bayak putih-putih itu karena ibunya makan pedas padahal itu tidak benar. Lapisan tersebut disebut vernix caseosa. Sebenarnya, apa sih fungsi vernix caseosa pada bayi yang baru saja lahir?

Vernix caseosa adalah lapisan lembut berwarna putih yang biasanya membalut tubuh dan wajah janin. Lapisan ini biasanya mulai muncul ketika memasuki trimester akhir dan mengandung 81% air, 9% lemak, serta 10% protein.

Biasanya, pada bayi prematur lapisan vernix caseosa akan lebih banyak ketimbang bayi yang lahir dengan waktu yang normal. Karena sebagian besar terdiri dari air, vernix caseosa akan hilang ketika Anda memandikan bayi sesaat setelah persalinan.

Padahal lapisan pelindung kulit bayi ini memiliki fungsi yang sangat berguna bagi bayi Anda. Nah, apa saja ya fungsi vernix caseosa ini?

Related Posts :

    Fungsi vernix caseosa pada bayi yang baru lahir

    1. Melindungi dari infeksi sesaat setelah lahir
      Vernix caseosa pada bayi yang baru lahir ternyata mengandung antioksidan. Nah, antioksidan pada lapisan kulit ini ternyata menjaga bayi Anda dari infeksi. Oleh karena itu, peran vernix caseosa sangat penting, mengingat bayi yang baru saja lahir sangat rentan terhadap penyakit
    2. Membantu permukaan kulit beradaptasi
      Bayi yang baru saja lahir pastinya akan melalui proses adaptasi dengan lingkungan barunya. Kulit bayi yang baru lahir cenderung sensitif, kering, hingga pH-nya menurun. Nah, di sinilah fungsi vernix caseosa beraksi.
      Pada prosesnya, lapisan pelindung kulit ini mengurangi risiko munculnya berbagai masalah kulit tersebut. Kandungan yang ada di dalam lapisan vernix dapat membuat kulit bayi menjadi lembap.
      Penurunan pH kulit bayi terjadi akibat proses pematangan enzim yang biasanya digunakan untuk memadukan komponen asam. Nah, trigliserida yang ada pada vernix caseosa ternyata bisa menjadi sumber asam lemak agar pH tetap seimbang.
    3. Membantu mengatur suhu tubuh bayi
      Pada saat masa kehamilan, tubuh Anda sangat berperan penting terhadap pengaturan suhu tubuh janin Anda. Nah, ketika bayi Anda baru lahir, dibutuhkan waktu yang cukup lama agar suhu tubuhnya dapat cocok dengan lingkungan barunya.
      Oleh karena itu, setelah melahirkan biasanya para bayi akan diselimuti agar terjaga kehangatannya. Selain itu, membiarkan vernix caseosa dalam waktu yang cukup lama juga dapat membantu suhu tubuh bayi Anda untuk beradaptasi dengan alami.
    4. Memudahkan bayi untuk keluar dari kandungan
      Fungsi lain dari vernix caseosa adalah sebagai pelumas saat melahirkan. Tidak hanya untuk melapisi kulit, melainkan juga mengurangi gesekan yang terjadi ketika proses persalinan berlangsung. Mungkin hal ini sangat berpengaruh bagi Anda dan buah hati karena mengurangi rasa sakit yang berlebihan.
      Setelah dilihat lebih lanjut lagi, ternyata fungsi vernix caseosa pada bayi yang baru lahir sangat berguna, ya. Oleh karena itu, jika Anda masih ingin memanfaatkan lapisan pelindung kulit pada bayi Anda, usahakan untuk tidak terlalu cepat memandikan sang bayi.
      Walaupun mungkin tampilannya tidak terlihat menyenangkan, keistimewaan vernix caseosa ini justru bermanfaat untuk bayi Anda.

    Haruskah Vernix Ini Dibersihkan ?

    Dulu, begitu lahir, seluruh tubuh bayi segera dibersihkan, termasuk usaha keras untuk membersihkan lemak yang menempel di wajah dan kulitnya. Kini, mengingat manfaatnya, lapisan ini lebih sering dibiarkan saja. Si kecil cukup dibersihkan dari sisa darah yang menempel di tubuhnya.
    Jadi, keberadaan vernix caseosa tak perlu dirisaukan benar, kecuali jika jumlahnya berlebihan. Dalam dua atau tiga hari, lapisan ini akan terserap kembali oleh kulit bayi.Fakta lain “si lemak”. Usaha berlebihan untuk membersihkan vernix caseosa justru bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi, antara lain karena ketidaktahanan terhadap bahan-bahan pembersihan kulit tersebut. Vernix juga telah terbukti mengandung Anti GBS-membunuh komponen antimikroba! Jadi Berpikirlah dua kali untuk membersihkan bayi Anda dari vernix.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 13, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makan dalam proses tahapan persalinan, bolehkah?

  • Oleh : Reny Anggra
  • 4 tahun yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saya mau tanya, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Reny Anggra
  • Persalinan Yang Di Lakukan Di Dalam Air

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat Pagi Ibu Bidan 🙂

    Saya mau bertanya seputar persalinan di dalam air, apakah persalinan itu aman di lakukan? Dan apa saja manfaat manfaat serta bahaya dari persalinan tersebut bagi kesehatan ibu dan anak yang akan di lahirkan?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • Kehamilan

  • Oleh : Atih Susanti
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dokter saya sedang hamil muda, cuma ga pasti berapa usia kandungannya, saya belum sempet periksa ke bidan, di tespeck aku positive dok, nah selama itu aku ngerasa linu di pinggang sampai panggul, bahaya ga ya dok ?

    Keputihan

  • Oleh : Adelia Safa
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Mau tanya nih, bagaimana ya cara alami mengobati keputihan yang terus menerus, padahal saya juga sudah mengganti celana dalam setiap hari, membasuh miss v setelah BAK, dan pokoknya mengikuti langkah seperti di internet. Soalnya kadang kadang keputihannya juga menimbulkan bau. Minta bantuannya ya. Terima kasih.

    Vagina dan Selangkangan Sering Sakit

  • Oleh : Amel Fayunl
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang Bu..
    Saya sekarang lagi hamil usia kandungan saya sudah memasuki 24 minggu, tapi akhir-akhir ini daerah vagina dan selangkangan saya sering sakit, terus mau pindah posisi tidur rasa sakitnya itu semakin terasa, apakah itu berbahaya untuk saya dan janin?

    Tanya Bidan