×

Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi Dengan Aman dan Benar

Bagikan Artikel :

www.curhatbidan.com – Telinga merupakan salah satu bagian yang sensitif, apalagi pada telinga bayi dan anak. Sehingga harus ekstra hati-hati ketika membersihkannya. Pada telinga bayi dan anak diharuskan untuk melakukan secara rutin dalam membersihkannya, karena untuk menghindari penumpukan kotoran pada telinga yang akan mengganggu hantaran bunyi serta dapat mempengaruhi pada pendengarannya. Jika tidak dibersihkan maka kotoran akan semakin keras bahkan sulit untuk dikeluarkan.

Perlu diketahui juga bahwa pada kotoran telinga bukanlah zat yang berbahaya yang bisa menyebabkan suatu infeksi ataupun yang mempengaruhi pada pendengaran sang bayi. Kotoran telinga merupakan suatu zat yang diproduksi untuk melindungi telinga bagian dalam dari kuman serta zat asing. Tetapi apabila sang bayi mengalami pembentukan kotoran pada telinga dengan berlebih, alangkah baiknya konsultasikan pada dokter.

Ada juga beberapa pendapat bahwa untuk membersihkan telinga bayi dan anak sebaiknya dilakukan oleh dokter THT, dibandingkan oleh sang ibu dirumah. Tetapi sebenarnya sang ibu pun dapat melakukannya sendiri asal dengan cara yang tepat, kecuali sang bayi mengalami pembentukan kotoran yang berlebih.

Untuk membersihkan bayi, Bunda harus berhati-hati melakukannya, karena dapat mengakibatkan masalah yang fatal, seperti infeksi telinga, rusaknya gendang telinga serta akan mengganggu pendengaran bayi.

Cara Membersihkan Telinga Bayi :

1. Bersihkan pada saat memandikan bayi

Ketika kotoran telinga terkena air, maka kotoran tersebut akan menjadi cair dan mudah untuk dibersihkan. Untuk itu sangat tepat sekali ketika sedang memandikan bayi untuk membersihkan telinganya. Caranya gunakan kain yang lembab untuk membersihkan telinga bagian luarnya, kemudian bersihkan bersihkan juga bagian dalam lipatan telinga serta seka kotoran yang telah kering.

2. Seka dengan air hangat

Sekalah telinga sang bayi dengan kain hangat pada saat memandikan sang bayi. Lakukan secara rutin supaya telinga terjaga dengan tetap bersih. Caranya dapat membersihkan telinga dengan akumulasi sel kulit mati dan kotoran telinga.

3. Jangan bersihkan saat telinga kering

Cara ini sangat dilarang, karena membersihkan telinga pada saat kering akan menyebabkan iritasi serta luka. Sebaiknya gunakan kain basah untuk membersihkannya. Dan salah satu cara yang paling efektif yaitu dengan melakukan saat bayi mandi karena ada dalam kondisi basah.

4. Jangan masukan cotton buds pada telinga bayi

Cara ini sangat dilarang, karena membersihkan telinga dengan menggunakan cotton buds malah akan merusak pada gendang telinga, dan hal tersebut akan membuat sang bayi kehilangan pendengarannya.

5. Dilarang mengobati dengan cara sendiri

Pada kebanyakan sang ibu memilih untuk mengobati bayinya oleh sendiri ketika telinga bayi sedang dalam bermasalah, seperti cara pengobatan rumahan. Padahal cara tersebut belum diakui oleh para ahli, untuk itu jangan pernah mencoba-coba melakukan berbagai teknik dengan cara asal karena malah akan menyebabkan infeksi. Apabila menemukan masalah pada telinga bayi, sebaiknya berkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

6. Waspada dan Berhati-hati

Bayi yang tidak selalu bisa bekerja sama pada saat dibersihkan telinganya, maka bisa saja akan melawan, karena terasa geli sehingga akan bergerak-gerak. Maka dari itu sang ibu harus ekstra hati-hati, supaya tidak terjadi apa-apa saat membersihkan telinga sang bayi.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan telinga pada bayi. Untuk tetap teliti serta berhati-hati saat membersihkannya. Semoga bermanfaat 😉

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 13, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    posisi tidur hamil menginjak 8 bulan

  • Oleh : uye (wanita)
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

    Ruam pada kulit bayi

  • Oleh : Iphunk Charger
  • 2 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 4 bulan ? apakah bisa dengan bedak tertentu atau diberikan bahan-bahan agar terlihat aman ? mohon jawabannya. Terimakasih

  • Oleh : Iphunk Charger
  • Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Tentang hubungan seksual

  • Oleh : Teguh Roy
  • 8 bulan, 3 minggu yang lalu

    Saya hubungan seksual 5 kali dengan pacar saya tanpa menggunakan kondom tpi sperma nya keluar di luar itu dapat hamil apa tidak

    Kehamilan Setelah KB

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 1 tahun yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan