×

Hal Yang Harus Dilakukan Orang Tua Untuk Kesehatan Bayi-nya

Bagikan Artikel :

Bidan Online | Mempunyai buah hati yang yang terlahir sehat dan sempurna memang impian semua orang tua. Iya, Bayi memang akan membawa kebahagiaan dan keceriaan dalam sebuah keluarga. Untuk hal ini, para orang tua akan melakukan upaya apa saja untuk buah hatinya dari mulai kecil hingga dewasa nanti. Tapi memang, terkadang ada saja kondisi dimana para orang tua harus menerima takdir memiliki bayi yang baru lahir tidak sempurna atau tidak sehat. Kondisi seorang bayi yang terlahir cacat pada hal nya tidak bisa dicegah. Karena Allah SWT yang sudah menentukan segalanya. Sedangkan kita sebagai manusia hanya bisa berdo’a dan berikhtiar.

Nah, Untuk anda yang baru melahirkan seorang bayi yang sehat, Jaga kesehatan bayi anda. Karena Suatu hal yang kecil pun bisa saja berakibat fatal bagi kesehatan bayi dan anak. Untuk mengetahui apa saja hal tersebut, Berikut di bawah ini :

Hal Yang Harus Dilakukan Orang Tua Untuk Kesehatan Bayi-nya.

1. Berdo’a dan Berikhtiar

Rajinlah para orang tua untuk berdoa’a sebagai ikhtiar yang pertama pada sang Maha Pencipta. Jika anda seorang muslim berdoalah dengan membaca surat Al-Qur’an seperti QS.Al-Imran ayat 38, QS.Al-furqon 72 selain itu bisa juga dengan bahasa sendiri, Mintalah agar kita semua diberi kesehatan secara jasmani dan rohaninya.

2. Tidak Meninggalkan Bayi Sendirian
Akan berakibat buruk yang tidak pernah diduga sebelumnya dalam waktu satu detik saja, Untuk itu jangan pernah tinggalkan bayi atau bahkan anak balita yang sudah mulai mengenal lingkungan sekitarnya.

3. Tidak Menyepelekan Kesehatan Bayi
Semua orang tua pastinya menjadikan anak sebagai prioritas utama dibandingkan dengan apapun. Untuk itu jika si kecil terserang gejala-gejala yang tidak biasa, segerlah untuk pergi ke dokter dan jangan pernah berspekulasi.

4. Tidak Mengabaikan Tangisan Si Kecil
Bayi memang mudah menangis, terumata pada saat si kecil berinjak pada tahun-tahun pertamanya. Si Kecil menangis bisa jadi ia lapar, sakit atau apa saja yang tidak bisa dijelaskan oleh Si kecil. Jika orang tua mendengar tangisan anak tidak seperti biasanya, segerlah untuk cek kesehatan bayi untuk memastikan masalah apa yang terjadi.

Related Posts :

    5. Tidak Mengabaikan Ekspresi Bayi
    Si kecil mungkin memang belum bisa berbicara, tapi ia bisa saja mengekspresikan diri. Cobala untuk para orang tua lebih perhatikan saat tingkah laku si kecil yang tidak biasa, atau malah menunjukan ekspresi wajah yang berbeda. Bunda tau ? Memberi respon terhadap reaksi bayi secepat mungkin ternyata bisa mempererat bonding antara orang tua dengan anak.

    6. Tidak Membawa Bayi Dengan Sepeda Motor
    Hal inilah yang sering terjadi di Negri kita ini. Apalagi jika si kecil sudah bisa duduk sendiri. Dan biasanya ia duduk di depan. Sebenarnya membawa anak dengan sepeda motor bukanlah hal yang aman. Si kecil umumnya masih belum bisa duduk dengan tenang dalam waktu yang cukup lama, juga keseimbangan tubuh mereka belum terbangung dengan sempurna. Jadi akan lebih baik jika membawa sepeda motor tidak membawa si kecil.

    7. Tidak Bertengkar Di Depan Bayi
    Si kecil masih sangat sensitif lho, jika orang tua bertengkar di depannya maka hormon penyebab stress dan tekanan darah si kecil akan meningkat. Selain itu si kecil akan mudah rewel dan pola tidurnya bisa saja tergganggu.

