×

Ini Lho Ciri-ciri Bayi Yang Cerdas

Bagikan Artikel :

Ini Lho Ciri-ciri Bayi Yang Cerdas

Kalau si baby pinter aja pasti bunda atau ayahnya bilang “dia aku banget”. Iya gak sih?. Tapi kalau anaknya lambat dalam tumbuh kembang jangan saling menyalahkan ya parent. Ingat! Tumbuh kembang anak berbeda-beda, pertumbuhan bisa dipengaruhi genetika atau nutrisi, sedangkan perkembangan bisa karena bakat alamiah atau stimulasi dari orang tua atau lingkungan sekitar. Walaupun memang pada kenyataanya kemampuan otak anak berbeda mulai dari retardasi mental,lambat menerima impuls, biasa, pintar, cerdas, dan jenius. Begitupun ada anak yang teralahir dengan kebutuhan khsus misalnya autis. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana lingkungan atau orang tua dapat menstimulasi sang anak. Bidan Citra kasih contoh ya anak cerdas sudah mampu berbicara dengan kemampuannya sendiri, sedangkan anak biasa saja akan lebih cepat apabila ibunya menstimulasi dengan giat, maka pada usia yang sama misalnya 1 tahun, mereka sama-sama bisa berbicara.

Related Posts :

    Jadi kondisi anak itu berbeda-beda, yang penting adalah orang tua yang paham bagaimana mengoptimalkan kemampuan sang anak. Alangkah baiknya apabila diikuti dengan buku atau pedoman cara menstimulasi anak.

