×

Cara Sederhana Menstimulasi Kecerdasan Bayi

Bagikan Artikel :

Cara Sederhana Menstimulasi Kecerdasan Bayi

Menstimulasi bayi bisa dilakukan sejak dini lho bun!. Bentuk stimulasinya juga dari hal-hal sederhan. Bunda sudah tahu caranya?. Nah kali ini Bidan Citra bakalan share cara menstimulasi kecerdasan bayi. Jangan lupa lakukan dan semangat ya Bunda.

Tips Yang Harus Bunda Lakukan

  1. Hindari TV dan gadget
    Diusia bayi sebaiknya perbanyak waktu dengan kasih sayang secara langsung bersama keluarga terutama orang tua.
  2. Usahakan pemberian ASI minimal 6 bulan
    Pemberian ASI saat 6 bulan ini wajib diberikan tanpa tambahan makanan lain. Ketika sudah lebih dari 6 bulan boleh diberikan makanan pendamping ASI.
  3. Bacakan buku sejak dini
    Meskipun bayi Anda belum memahami semua kosa kata, bacakan buku cerita minimal satu kali dalam sehari untuk merangsang otak
  4. Respon tangisnya dengan memeluk dan menenangkannya
    Cara tersebut akan membuat anak merasa aman dan mengirimkan sinyal positif ke otak. Beberapa studi juga mengatakan bahwa respon orangtua yang positif saat anak menangis akan menghindarkannya dari stres di kemudian hari.
  5. Pijatlah tubuh anak untuk mengurangi stres, meningkatkan kesehatan, dan membuat merasa aman
    Sebuah riset menujukkan, bayi prematur yang dipijat 3 kali sehari, meninggalkan rumah sakit lebih cepat dibanding bayi yang tidak pernah dipijat.
  6. Respon ocehan anak dengan bahasa dan suara yang jelas
    Meski ia belum mengerti apa yang Anda ucapkan. Area di otak untuk memahami dan menghasilkan bahasa membutuhkan perbedaharaan kata yang banyak. Dengan Anda sering mengajaknya bicara, ia tidak saja akan terampil berbicara, tapi juga mengemukakan alasan dan membuat rencana.
  7. Beri perhatian serius saat anak menunjuk sebuah benda yang menarik perhatiannya
    Lalu ucapkan dengan kata yang jelas. Misalnya saat anak menunjuk cicak, katakan, “Anak cicak itu sedang bermain.” Perhatian Anda akan membuat ia merasa penting. karena Anda merespon apa yang menjadi perhatiannya.
  8. Beri ruang yang aman untuk merangkak,
    Karena dengan merangkak anak belajar tentang ruang, atas, bawah, dekat, dan jauh. Aktivitas itu juga akan mengasah kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan dan merasa nyaman di dalamnya.
  9. Ajaklah anak menyanyi
    Seperti “Kalau Kau Suka Hati” atau “Itsy Bitsy Spider”. Gerak tubuh dan jemari akan membantu anak menyatukan antara suara dengan gerak motorik kasar dan halus. Menyanyi juga bisa membuat anak belajar tentang ritme, rhyme, dan pola bahasa.

Bayi Yang Cerdas Akan Menjadi Kebanggan Bagi Bunda

Bunda, bukannya bayi yang cerdas akan menjadi kebanggan bagi bunda sendiri betul ?. Nah untuk mendapatkan hal ini tidak lah instan. Bunda perlu melakukan tips-tips tadi dengan terus menerus tanpa bosan.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 21, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan Setelah KB

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Konsultasi

  • Oleh : Nofi Ariyanti
  • 2 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum ibu bidan, jika haid saya tanggal nya tdk teratur, dan ketika cek sperma suami sy ternyata oligoasthenoteratozoospermia (oat), apakah sy dan suami masih bisa memiliki momongan dg cara promil alami??

    Makan dalam proses tahapan persalinan, bolehkah?

  • Oleh : Reny Anggra
  • 4 tahun yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saya mau tanya, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Reny Anggra
  • Cara Untuk Menghilangkan Luka Yang Hitam

  • Oleh : Opik Taufik
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi dok. Saya memiliki bekas luka yang memang cukup hitam dibagian kulit dan susah sekali untuk hilang. Saya mau bertanya, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan masalah kulit hitam ini pada kulit agar seperti warna kulit semula? Jika ada, bagai mana caranya?

  • Oleh : Opik Taufik
  • Agar Tubuh Sehat dan Ideal Meskipun Bekerja Seharian

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • 3 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya Yesa dari losarang mau tanya tentang kesehatan wanita, bagaimana sih cara agar tubuh kita tetap sehat, fit, ideal meskipun kesibukan kita penuh dari pagi sampai sore. Ditunggu jwabanya bu bida terimakasih

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • Tanya Bidan