×

Cara Merawat Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupannya

Bagikan Artikel :

Saat ini kampanye 1000 hari kehidupan pertama terus digalakkan di Indonesia. Pada usia nol sejak di dalam kandungan hingga dua tahun merupakan periode penting. Periode ini disebut dengan masa keemasan (golden age) bagi anak. Pada masa ini pula pertumbuhan otak pada anak sangat pesat.

Asupana makanan yang tepat untuk anak di usia 1000 hari kelahirannya menjadi periode penting dalam menunjang tumbuh kembang anak. Maka dari itu, kenali 4 hal penting yang wajib Anda lakukan untuk menjadikan anak Anda cerdas, seperti yang dikutip saat promosi kesehatan dinas kesehatan Kota Depok. Berikut ini cara merawat anak di 1000 hari pertama kehidupannya.

Cara Merawat Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupannya


Inisiasi Menyusui Dini (IMD)
Ini adalah tahap pertama kali bayi dilahirkan dan sangat penting. Biarkan bayi meraba dan merayap di dada ibu untuk menemukan puting ibu. Beri bayi kesempatan menyusu sendiri segera lahir selama minimal 1 jam.

Related Posts :

    Beri ASI Eksklusif
    Kenapa bayi harus diberi ASI eksklusif? Karena ASI berperan penting dalam tumbuh kembang bayi dan menjaga bayi tetap sehat dan cerdas. Bayi yang diberi ASI eksklusif akan lebih tangguh terhadap penyakit, daya tahannya jauh lebih bagus. Berikan ASI kepada bayi hingga usianya menginjak 6 bulan.

    MP ASI (Makanan Pendamping ASI)
    Setelah bayi usia 6 bulan, maka ibu bisa memberikan asupan makanan pendamping ASI, namun tetap berikan ASI pada anak hingga usianya menginjak 2 tahun.

    Ajarkan Anak Hidup Bersih

    Bagi para orang tua, sebaiknya terapkan hidup sehat pada anak sejak usia dini dengan cara mengajarkannya untuk hidup bersih, apalagi pada saat anak sudah mulai merangkak dan berjalan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pengajaran dengan cara mengajarkan buah hati Anda untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan.

    Berikan Asupan Makanan Bergizi
    Dalam periode emas ini, sebaiknya Anda sebagai orang tua untuk memberikan asupan makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi, karena hal ini bisa menunjang kecerdasan anak. Selain itu, ajarkan pula anak untuk menyantap makanan dengan gizi seimbang dengan makanan kaya vitamin, mineral dan serat dari buah dan sayuran.

    Nah, maka dari itu penting sekali informasi kesehatan ini bagi para ibu muda yang kini sedang merawat buah hati tercintanya. Semoga artikel di curhat bidan ini bisa memberikan pelajaran berharga dan bermanfaat untuk Anda semua, dan terimakasih telah mengunjungi situs kami.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 23, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan payudara

  • Oleh : Eva Rahmawati
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya mau tanya untuk menghilangkan benjolan payudara gimana ya dok? Payudara sebelah kiri saya ada benjolan tp tidak sakit, kalo kata dokter yg periksa saya waktu itu. Katanya itu kelebihan hormon

    Berapa usia kehamilan saya

  • Oleh : Susanti Shanty
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    HPHT 5 November

  • Oleh : Susanti Shanty
  • Apakah saya hamil?

  • Oleh : Desy Silvy
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok Bln 1 tgl 1-5 sya m dan BulN 1 tgl 28-1 m lgi. BulN 2 tgl 14 15 sy berhubungan tgl 24-27 saya m. Sampek bulan 4 tgl 3 sy blm dpt tadi pgi saya test gari dua. Pa itu positif

  • Oleh : Desy Silvy
  • kehamilan

  • Oleh : fitri syifa
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    saya mengalami pendarahan apakah saya masi positif hamil

  • Oleh : fitri syifa
  • Ejakulasi terlalu cepat

  • Oleh : Aldi Ferdian
  • 5 tahun yang lalu

    Bu, aku mau tanya. Umur saya 22 tahun. Bu, saya merasa kalau saya mengalami ejakulasi dini. Saya merasa kalau saya mengalami ini karena sering melakukan onani. Ingin rasanya berhenti, tapi sangat sulit.

    Baru onani sebentar, saya sudah ejakulasi dengan cepat. Yang saya khawatirkan, bila nanti saya menikah, saya takut tidak bisa melakukan hubungan seks yang lama dengan pasangan saya. Dan juga setelah saya melakukan onani, saya merasa sangat lemas sekali. Seperti ingin pingsan.

    Apakah menurut ibu, saya mengalami gangguan yang parah?

    Tanya Bidan