×

Ini Lho Alasan Bayi Takut Menginjak Rumput

Bagikan Artikel :

Ini Lho Alasan Bayi Takut Menginjak Rumput

Mungkin sesuatu yang lucu dan menggemaskan ketika melihat ekspresi bayi yang takut ketika mengnjak rumput. Malah kita suka dengan sengaja memegang kakinya agar menyentuh rumput. Jangan salah lho bun, ternyata hal tersebut bisa dijelaskan secara medis.

Coba Bunda bayangkan, saat belum pernah melihat sesuatu, apa yang Bunda bayangkan? Selain kening berkerut, pasti ada sedikit rasa takut. Begitu pun dengan bayi dan rumput. Terbiasa tidur di alas empuk dan lembut, Si Kecil akan menunjukkan ekspresi terkejut saat pertama kali menginjakkan kakinya di atas rumput.

Alasan Bayi Takut Menginjak Rumput

Ibu pasti berpikiran bahwa sensasi gatal dan berduri rumput yang menyebabkan bayi takut. Namun, fenomena ini sebenarnya disebabkan oleh respon yang berlebihan dari sensor saraf bayi. Respon yang berlebihan tersebut disebabkan oleh rasa kaget Si Kecil yang baru pertama kali melihat dan merasakan rumput. Bayi seringkali terlihat takut untuk menyentuh benda yang terlihat asing karena Si Kecil akan berpikiran bahwa benda tersebut berbahaya atau membuat dirinya geli. Akibatnya, bayi akan mengeluarkan mekanisme perlindungan diri dan berusaha menjauhi benda tersebut.

Hal ini memiliki kesamaan dengan seseorang yang mungkin tinggal terlalu lama di negara tropis lalu mendadak merasakan salju. Begitulah rasanya menjadi bayi yang baru pertama kali melihat rumput. Namun, tidak semua bayi akan memberikan reaksi yang sama terhadap benda baru yang dilihatnya. Ada yang menangis saat menyentuh rumput, ada juga yang tertawa dan terlihat senang.

Pada bulan-bulan awal usia bayi, terjadi banyak pertumbuhan dalam tubuh Si Kecil. Salah satunya adalah sistem saraf dan motorik bayi. Pertumbuhan ini berlangsung sangat cepat dan menyebabkan perkembangan terhadap sensor saraf bayi, hingga bayi dapat mengenal berbagai suara, sensasi, dan peningkatan penglihatan. Bayi yang berusia lebih dari 7 bulan tentu lebih memiliki rasa peka terhadap sekitarnya. Hal ini juga menjadi alasan mengapa bayi pada usia tersebut, tidak ingin digendong oleh orang yang tidak dikenalnya, karena kemunculan stranger anxiety (rasa gelisah pada orang asing).

Hal Yang Harus Dilakukan Bunda

Pengenalan akan berbagai hal dan kegiatan baru terhadap di kecil Si Kecil sangat dianjurkan untuk ibu lakukan. Meskipun Si Kecil akan terlihat takut tetapi hal ini dilakukan agar Si Kecil tidak memiliki rasa takut yang berlebihan ketika mencoba hal baru saat memasuki usia balita. Ibu juga dapat mengajak bayi untuk berenang yang sebaiknya dilakukan ketika bayi sudah di atas 7 bulan. Semakin bertambah usia bayi, gerakan motoriknya juga makin banyak, hal ini tentunya menyebabkan kebutuhan nutrisi Si Kecil meningkat karena tubuhnya juga semakin besar.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 20, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    paha ngilu saat hamil

  • Oleh : Eci wulandari
  • 4 tahun yang lalu

    bu bidan saat ini saya hamil 7 bulan, saya sering mengalami sakit di bagian bokong,pinggang,paha sama perut bagian bawah.. itu kenapa ya bu? apakah berbahaya apa tidak ?perut saya pun suka terasa kencang dan keras

    Saya mau bertanya tantang kehamilan saya buk

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • 9 bulan, 3 minggu yang lalu

    Asalamualikum buk saya mau bertanya saya kan hpht tanggal 25 september buk saya tp tanggal 5 oktober hasil nya positif buk sya sampai tes 2 kali trus tnggal 9 sya keluar darah slam 3 hari kyak hait dan saya tp masih 2 gris nya jarak nya 2 minggu setelah berdarh dan sya tp kmarin kok bisa gris satu buk dan sya sampai sekarng jga ngak ada keluar darah lagi bun tpi perut smakin besar tolong penjelasan nya buk terimakasih

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • Keluarnya bercak darah

  • Oleh : ade
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

    menstruasi yang tidak normal

  • Oleh : Intan Nuraini
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    assalamualaikum bu bidan saya boleh nanya? sebelumnya kenalin nama saya intan umur 14 tahun keluhannya saya sudah 1 setengah tahun tidak mens apakah itu wajar? terakhir saya mens itu kelas 8 kemarin bu bidan

    penyebabnya apa ya bu terimakasih

  • Oleh : Intan Nuraini
  • Nyeri Pada Payudara

  • Oleh : Evi Ratnasari
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok mau tanya terkait nyeri pada panyudara, saya sudah mengalami beberapa hari ini diluar siklus mensturasi, nyerinya kadang-kadang muncul tapi kadang – kadang tidak, itu disebabkan kenapa ya dok?

    Mohon untuk dijelaskan terkait benjolan pada payudara itu maksudnya apakah timbul seperti bisul atau habis terkena gigitan atau seperti apa ya dok yang dimaksud benjolan?

    Terimakasih

  • Oleh : Evi Ratnasari
  • Tanya Bidan