×

Cara Mencegah Dan Membersihkan Kepala Bayi Yang Berkerak

Bagikan Artikel :

Cara Mencegah Dan Membersihkan Kepala Bayi Yang Berkerak

Bunda pasti sering menemui kotoran yang menempel di kulit kepala bayi. Biasanya masyarakan menyebutnya kikilieun. Dalam medis kerak atau kotoran pada kepala bayi ini disebut dermatitis seboroik atau dalam bahasa inggris disebut cradle cap. Kerak kepala bayi umumnya terjadi pada bayi yang baru lahir atau yang berumur 0 sampai 6 bulan. Sebabnya belum diketahui sampai saat ini, namun menurut para ahli kedokteran kemungkinannya disebabkan oleh hormon bawaan ibu yang berpengaruh pada sang janin yang terbawa sampai lahir.

Related Posts :

    Jadi penyebabnya bukan karena kebersihan ya Bun, seperti akibat ketidakcocokkan sampho bayi, kulit kepala bayi terkena kotoran, atau bakteri dan sebagainya.

    Ciri-Ciri Kerak Kepala atau Cradle Cap

    Cradle cap umumnya ditandai dengan kulit kepala yang berkerak, kering, bersisik, mengelupas, dan tampak seperti ketombe. Terkadang, kerak kepala ini terlihat seperti kulit yang menebal, berminyak, dan berwarna putih kekuningan. Jika mengelupas, bagian kulit kepala bisa tampak kemerahan.

    Cradle cap umumnya muncul di kulit kepala dan di belakang telinga, namun bisa juga muncul di sekitar alis, kelopak mata bayi, atau ketiak dan lipatan tubuh lainnya.

    Cara Mengatasi Atau Membersihkan Kerak Kepala Bayi

    1. Olesi kulit kepala dan rambut bayi Anda dengan minyak zaitun, baby oil ataupun minyak kelapa. Pijat dengan lembut namun jangan sampai digaruk. Diamkan beberapa saat sampai kandungan minyak menyerap dan melunakkan kulit kepala bayi.
    2. Gunakan sisir lembut untuk menyisir kulit kepala bayi. Menyisirnya dengan lembut membuat kerak atau kotoran akan mengelupas perlahan.
    3. Cuci kepala bayi dengan shampo bayi. Bersihkan rambut, kulit, dan kepala bayi dengan shampo. Pastikan kotoran ikut tercuci dan tidak menempel pada rambut.

    Yang Perlu Diperhatikan

    Bunda jangan menggaruk kulit kepala bayi dengan tangan atau kuku. Tidak menggosoknya tanpa diolesi minyak baby oil terlebih dahulu. Jika kepala bayi tidak ditumbuhi rambut, jangan mengolesinya dengan bedak sehabis mandi. Bedak akan menempel dan bisa menjadi kotoran di kepala. Usahakan bayi juga tidak menggaruknya yah Bun.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 10, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Alasan kenapa ibu bisa meninggal saat melahirkan

  • Oleh : Ai Ni
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

  • Oleh : Ai Ni
  • Keputihan

  • Oleh : Heni Veronica
  • 1 minggu, 6 hari yang lalu

    Dok keputihan sya seperti sperma udah beberapa hari ini, pertama itu seperti remahan tahu lalu seperti sperma encer, padahal sya masih remaja dan belum pernah berhubungan intim, mengapa ya dok?

  • Oleh : Heni Veronica
  • Keputihan

  • Oleh : Fitria Kaerunisa
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat malam dok saya ingin bertanya, sebelumnya saya belum pernah berhubungan dan menikag sudah 1 minggu keputihan saya tidak berhenti. Keputihan saya berwarna putih susu, kadang bergumpal kadang tidak, mengeluarkan bau, dan kadang ada cairan putih keluar gitu dok kira-kira kenapa ya dok

    Telat Haid Dan Hanya Bercak Merah Ketika Haid Datang

  • Oleh : Yuli Ani
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan,

    Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

    Bayi usia 3 bulan belum bisa miring dan tengkurap

  • Oleh : Dwi lestari
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring dan tengkurap ? Terimakasih

    Tanya Bidan