×

Haruskah Mencuci Pakaian Bayi Dengan Deterjen Khusus?

Bagikan Artikel :

Haruskah Mencuci Pakaian Bayi Dengan Deterjen Khusus?

Kulit bayi memang masih sensitive sehingga mudah mengalami masalah kulit seperti ruam, eksim, mongolia spot dan lain-lain. Untuk itu anda perlu memerhatikan perawatan tubuhnya mulai dari sabun mandi, jenis bahan pakaian yang akan digunakan, hingga produk detergen khusus yang digunakan untuk mencuci baju bayi.

Memang harga deterjen khusus bayi dinilai cukup tinggi dibanding deterjen biasa dan juga tidak cukup ampuh menghilangkan noda. Tapi deterjen khusus bayi ini sangat lembut dan cocok untuk keadaan kulit bayi yang masih sangat sensitive.

Haruskah Menggunakan Deterjen Khusus Bayi?

Pada dasarnya jika bayi tidak memiliki alergi atau kulit yang terlalu sensitif, boleh saja memakai deterjen biasa. Jika Anda ingin memakai deterjen biasa, pilihlah yang berbentuk cair karena lebih gampang dibilas. Sedangkan deterjen bubuk cenderung meninggalkan residu pada bahan pakaian yang bisa mengiritasi kulit bayi.

Cara Memastikan Kulit Bayi Tidak Sensitif Terhadap Deterjen Biasa

Untuk memastikan kulit bayi tidak sensitif terhadap deterjen biasa, cobalah mencuci satu atau dua pakaian bayi dengan deterjen biasa. Jika kulit bayi tak ada masalah, maka bisa dilanjutkan. Tapi perlu diingat Anda harus mengulang beberapa kali proses pembilasan sampai benar-benar bersih. Jangan sampai meninggalkan sisa-sisa sabun.

Gejala-Gejala Iritasi Pada Kulit Bayi Jika Sensitive Terhadap Deterjen Biasa

Gejala iritasi pada kulit bayi ditandai dengan bercak kemerahan atau gatal-gatal. Jika ini yang terjadi cobalah memilih deterjen yang tidak mengandung pengharum.

Waspadai juga bila bayi menunjukkan gejala eksim yang ditandai dengan kulit merah, kulit kering, terutama di bagian sekitar wajah, siku dan tumit. Konsultasikan pada dokter untuk meminta terapi pengobatan dan produk perawatan kulit yang sesuai. Bayi yang menderita eksim atau dermatitis atopik biasanya juga sensitif pada bahan-bahan yang terdapat dalam deterjen pakaian, sabun dan juga losion.

Cara Mencuci Baju Bayi Yang Tepat

Tak hanya memilih detergen saja, cara mencucinya juga harus Anda perhatikan, tidak bisa sembarangan. Berikut adalah beberapa tips mencuci pakaian si kecil:

• Pisahkan baju yang kena kotoran dan tidak. Hal ini dilakukan agar baju yang kotor bisa Anda cuci sampai bersih dan kotorannya tak mengenai baju lainnya.
• Gunakan air dengan suhu yang tepat. Anda sebaiknya merendam pakaian bayi yang kotor dengan air panas selama 10-15 menit sebelum dicuci.
• Hindari menggunakan pelembut dan pewangi pakaian. Biasanya produk tersebut memiliki zat kimia yang dapat membuat kulit si kecil iritasi dan alergi.
• Keringkan baju bayi di bawah terik matahari. Jangan hanya mengandalkan mesin pengering saja, setelah dikeringkan sebaiknya tetap jemur pakaian si kecil di bawah sinar matahari agar tidak lembap dan tumbuh jamur.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 8, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Impotensi

  • Oleh : Eko Priono
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, saya kalo pagi hari ereksi, tp kalo kalo udah sore ereksi tp cuma sebentar, untuk obat yang aman menyembuhkan impoten apa dok

    kehamilan

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat Pagi dok,

    istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
    kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
    apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

    dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
    saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

    mohon jawabannya Dok,

    salam,

    Masalah Haid

  • Oleh : saharani nur
  • 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu,maaf saya mau tanya! saya berusia 19thn terakhir haid itu sebelun Ramadan kemarin trus sampai Sekarang blm haid juga. itu gimana ya bu?

  • Oleh : saharani nur
  • Tentang kehamilan

  • Oleh : My Future
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Kaka saya telat mens dok dan dia belum pernah sama sekali berhubungan badan,akan tetapi dia melihat channel dokter tentang keputihan yang ada bercak darah dok,dia udah telat dan hanya sekali keputihan dan ada bercak darahnya dok,apa itu hamil dok??

  • Oleh : My Future
  • Nyeri Bagian Perut

  • Oleh : Lia Rachma
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Saya wanita beru,ur 21 Tahun, mau bertanya kenapa ya kalau saya telat makan atau makan pedas perut saya sering panas dan juga keras dibagian perut sebelah kanan dan juga pusar. Apakah ini merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang berbahaya?

    Tanya Bidan