Bunda, Kenali Ciri Lapar Palsu Pada Bayi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bunda, Kenali Ciri Lapar Palsu Pada Bayi -, Bidan Online -, Pada usia bayi yang sudah 6 bulan maka pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) sangat disarankan karena di samping pencernaan bayi yang sudah sempurna juga mengajarkan bayi secara bertahap untuk mengenal tekstur dan rasa yang berbeda dari variasi makanan. Makanan pendamping ini bisa Bunda buat sendiri di rumah dengan menu makanan berbeda pada bayi. Sangat disarankan untuk mengolah makanan tanpa menggunakan bahan kimia agar menjaga makanan pilihan makanan menu makanan bayi.

    Pemberian MPASI tidak selamanya akan berjalan lancar karena seringkali makanan yang sudah Anda olah jutru malah ditolak oleh sang bayi. Namun jika sang bayi sering menolak makanan pendamping asi kemungkinan bayi Anda mengalami lapar palsu.

    Taukah Anda terkadang bayi sering memberikan ciri lapar palsu atau haus palsu dan hal ini akan mengira ibu bawa bayi membutuhkan ASI bahkan di malam hari saat bayi terlihat lapar membuat ibu menyusui meluangkan waktunya untuk memenuhi kebutuhan bayi. Padahal kemungkinan bayi Anda sedang mengalami lapar palsu.

    Lapar palsu yang sering terjadi pada bayi juga kerap membuat banyak ibu khawati jika ASI tidak bisa mencukupi kebutuhan bayi dan seringkali ibu memberikan susu formula karena ibu hamil akan menyebabkan bayi kurang mendapatkan makanan karena seringkali bayi terlihat seperti lapar.

    Berikut di bawah ini beberapa ciri lapar palsu pada bayi yang harus Anda perhatikan :

    • Terburu – buru minum susu sehingga anak Anda tidak sabar saat mendapatkan ASI yang sebenarnya bahwa bayi Anda tidak sedang mengalami lapar atau haus sehingga tidak perlu mengkhawatirkan bahwa ASI Anda tidak akan mencukupi kebutuhan bayi.
    • Sering menete kurang lebih 1,5 jam dan membuat Anda terjaga serta mengira bahwa bayi Anda sedang mengalami lapar atau haus. Anda juga berulang kali menawarkan untuk mendapatkan ASI padahal rentan waktu yang tidak berselang lama dari proses menyusui akhir ke menyusui selanjutnya.
    • Terkadang bayi sering melakukan kebiasaan ngepeng ke payudara dan padahal bayi tidak mengisap ASI tapi sulit untuk melepaskan ASI padahal bayi Anda tidak menyusui. Hal seperti ini menjadi salah satu ciri bahwa bayi Anda sedang mengalami lapar atau haus palsu.
    • Dan yang terakhir ciri bayi yang mengalami lapar palsu yaitu menunjukan gerakan tubuh yang tidak berhubungan langsung dengan rasa lapar dan beberapa tanda yang bukan menjadi ciri bayi lapar atau haus diantaranya sering menjulurkan lidah, refleks mengisap, bayi memasukan jari ke mulutnya dan terakadang Anda mengecap mulu bayi. Kondisi ini menjadi gejala bahwa bayi Anda tidak sedang kelaparan.

    Demikian pembahasan mengenai kenali lapar palsu pada bayi yang harus Anda ketahui untuk mengurangi rasa khawatir bahwa ASI yang Anda berikan pada bayi Anda tidak akan cukup.

    Artikel Lainnya :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - June 20, 2017
    Diskusi Dari:
    Opik Taufik

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

    Dijawab Oleh : Opik Taufik
    Diskusi Dari:
    ANGGUN

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

    Dijawab Oleh : ANGGUN
    Diskusi Dari:
    ALif AL Maun Yoyox

    Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    They Xantana Noeza

    Hasil dari pemeriksaan saya dinyatakan mengandung anak kembar dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi saya dan keluarga saya. Untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat, sebaiknya apa saja yang harus dihindari dan dilakukan?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Nila nila

    Saya dapat menstruasi tanggal 23 agustus. Tanggal berapakah masa paling subur saya dan makanan apa yg harus saya konsumsi selama masa subur? Terimakasih

    Dijawab Oleh : Nila nila