    8. Tidak Menakut-nakuti Anak
    Orang tua biasanya menakut-nakuti anaknya agar anak tersebut bisa lebih mendengarkan orang tua nya. Menakuti anak supaya ia patuh bukanlah hal yang bijak. Malah bisa menjadikan keadaan yang sebaliknya dari tujuan orang tua.

    9. Buatlah Kondisi Rumah Yang Aman Untuk Bayi
    Hal ini sangatlah penting bagi kalian yang memiliki anak kecil, terutama saat ia sudah merangkak atau berjalan. Pastikan ia aman berada dirumahnya seperti stop kontak, handphone, barang mudah pecah dan lain-lain.

    10. Tidak Ceroboh Saat Menggendong Bayi
    Struktur tubuh bayi ini masihlah sangat lunak. untuk itu harusalah berhati-hati ketika menggendong anak. Pastikan kita menyangga kepala dan leher nya saat menggendong. Jangan biarkan anak kecil lain untuk menggendongnya.

    Nah itulah Hal Yang Harus Dilakukan Orang Tua Untuk Kesehatan Bayi-nya. Tentunya kita sebagai orang tua selalu berharap agar buah hati kita tetap aman dan sehat. Untuk itu mulailah menjaga buah hati kita dengan benar, karena hal yang kecil saja bisa berakibat buruk bagi si kecil. Semoga Bermanfaat :))

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 16, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berapa lama keputihan yang di alami masa remaja yang umur 16 tahun..?

  • Oleh : Dinda Febrianti
  • 7 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau tanya saya mulai keputihan pada saat saya sudah umur 14 tahun itu saya kelas 2 SMP sampek sekarang saya kelas 1 SMA belum berhenti juga keputihan saya..gimana bu bidan solusinya..?dan itu pun saya sekarang udah umur 16 tahun tapi belum mendapatkan menstruasi..dan berat badan saya sekarang 20kg apa itu juga berpengaruh dalam menstruasinya..?

  • Oleh : Dinda Febrianti
  • tetang wanita hamil

  • Oleh : redi redi
  • 6 bulan, 4 minggu yang lalu

    ibu bidan mau tanya kemarin baru melakukan hubungan intim,kemarin itu kan penis dimasukan kevagina paling baru lima detik.karna siwanita kesakitan jadi penis saya keluarin ,akan terjadi hamil pada siwanita atau tidak ya bu?

    bahaya dari placenta previa

  • Oleh : Alesha Zahra
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Pagi ibu bidan, saya mau tau apa sih bahaya dari placenta previa pada kehamilan?ditunggu jawabannya, terima kasih

    Menstuasi

  • Oleh : Humaira Humaira
  • 6 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok, saya mau konsul, saya sudah tidak ada menstruasi selama 2 bulan, tapi stelah dua bulan tidak ada menstruasi keluar bercak hitam selama 30 hari, keluarnya tidak banyak dok cuman sedikit, tapi saya takut apa itu penyakit.karena keluarnya seperti lem, lengket gitu dok.hanya itu
    Terimakasih dok

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Ria Nuarita
  • 6 bulan, 4 minggu yang lalu

    Selamat mlm dok . Nama sya Ria . Sya sudh brklwrga dan mmpunyai seorng ank. 1 thun lalu sya mngalami k guguran dan curet . Sya slalu cb promil tapi hsil ny slalu kurng memuaskn . Sudh 3 buln ini menstruasi sya tidak tratur . 3 bln lalu sya tlat haid 3 minggu sya cb tespek hsil ny negatif, lalu bsok ny haid. 2bln lalu sya jg tlat haid 15hri dan cb lg tespek hsil ny negatif jg, bsok ny haid . Dan skrng ini sya sudh tlat haid 3 minggu dok, smpe skrng pun sya blm haid. Sya cb tespek bbrp x hsil ny slalu negatif…. tapi akhir” ini sya suka ngrsa mual, pusing, gmpng cpe, ngntuk brlbihn, payudara mulai skit.
    Yg sya mau tnyakn adlh. Knp slma bbrp buln ini bsa sprty ini?? Mohn bantuan ny dok untk mnjawb …
    Trimakasih …

    Tanya Bidan