×

Cara Mencegah Dan Membersihkan Kepala Bayi Yang Berkerak

Bagikan Artikel :

Cara Mencegah Dan Membersihkan Kepala Bayi Yang Berkerak

Bunda pasti sering menemui kotoran yang menempel di kulit kepala bayi. Biasanya masyarakan menyebutnya kikilieun. Dalam medis kerak atau kotoran pada kepala bayi ini disebut dermatitis seboroik atau dalam bahasa inggris disebut cradle cap. Kerak kepala bayi umumnya terjadi pada bayi yang baru lahir atau yang berumur 0 sampai 6 bulan. Sebabnya belum diketahui sampai saat ini, namun menurut para ahli kedokteran kemungkinannya disebabkan oleh hormon bawaan ibu yang berpengaruh pada sang janin yang terbawa sampai lahir.

Jadi penyebabnya bukan karena kebersihan ya Bun, seperti akibat ketidakcocokkan sampho bayi, kulit kepala bayi terkena kotoran, atau bakteri dan sebagainya.

Related Posts :

    Ciri-Ciri Kerak Kepala atau Cradle Cap

    Cradle cap umumnya ditandai dengan kulit kepala yang berkerak, kering, bersisik, mengelupas, dan tampak seperti ketombe. Terkadang, kerak kepala ini terlihat seperti kulit yang menebal, berminyak, dan berwarna putih kekuningan. Jika mengelupas, bagian kulit kepala bisa tampak kemerahan.

    Cradle cap umumnya muncul di kulit kepala dan di belakang telinga, namun bisa juga muncul di sekitar alis, kelopak mata bayi, atau ketiak dan lipatan tubuh lainnya.

    Cara Mengatasi Atau Membersihkan Kerak Kepala Bayi

    1. Olesi kulit kepala dan rambut bayi Anda dengan minyak zaitun, baby oil ataupun minyak kelapa. Pijat dengan lembut namun jangan sampai digaruk. Diamkan beberapa saat sampai kandungan minyak menyerap dan melunakkan kulit kepala bayi.
    2. Gunakan sisir lembut untuk menyisir kulit kepala bayi. Menyisirnya dengan lembut membuat kerak atau kotoran akan mengelupas perlahan.
    3. Cuci kepala bayi dengan shampo bayi. Bersihkan rambut, kulit, dan kepala bayi dengan shampo. Pastikan kotoran ikut tercuci dan tidak menempel pada rambut.

    Yang Perlu Diperhatikan

    Bunda jangan menggaruk kulit kepala bayi dengan tangan atau kuku. Tidak menggosoknya tanpa diolesi minyak baby oil terlebih dahulu. Jika kepala bayi tidak ditumbuhi rambut, jangan mengolesinya dengan bedak sehabis mandi. Bedak akan menempel dan bisa menjadi kotoran di kepala. Usahakan bayi juga tidak menggaruknya yah Bun.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 10, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Alat kelamin

  • Oleh : Hero Putra
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya saya sehari bisa buang air kecil 10 kali lebih dan setelah buang air kecil kaya ada yang menetes seperti air kencing tapi agak kental dikit terus setelah saya basuh rasanya kemaluan saya dingin dan ingin buang air kencing lagi bisa sampai 5 kali terus di ujung kemaluan saya mulutnya bengkak dok.dan waktu tidur entah itu malam atau siang keluar caira seperti mani tapi berwarna putih kental waktu keluarnya kemaluan tegang dok.lalu di ujung kemaluan kaya ada airnyaterus ggitu dok..mohon dibantu dok sekian terimakasih. Wasalamuala’ikum WR.WB

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Pendarahan

  • Oleh : Kristin Titin
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Sy mu tanya dok
    Kmarin sore pas sya bagun tdur siang.tiba” sya megeluarkan darah sdikit.pas pagi hari ini sya megeluarkan darah lagi dok tpi berwana pink”pucat serta ada darah merah dan rasa prut sya pas kluar rada skt dok .padahal hari terakhir sya haid tgl 25-01-21 ini dok
    Apakah ini dikategorikan sebagai keguguran? Mohon bantuanya dok

  • Oleh : Kristin Titin
  • Haid tidak lancar

  • Oleh : Naisyabilla Sutarno
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Saya mahasiswi usia 18 tahun. Siklus menstruasi saya tidak lancar, terkadang 4 bulan bahkan lebih tidak menstruasi. Apakah seperti itu normal atau ada gangguan? Saya belum periksa ke dokter. Jika ingin lancar menstruasi itu caranya seperti apa?

    Terimakasih

    . selamat mlm bu bidan

  • Oleh : Ris Aris Maulana
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Mlm bunda

  • Oleh : Ris Aris Maulana
  • Tanya Bidan