×

Cara Mencegah Dan Membersihkan Kepala Bayi Yang Berkerak

Bagikan Artikel :

Cara Mencegah Dan Membersihkan Kepala Bayi Yang Berkerak

Bunda pasti sering menemui kotoran yang menempel di kulit kepala bayi. Biasanya masyarakan menyebutnya kikilieun. Dalam medis kerak atau kotoran pada kepala bayi ini disebut dermatitis seboroik atau dalam bahasa inggris disebut cradle cap. Kerak kepala bayi umumnya terjadi pada bayi yang baru lahir atau yang berumur 0 sampai 6 bulan. Sebabnya belum diketahui sampai saat ini, namun menurut para ahli kedokteran kemungkinannya disebabkan oleh hormon bawaan ibu yang berpengaruh pada sang janin yang terbawa sampai lahir.

Related Posts :

    Jadi penyebabnya bukan karena kebersihan ya Bun, seperti akibat ketidakcocokkan sampho bayi, kulit kepala bayi terkena kotoran, atau bakteri dan sebagainya.

    Ciri-Ciri Kerak Kepala atau Cradle Cap

    Cradle cap umumnya ditandai dengan kulit kepala yang berkerak, kering, bersisik, mengelupas, dan tampak seperti ketombe. Terkadang, kerak kepala ini terlihat seperti kulit yang menebal, berminyak, dan berwarna putih kekuningan. Jika mengelupas, bagian kulit kepala bisa tampak kemerahan.

    Cradle cap umumnya muncul di kulit kepala dan di belakang telinga, namun bisa juga muncul di sekitar alis, kelopak mata bayi, atau ketiak dan lipatan tubuh lainnya.

    Cara Mengatasi Atau Membersihkan Kerak Kepala Bayi

    1. Olesi kulit kepala dan rambut bayi Anda dengan minyak zaitun, baby oil ataupun minyak kelapa. Pijat dengan lembut namun jangan sampai digaruk. Diamkan beberapa saat sampai kandungan minyak menyerap dan melunakkan kulit kepala bayi.
    2. Gunakan sisir lembut untuk menyisir kulit kepala bayi. Menyisirnya dengan lembut membuat kerak atau kotoran akan mengelupas perlahan.
    3. Cuci kepala bayi dengan shampo bayi. Bersihkan rambut, kulit, dan kepala bayi dengan shampo. Pastikan kotoran ikut tercuci dan tidak menempel pada rambut.

    Yang Perlu Diperhatikan

    Bunda jangan menggaruk kulit kepala bayi dengan tangan atau kuku. Tidak menggosoknya tanpa diolesi minyak baby oil terlebih dahulu. Jika kepala bayi tidak ditumbuhi rambut, jangan mengolesinya dengan bedak sehabis mandi. Bedak akan menempel dan bisa menjadi kotoran di kepala. Usahakan bayi juga tidak menggaruknya yah Bun.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 10, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Jarak hamil terlalu dekat. Melahirkan pertama sesar

  • Oleh : Silvia Agustin
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Mau tanya anak saya masih usia 3 bulan jalan ke 4 bulan. Ini saya sdah hamil lagi. Lahiran anak pertama saya sesar.bayaha tidak ya buk? Trus Kapan waktu memeriksa kehamilan?

  • Oleh : Silvia Agustin
  • Penyebab Munculnya Flek Darah saat Hamil

  • Oleh : Henny Diastara
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya sedang hamil fase trimester pertama dan saya khawatir tentang flek yang terjadi saat hamil, yang ingin saya tanyakan apa penyebab munculnya flek darah saat hamil? Terimakasih

  • Oleh : Henny Diastara
  • Benarkah Mengkonsumsi Terong Berpengaruh Pada Penis ?

  • Oleh : Riza
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

  • Oleh : Riza
  • Kehamilan

  • Oleh : uye (wanita)
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
    Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
    Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

    apakah benar kontraksi palsu?

  • Oleh : Indri Ekawaty
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya sedang hamil usia 7 bulan, kok saya sering merasa perut saya tegang dan debaynya bergerak tapi saat debaynya gerak di vagina saya terasa ngilu, apakah itu bisa dbilang kontraksi palsu? Mohon penjelasannya?

    Tanya Bidan