    Ciri-ciri Bayi Yang Sehat

    1. Memiliki ingatan kuat
      Bayi yang cerdas akan memiliki ingatan yang kuat, ia tau dimana terakhir menyimpan mainanya sendiri.
    2. Melewati tahapan tumbuh kembang/milestone lebih cepat dibanding bayi seumurnya
      Tau gak si bun tentang milestone bayi? Milestone bayi adalah cara yang signifikan untuk mengatakan jika bayi berada di jalur dengan pertumbuhan fisik, kognitif dan emosional mereka.
      Namun, jika bayi Mama mencapai tonggak ini lebih awal dari teman sebayanya, maka ini bisa menjadi salah satu tanda bayi yang cerdas. Misalnya, bayi yang berumur tiga bulan sudah duduk sendiri. Atau ketika berumur 10 bulan sudah bisa mengucapkan beberapa kata dengan jelas.
    3. Memiliki fokus yang sangat baikxabay/2081671
      Bayi dan anak-anak kecil terkenal karena rentang perhatian pendek mereka. Luangkan waktu 15 menit dan beri mainan. Biasanya bayi hanya akan bertahan selama beberapa menit saja dan beralih ke mainan lainnya.
      Namun, salah satu tanda bayi yang cerdas adalah mereka dapat fokus pada sesuatu, misalnya mainan, untuk waktu yang lama pada usia yang sangat dini, biasanya sebelum usia enam bulan.
      Sebagai contoh, Mama mungkin melihat bayi berusia lima bulan fokus saat bermain dengan balok kayu tanpa terganggu. Atau dia mungkin duduk tenang Mama membaca seluruh buku, bahkan menunjuk gambar favorit mereka atau membalik halaman.
      Tips: Terus dorong untuk bermain dengan permainan seperti balok dan puzzle. Cobalah memberi bayi karpet berbentuk puzzle yang besar dan berwarna-warni untuk merangsang dan mendorong fokus mereka. Dan seperti biasa, teruslah membaca!
    4. Suka memecahkan masalah
      Jika bayi menunjukkan tanda-tanda pada bayi yang cerdas, maka jangan berharap dia akan mudah menyerah! Dengan kemampuan fokus yang ekstrem, bayi cerdas dikaruniai keterampilan memecahkan masalah yang luar biasa.
      Contohnya, Mama menyimpan makanan kecil favoritnya di lemari, si kecil kemungkinan akan menemukan cara yang cerdas untuk mencapai makanan tersebut.
      Dan sementara semua bayi menunjukkan keterampilan memecahkan masalah sesuai dengan milestone, seorang bayi cerdas akan menunjukkan keterampilan ini jauh lebih awal daripada teman sebayanya.
      Tips: Untuk mendorong keterampilan memecahkan masalah, buatlah “tantangan” mudah. Misalnya, Bunda dapat membuat labirin mini dari bantal atau guling dan menempatkan mainan di tengah. Kemudian bersoraklah pada bayi saat mereka mencari jalan melalui labirin ini untuk menemukan mainan.
    5. Menikmati kesendirian
      Kita tahu bahwa bayi adalah manusia kecil yang mudah bergaul dan jarang ingin ditinggal sendirian. Namun, salah satu tanda bayi yang cerdas adalah mereka sering lebih suka sendiri.
      Bunda akan melihat bayi dengan sangat senang bermain sendiri. Atau mungkin lebih suka ditemani anak-anak yang lebih tua daripada anak-anak sebaya mereka, untuk stimulasi emosional dan intelektual yang sedikit lebih maju.
      Tips: Ingatlah untuk tidak memaksa bayi untuk bermain dengan bayi lain jika mereka tidak suka. Tetapi pada saat yang sama, Mama dapat mendorong bayi Anda untuk bermain bersama teman-temannya, sehingga pengembangan keterampilan sosial tidak diabaikan.
    6. Sangat penasaran
      Ya, bayi bisa penasaran hal-hal kecil. Tetapi salah satu tanda bayi yang cerdas (sangat luar biasa) adalah bahwa pertanyaan mereka juga luar biasa. Pertanyaan mereka bisa sangat rumit sehingga membuat Mama bingung.
      Tips: Terkadang pertanyaan bisa mengganggu Bunda, misalnya jika diajukan ketika Bunda sedang sibuk. Tetapi cobalah untuk memberikan jawaban yang benar. Bersama dengan bayi Mama belajar adalah hal yang mengasyikkan, tidak ada kata terlalu tua atau muda untuk belajar.
    7. Berat badan lahir di atas rata-rata
      Hasil penelitian yang dilakukan oleh Trine Flensborg-Madsen dan Erik Lykke Mortensen di University of Copenhagen, ditemukan korelasi antara berat badan bayi saat dilahirkan dengan IQ. Bayi dengan berat badan saat lahir di atas rata-rata cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi.
      Sementara itu, lanjutkan memelihara otak bayi dengan ASI hingga mereka mencapai usia enam bulan, dan dengan makanan otak seperti alpukat dan ikan begitu mereka mulai makanan padat.
    8. Selalu waspada
      Salah satu tanda awal bayi yang cerdas adalah tingkat kewaspadaan yang tinggi. Bayi cerdas juga sangat sadar akan lingkungan dan orang-orang yang mereka sayangi, dengan cepat mengenali dan terikat dengan anggota keluarga.
      Mereka akan melakukan kontak mata dengan Mama sejak dini dan membalas dengan senyum atau tanda-tanda pengakuan lainnya, seperti mencium, memegang muka, atau memukul kecil.
      Tips: Tingkat kewaspadaan tinggi pada bayi mungkin dapat menyebabkan mereka lebih sulit tidur karena rangsangan lingkungan. Atasi ini dengan menciptakan lingkungan tidur yang tenang, gelap dan aman. Buat rutinitas sebelum tidur (memberi makan, mandi, cerita, tidur) untuk menenangkan bayi yang sangat waspada.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 12, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Perlengkapan Yang Harus Di Bawa

  • Oleh : Nurfah Putriie Sopiant
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang ibu bidan, nama saya aisyah. Saya mau bertanya tentang perlengkapan apa saja yang harus di persiapkan dan harus di bawa ke Ruma Sakit atau Bidan ketika saya melahirkan. Jujur saja, saat ini saya masih bingung perlengkapan bayi apa saja yang harus saya bawa saat melahirkan nanti. Mohon jawabannya dok 🙂

  • Oleh : Nurfah Putriie Sopiant
  • Kehamilan Setelah KB

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Payudara

  • Oleh : Nur Isti
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat malam.. Saya nur istiqomah dari kalimantan.. Saya sudah menonton cara sadari dari awal kangker atau tumor di dalam diri. Setelah saya cek memang ada benjolan. Yang ingin saya tanyakan tentang benjolan yang ada di payudara namun jika di tekan benjolan itu lari lari( tidak menetap) payudara saya juga sering nyeri.. Mohon jawaban nya.. Terima kasih. selamat malam

    Mual dan Muntah Saat Menjalankan Ibadah Puasa

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • Ciri Ciri Haid Selain Timbul Rasa Nyeri

  • Oleh : Silvia Rizkiana Sari
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Siang Bu Bidan, saya kan biasanya Haid atau Menstruasi tanggal muda sekitar tanggal 7 dan 8 tapi sampai saat ini saya belum merasakan gejala-gejala akan timbul haid, tapi timbul jerawat yang terasa sangat nyeri, apa itu ciri-ciri dari haid juga ?
    Terimakasih

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan