×

Ini Lho Alasan Bayi Takut Menginjak Rumput

Bagikan Artikel :

Ini Lho Alasan Bayi Takut Menginjak Rumput

Mungkin sesuatu yang lucu dan menggemaskan ketika melihat ekspresi bayi yang takut ketika mengnjak rumput. Malah kita suka dengan sengaja memegang kakinya agar menyentuh rumput. Jangan salah lho bun, ternyata hal tersebut bisa dijelaskan secara medis.

Coba Bunda bayangkan, saat belum pernah melihat sesuatu, apa yang Bunda bayangkan? Selain kening berkerut, pasti ada sedikit rasa takut. Begitu pun dengan bayi dan rumput. Terbiasa tidur di alas empuk dan lembut, Si Kecil akan menunjukkan ekspresi terkejut saat pertama kali menginjakkan kakinya di atas rumput.

Related Posts :

    Alasan Bayi Takut Menginjak Rumput

    Ibu pasti berpikiran bahwa sensasi gatal dan berduri rumput yang menyebabkan bayi takut. Namun, fenomena ini sebenarnya disebabkan oleh respon yang berlebihan dari sensor saraf bayi. Respon yang berlebihan tersebut disebabkan oleh rasa kaget Si Kecil yang baru pertama kali melihat dan merasakan rumput. Bayi seringkali terlihat takut untuk menyentuh benda yang terlihat asing karena Si Kecil akan berpikiran bahwa benda tersebut berbahaya atau membuat dirinya geli. Akibatnya, bayi akan mengeluarkan mekanisme perlindungan diri dan berusaha menjauhi benda tersebut.

    Hal ini memiliki kesamaan dengan seseorang yang mungkin tinggal terlalu lama di negara tropis lalu mendadak merasakan salju. Begitulah rasanya menjadi bayi yang baru pertama kali melihat rumput. Namun, tidak semua bayi akan memberikan reaksi yang sama terhadap benda baru yang dilihatnya. Ada yang menangis saat menyentuh rumput, ada juga yang tertawa dan terlihat senang.

    Pada bulan-bulan awal usia bayi, terjadi banyak pertumbuhan dalam tubuh Si Kecil. Salah satunya adalah sistem saraf dan motorik bayi. Pertumbuhan ini berlangsung sangat cepat dan menyebabkan perkembangan terhadap sensor saraf bayi, hingga bayi dapat mengenal berbagai suara, sensasi, dan peningkatan penglihatan. Bayi yang berusia lebih dari 7 bulan tentu lebih memiliki rasa peka terhadap sekitarnya. Hal ini juga menjadi alasan mengapa bayi pada usia tersebut, tidak ingin digendong oleh orang yang tidak dikenalnya, karena kemunculan stranger anxiety (rasa gelisah pada orang asing).

    Hal Yang Harus Dilakukan Bunda

    Pengenalan akan berbagai hal dan kegiatan baru terhadap di kecil Si Kecil sangat dianjurkan untuk ibu lakukan. Meskipun Si Kecil akan terlihat takut tetapi hal ini dilakukan agar Si Kecil tidak memiliki rasa takut yang berlebihan ketika mencoba hal baru saat memasuki usia balita. Ibu juga dapat mengajak bayi untuk berenang yang sebaiknya dilakukan ketika bayi sudah di atas 7 bulan. Semakin bertambah usia bayi, gerakan motoriknya juga makin banyak, hal ini tentunya menyebabkan kebutuhan nutrisi Si Kecil meningkat karena tubuhnya juga semakin besar.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 20, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara Membuat Anak Mau Belajar di Rumah

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

    Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • Keputihan yang tidak kunjung sembuh

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • MASALAH HAID

  • Oleh : devi nirvana
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    bu bidan sy haid teratur siklus 28 hari..
    tpi haidya cuma sedikit/bercak selama 3 hari..
    apahkah itu bagus buat promil..
    atau adakah yg perlu di minum..
    terimakasi bu bidan

    Sekret vagina yeast Cell positif

  • Oleh : Eka Rosla
  • 2 tahun yang lalu

    Selamat siang ibu maav saya mau tanya.. kemarin saya periksa pengecatan gram keputihan hasilnya : epitel squamos :5-10/lpk leukosit :>100/lbp, dominasi MN kuman: batang, gram negatif clue Cell :negatif yeast Cell :positif.. ini maksudnya bagaimana ya Bu.. mohon penjelasan dan solusinya

    Keluhan

  • Oleh : Rosalinda Erina
  • 2 bulan, 1 minggu yang lalu

    Saya abis hs untuk yg pertama kli sm suami sy, stlh 2 jam kok sy mlh keluar darah ya.. sy ini knp?

  • Oleh : Rosalinda Erina
  • Tanya Bidan