×

Cara Nyaman Menyusui Bayi Kembar Di Waktu Yang Bersamaan

Bagikan Artikel :

Cara Nyaman Menyusui Bayi Kembar Di Waktu Yang Bersamaan

Menyusui satu bayi saja terkadang bunda mengalami kesulitan. Pasalnya menyusui bukan sekedar menempelkan putting ke mulut bayi. Tapi mengenai posisi, pelekatan, waktu dan kenyamanan saat menyusu.

Lalu bagaimana dengan menyusui dua bayi, mungkin kesulitan yang dialami bisa dua kali lipat bahkan lebih. Apalagi jika bayi minta menyusu secara bersamaan.meskipun menyusui bayi kembar secara bersamaan menghemat waktu dan efisien. Tapi menyusui dua bayi sekaligus memang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika belum terbiasa. Berikut ini adalah beberapa cara dan posisi yang bisa Bunda coba untuk menyusui bayi kembar! disimak ya…

Cara Nyaman Menyusui Bayi Kembar Secara Bersamaan

  1. Posisi silang (double-cradle hold)
    Dalam posisi duduk, timang Si Kembar di tangan kanan dan kiri Bunda. Kemudian, posisikan kedua pasang kaki Si Kembar bertindihan di depan badan Bunda. Pastikan kepala Si Kembar sejajar payudara dan bisa mencapai puting Bunda.
  2. Posisi seperti mengimpit 2 tas di ketiak (double-clutch)
    Di sofa ataupun tempat tidur, tempatkan bantal di kedua sisi tubuh Bunda, lalu letakkan Si Kembar di bantal dengan posisi kepala di depan payudara, sementara kakinya berada di pinggang dan melewati ketiak Bunda.
    Kemudian, impit lembut badan mereka menggunakan siku seperti sedang mengimpit tas pesta di ketiak. Tempatkan telapak tangan di belakang kepala masing-masing bayi untuk menyokong dan menjaga kepala mereka sejajar dengan puting.
  3. Posisi kombinasi (cradle-clutch)
    Posisi ini merupakan kombinasi dari kedua posisi di atas. Salah satu bayi diimpit di ketiak, dan yang satunya lagi diposisikan di pangkuan.
  4. Menggunakan bantal menyusui khusus untuk bayi kembar
    Untuk mempermudah, Bunda bisa melakukan cara-cara di atas menggunakan bantal khusus untuk menyusui bayi kembar. Bila tidak punya bantal ini, Bunda bisa menyiasatinya dengan menggulung handuk atau selimut sebagai penopang. Dengan sokongan bantal ini, gerakan Bunda akan lebih leluasa dan mudah saat menyusui.
    Pastikan bayi menyusu pada payudara yang berbeda setiap harinya. Misalnya, hari ini Si Kakak menyusu di payudara kanan dan Si Adik menyusu di payudara kiri, maka besoknya susui Si Kakak di payudara kiri dan Si Adik di payudara kanan.
    Hal ini penting agar tubuh memproduksi jumlah susu yang sama di kedua payudara dan mengurangi risiko tersumbatnya saluran susu, terutama bila salah satu bayi menyusu lebih banyak daripada bayi yang lain. Selain itu, dengan mengganti pemandangan bayi tiap menyusu, matanya akan lebih sering terlatih dan terstimulasi.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 14, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sakit payudara

  • Oleh : Mhocye Uchlud
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok saya sering mengalalami sakit payudara setlah haid 1 mnggu
    Dan akan berhnti sakitnya pas mau haid 1mnggu itu knpa yah dok

  • Oleh : Mhocye Uchlud
  • Tanda2keperawanan

  • Oleh : Abdul Ghofar
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Buk dokter
    seorang wanita memiliki puting susu yang besar serta pinggul nya juga agak besar apakah wanita itu sudah pernah melakukan hubungan intim

    tanda hamil yang berangsur hilang

  • Oleh : rahayu latifa
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    dok,saya telat haid 11 hari. saya sering mengkonsumsi makanan instan&minuman berkafein.
    saat saya test , menunjukan positif hamil. tetapi rasa nyeri di payudara saya berangsur menghilang. mual berlebihan, lemas, ada tanda tanda anemia di tubuh saya, perut sangat kram pada satu sisi,sulit tidur

    apakah ini normal dok? atau ada hal lain yg menyebabkan tanda tanda itu muncul?
    atau karena pola hidup saya yang tidak sehat? apakah membahayakan janin?.

    terimakasih.

  • Oleh : rahayu latifa
  • Belum bisa tengkurap

  • Oleh : Yuli Awalia
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, kenapa yah anak saya 5bulan 11 hari blum bisa tengkurap sendiri

  • Oleh : Yuli Awalia
  • Tentang kehamilan

  • Oleh : My Future
  • 2 tahun yang lalu

    Kaka saya telat mens dok dan dia belum pernah sama sekali berhubungan badan,akan tetapi dia melihat channel dokter tentang keputihan yang ada bercak darah dok,dia udah telat dan hanya sekali keputihan dan ada bercak darahnya dok,apa itu hamil dok??

  • Oleh : My Future
  • Tanya Bidan