×

Ciri Sabun Yang Aman Untuk Bayi Baru Lahir

Bagikan Artikel :

Ciri Sabun Yang Aman Untuk Bayi Baru Lahir

Kondisi kulit bayi baru lahir tidak bisa disamakan dengan kulit orang dewasa. Perawatan pun harus berbeda. Hal ini karena kulit bayi masih tipis dan belum berkembang dengan sempurna sehingga kulit bayi rentan mengalami iritasi dan infeksi bila produk sabun tidak sesuai. baiknya Bunda tidak boleh sembarangan dalam membersihkan kulit Si Kecil. Produk-produk pembersih kulit yang dipakai juga tidak boleh asal pilih.

Tahukah bun, salah memilih produk sabun dapat memciu pertumbuhan bakteri jahat penyebab iritasi hingga dermatitis. Maka jangan pilih sabun dengan pH yang tinggi unuk memandikan si Kecil. Selain itu ada beberapa dampak jika bayi tidak cocok terhadap sabun mandi. Salah satunya yaitu :

Related Posts :
    1. Ruam kemerahan
      Munculnya ruam atau benjolan kecil berwarna merah bisa jadi merupakan gejala bayi mengalami alergi. Menurut National Eczema Association, bayi yang berusia kurang dari 6 bulan cenderung mengalami ruam di kulit kepala, wajah, dan dahi. Sementara pada bayi usia 6 bulan hingga 1 tahun, ruam sering muncul di bagian lutut dan siku.
    2. Gatal-gatal
      Coba perhatikan, apakah bayi berusaha menggaruk tubuhnya? Ketika mengalami alergi, sel-sel dalam tubuh akan melepaskan zat kimia histamin yang menyebabkan reaksi gatal-gatal.
    3. Kulit kering
      Kulit yang kering dan bersisik juga merupakan tanda Si Kecil sedang mengalami alergi. Kondisi ini membuat kulit bayi rusak apalagi kalau digaruk. Kalau ciri-ciri di atas terjadi tidak lama setelah Si Kecil mandi, atau baru-baru ini mengganti sabun mandinya, maka bisa jadi sabun itulah yang menjadi penyebabnya. Kalau demikian, perlu menggantinya dengan sabun bayi yang lebih alami dan lembut.

    Tips Memilih Sabun Bayi Baru Lahir

    1. Pastikan sabun memiliki pH antara 3,5-5,5 agar tidak menyebabkan kulit kering
    2. Pilih yang berbahan hypoallergenic agar dapat digunakan setiap hari
    3. Gunakan sabun dengan kandungan lactic acid yang melembabkan dan lactoserum dengan ekstra susu yang dapat membersihkan dengan lembut kulit si Kecil.

    Kandungan Pada Sabun Yang Dapat Membahayakan Kulit Bayi

    1. Antiseptik
    2. Deodoran
    3. Sodium laureth sulphate
    4. Sodium lauryl sulphate
    5. Phthalate
    6. Paraben

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 9, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Maternitas

  • Oleh : Laela Cahyana
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, bu saya udah telat haid 19 hari biasanya bulan² kemarin haid lancar dan selama setahun nikah saya gak pernah ikut program Kb atau yang lain nya, maaf bu pertanyaan saya sedikit jorok waktu tadi pagi saya kira haid soalnya miss V basa banget, pas saya colek pake tissue ternyata kaya keputihan kentel banget bu? Dan saya belum coba tespack, apa kemungkinan saya hamil bu?

    Keputihan

  • Oleh : Hilya Elzima
  • 3 minggu yang lalu

    Hari ke 8 haid lendir servix saya meningkat hingga hari ke 10 kadang lebih.
    Keputihan banyak, berwarna bening namun bersererat putih susu (banyak sekali) tidak gatal juga tidak bau, namun disertai bercak darah segar namun sedikit..

  • Oleh : Hilya Elzima
  • Ciri ciri ke guguran

  • Oleh : wildalaughlin5
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok apa bisa orng yg hamil baru 20 hari bisa keguguran.
    Dan apa saja ciri² keguguran tersebut dok .apa yg kluar pada saat keguguran hamil 20 hari apakah hanya drh yg kluar / sdh bentuk dok

    Seputar payudarah

  • Oleh : Risma Syifa
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum. Malam bu bidan, saya mau tanya sempat beberapa kali puting saya mengeluarkan bercah putih sehabis mandi tapi alhamdulillah sudah lama tidak. Tapi kalo sama melakukan sadari alhamdulillah tidak ada keluar cairan seperti yang bu bidan katakan diyoutube. Itu kenapa ya bu?

    Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Tanya Bidan