×

Cara Mencegah Dan Membersihkan Kepala Bayi Yang Berkerak

Bagikan Artikel :

Cara Mencegah Dan Membersihkan Kepala Bayi Yang Berkerak

Bunda pasti sering menemui kotoran yang menempel di kulit kepala bayi. Biasanya masyarakan menyebutnya kikilieun. Dalam medis kerak atau kotoran pada kepala bayi ini disebut dermatitis seboroik atau dalam bahasa inggris disebut cradle cap. Kerak kepala bayi umumnya terjadi pada bayi yang baru lahir atau yang berumur 0 sampai 6 bulan. Sebabnya belum diketahui sampai saat ini, namun menurut para ahli kedokteran kemungkinannya disebabkan oleh hormon bawaan ibu yang berpengaruh pada sang janin yang terbawa sampai lahir.

Jadi penyebabnya bukan karena kebersihan ya Bun, seperti akibat ketidakcocokkan sampho bayi, kulit kepala bayi terkena kotoran, atau bakteri dan sebagainya.

Ciri-Ciri Kerak Kepala atau Cradle Cap

Cradle cap umumnya ditandai dengan kulit kepala yang berkerak, kering, bersisik, mengelupas, dan tampak seperti ketombe. Terkadang, kerak kepala ini terlihat seperti kulit yang menebal, berminyak, dan berwarna putih kekuningan. Jika mengelupas, bagian kulit kepala bisa tampak kemerahan.

Related Posts :

    Cradle cap umumnya muncul di kulit kepala dan di belakang telinga, namun bisa juga muncul di sekitar alis, kelopak mata bayi, atau ketiak dan lipatan tubuh lainnya.

    Cara Mengatasi Atau Membersihkan Kerak Kepala Bayi

    1. Olesi kulit kepala dan rambut bayi Anda dengan minyak zaitun, baby oil ataupun minyak kelapa. Pijat dengan lembut namun jangan sampai digaruk. Diamkan beberapa saat sampai kandungan minyak menyerap dan melunakkan kulit kepala bayi.
    2. Gunakan sisir lembut untuk menyisir kulit kepala bayi. Menyisirnya dengan lembut membuat kerak atau kotoran akan mengelupas perlahan.
    3. Cuci kepala bayi dengan shampo bayi. Bersihkan rambut, kulit, dan kepala bayi dengan shampo. Pastikan kotoran ikut tercuci dan tidak menempel pada rambut.

    Yang Perlu Diperhatikan

    Bunda jangan menggaruk kulit kepala bayi dengan tangan atau kuku. Tidak menggosoknya tanpa diolesi minyak baby oil terlebih dahulu. Jika kepala bayi tidak ditumbuhi rambut, jangan mengolesinya dengan bedak sehabis mandi. Bedak akan menempel dan bisa menjadi kotoran di kepala. Usahakan bayi juga tidak menggaruknya yah Bun.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 10, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    mengatasi stres

  • Oleh : hayleyfrench7
  • 7 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil memasuki trimester kedua akhir-akhir ini saya sering kali marah-marah dan mood saya pun gampang berubah-ubah. Apakah saat ini saya stres dan apakah ada dampaknya bagi janin dalam kandungan saya. Jika iya bagaimana cara mengatasinya mohon jawabannya

    Mencegah hamil BO

  • Oleh : Nini Andini
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Mlm dok, sy ingin brtanya
    7hari lalu sy kgguran karna BO, di usia 10w..
    Kapan waktu hamil yg tepat ya dok setelah kgguran? Agar di kehamilan selanjutnya tidak trjadi hamil BO lagi,
    Terimakasih sebelmnya

    Keluar keputihan dari vagina apakah sering dialami oleh wanita

  • Oleh : Bang roy Bang roy
  • 11 bulan yang lalu

    Kaluar nya keputihan dari vagina apakah sering dialami oleh wanita

  • Oleh : Bang roy Bang roy
  • Darah keluar

  • Oleh : Fajar Fajar
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum kak,
    Saya mau tnya istri sya kluar bercak darah pda selang waktu 1hari setelah berhubungan, apakah itu tnda kehamilan?

  • Oleh : Fajar Fajar
  • Merasa tidak nyaman di MissV

  • Oleh : azizah Rahmani putri
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assallamualaikum bu bidan,
    Saya umur 19 tahun dan belum sama sekali melakukan hubungan seksual. sudah 2 minggu an saya merasakan tidak nyaman di lubang vagina saya, seperti ada yang mengganjal atau merasa ada gelembung di dalam lubang vagina,kadang kalo di buat duduk itu terjadi Queefing (tidak berbau). Setelah Queefing tetap saja terasa gelembung di lubang vagina dan sangat tidak nyaman. Kejadian itu terjadi setiap malam,di jam tidur. apakah itu termasuk ke dalam penyakit yg berhubungan dengan kandungan atau semacam nya? Tindakan apa yang harus saya lakukan?

    Tanya Bidan