Bunda Ketahui Tanda-Tanda Gigi Bayi Sedang Tumbuh

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • www.curhatbidan.com – Pada setiap bayi akan mengalami masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, dan awal mulanya biasanya pada saat bayi telah berusia antara 4 hingga 6 bulan, namun juga ada yang lebih dari usia tersebut. Setiap orang tua juga tidak dapat memprediksi kapan gigi akan mulai muncul, meskipun terdapat beberapa tanda yang dapat menunjukkan bahwa gigi akan mulai tumbuh.

    Tanda-tanda akan tumbuhnya gigi pada bayi cukup beragam. Seringkali karena akan mulai tumbuh gigi, maka ia akan merasakan ketidaknyamanan sehingga ia akan mudah menangis dan rewel. Tetapi ada juga pada bayi yang mungkin melewati masa pertumbuhan gigi dengan cukup cepat, bahkan tidak adanya keluhan.

    Berikut tanda-tanda gigi bayi akan tumbuh

    Bunda, perlu ketahui dan perhatikan pada beberapa tanda yang mengindikasikan pada pertumbuhan gigi si kecil serta tanda tumbuhnya gigi yang ditunjukan bida berbeda-beda. Namun pada beberapa kasus yang terjadi, bayi akan menunjukkan tanda ketika giginya akan tumbuh, dan kondisi ini masih termasuk normal, hal tersebut meliputi :

    1. Mengeces

    Saat gigi akan tumbuh, maka bayi akan memproduksi air liur lebih banyak dari biasanya. Untuk itu si kecil akan mudah mengeces. Bahkan pada beberapa bayi akan mengalami ruam pada sekitar mulut, dagu, dan leher. Hal ini dikarenakan air liur yang lembap dan membasahi pada wajah bayi. Oleh karena itu sediakan kain lembut dan mudah menyerap air. Dengan seiring bertambahnya usia, maka bayi akan semakin mahir dalam mengendalikan air liur dalam mulutnya.

    2. Sering Menggigit

    Tekanan yang ditimbulkan oleh gigi akan keluar dengan melalui gusi, dan biasanya akan menyebabkan bayi menjadi terasa tidak nyaman. Pada ketidaknyamanan tersebut pada akhirnya akan dilampiaskan dengan melalui gigitan, baik pada mainannya, pada puting susu (jika bayi masih menyusui), ataupun pada jari.

    3. Batuk

    Bayi yang masih belum bisa mengendalikan semua otot dan saraf didalam mulut atau tenggorokannya. Sehingga akan terdapat air liur lebih banyak, dan bayi akan beresiko tersedak saat berusaha menelan. Hal tersebut biasanya akan ditandai dengan batuk-batuk atau bahkan muntah. Apabila batuk yang dialami tidak disertai dengan flu, pilek, atau diare, maka Bunda tidak perlu khawatir.

    4. Rewel

    Pada mulut bayi akan terasa sakit ketika gigi kecilnya menekan pada area gusi yang segera timbul keluar. Tetapi hal tersebut sangatlah wajar. Beberapa bayi akan rewel selama beberapa jam saja, akan tetapi ada yang beberapa hari atau minggu.

    5. Susah Makan

    Karena mulutnya terasa tidak nyaman, maka sang bayi akan menjadi kehilangan nafsu makan. Apabila sudah dilakukan dengan berbagai cara dan bayi tetap rewel, segera untuk meminta bantuan dokter.

    6. Demam Rendah

    Jika peradangan yang terjadi pada guci cukup serius, si kecil mungkin akan mengalami demam. Namun, demam yang terjadi karena peradangan gusi karena akan tumbuh gigi biasanya hanya demam rendah saja. Tetapi apabila demam bayi mencapai 38 derajat celsius keatas, maka penyebabnya bukan gigi yang akan tumbuh.

    7. Menarik-narik Telinga atau Menggaruk Pipi

    Gigi yang akan tumbuh, bayi yang dengan kesal akan menarik-narik telinga atau menggaruk pipinya. Hal ini karena gusi yang terasa gatal atau tidak nyaman. Supaya bayi tidak terluka karena hal ini, Anda dapat mengalihkan perhatiannya dengan menawarkan seperti mainan atau yang lainnya.

    8. Memasukkan Tangan Ke Dalam Mulut

    Mungkin karena rasa tidak nyaman dan untuk meredakan rasa gatal, bayi akan memasukkan tangan pada mulutnya. Sebaiknya Anda menjaga bayi Anda supaya tangan, mainan, ataupun benda lainnya agar tetap bersih. Bila perlu untuk menghindari hal tersebut. Atau Anda bisa lakukan dengan mengompres menggunakan air dingin dan kain lembut untuk membantu dalam mengurangi sakit atau gatal pada gusi saat gigi bayi akan mulai tumbuh.

    Untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang sedang dirasakan pada bayi ketika sedang tumbuh gigi, Anda dapat memilih salah satu cara berikut :

    • Mainan teething / teether

    Teether adalah mainan mudah untuk digenggam bayi dan juga aman dimasukkan kedalam mulut. Teether dapat didinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas kemudian baru dapat digunakan oleh bayi untuk meredakan rasa tidak nyaman atau gatal pada gusi. Perlu diketahui untuk menghindari meletakkan kedalam freezer. Teether yang tersedia dalam berbagai bentuk dan bahan. Dan pastikan untuk membeli teether dengan menjamin serta tidak akan membahayakn si kecil.

    • Cemilan sehat

    Jika bayi sudah berusia 6 bulan, lebih baik untuk memberikan cemilan sehat sebagai penggantinya. Seperti buah apel atau wortel yang mudah digenggam dan digigit. Hindari makanan yang mengandung gula seperti cokelat karena akan merusak gigi.

    • Usap gusi bayi

    Bantu dengan mengusap gusi bayi yang gatal dengan jari atau bila perlu gunakan kain flanel kecil yang bersih. Karena tekanan ringan ini akan membuat si kecil menjadi lebih nyaman.

    • Minuman dingin

    Minuman dingin bebas gula ternyata dapat diberikan sebagai pereda nyeri atau rasa gatal untuk bayi yang sudah berusia 6 bulan keatas. Namun pastikan minuman tersebut tidak terlalu dingin.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - August 4, 2017
    Diskusi Dari:
    Dayat Ya Hidayat

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya anak mau minum obat tanpa paksaan ? Anak saya sudah berusia 6 tahun masih saja menolak minum obat ketika ia sakit. Metode mencekoki obat ke mulutnya tak mempan, yang ada obat keluar lagi. Mohon solusinya bu. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    ALif AL Maun Yoyox

    Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Siska zumrotul fauziah

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

    Dijawab Oleh : Siska zumrotul fauziah
    Diskusi Dari:
    Gek Anik

    Siang bu bidan.

    2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Milda

    Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

    Dijawab Oleh : Milda