×

Kapan Sebaiknya Bayi Diajarkan Minum Di Gelas?

Bagikan Artikel :

Kapan Sebaiknya Bayi Diajarkan Minum Di Gelas?

Baik menyusu langsung (Direct breastfeeding) atau menggunakan dot, bayi tetap harus diajarkan minum dengan gelas layaknya gelas yang digunakan orang dewasa secara bertahap. Tapi biasanya bayi sudah terlalu nyaman dengan botolnya akan susah menggunakan gelas. Sebenarnya, kapan sih anak harus dikenalkan dengan gelas minum bayi ini?

Kapan anak mulai belajar pakai gelas minum bayi?

Gelas bayi didesain dengan beragam bentuk yang memudahkannya untuk minum. Biasanya gelas bayi dilengkapi dengan pegangan di sisi gelas serta tutup yang mengerucut dan berlubang. Dari lubang tersebut air, susu, maupun sari buah bisa keluar dan masuk ke mulut bayi.

Namun, mengajarkan anak minum dengan gelas bayi ada waktunya, lho. Tentu Anda harus menunggu bayi siap lebih dulu. Jika tidak, bayi bisa tersedak saat minum karena air yang mengalir terlalu banyak masuk ke mulut.

Hal penting yang perlu Anda pertimbangkan untuk mengenalkan gelas bayi adalah keterampilan motorik halus. Saat ia sudah bisa memegang botol susu dengan baik, maka ia siap minum dengan gelas bayi. Tidak ada patokan kapan usia bayi boleh minum pakai gelas.

Namun, umumnya anak bisa minum dengan gelas ini pada kisaran usia 5 sampai 9 bulan. Pada usia itu, si kecil sudah mulai mampu memegang gelas dan otot di sekitar mulutnya sudah mampu mengatur seberapa banyak air yang harus diminum. Setelah beralih dari gelas bayi, si kecil bisa belajar menggunakan cangkir biasa

Orangtua yang mengenalkan wadah minum selain botol susu lebih dari usia satu tahun, akan lebih sulit membuat anak beradaptasi.

Tips Mengajarkan Bayi Minum Dengan Gelas

• Jangan memaksa dan mulailah jika ia merasa tertarik atau penasaran dengan gelas bayi.
• Pastikan ia minum dengan gelas bayi dalam posisi duduk agar tidak tersedak.
• Saat ia menumpahkan air atau susu, jangan memarahi anak.
• Ganti bajunya yang basah setelah selesai latihan minum menggunakan gelas bayi.

Tips Jika Bayi Menolak

Jika bayi menolak, coba gunakan sippy cup yang berbeda bentuk uungnya. Sippy cup ada yang ujungnya fleksibel dan ada pula yang keras. Bayi biasanya menyukai yang lebih lembut karena mirip puting atau dot.

Related Posts :

    Tahap selanjutnya, sekitar usia 9 bulan, cobalah menggunakan gelas yang tutupnya dilengkapi dengan sedotan. Bila tampak belum siap mencobanya, tunggu lagi sebulan atau dua bulan kemudian hingga ia menunjukkan ketertarikan untuk minum dengan sedotan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 2, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Khitan

  • Oleh : yongstephensen3
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Pantangan makanan setelah sunat

    Bayi tidak mau menyusui

  • Oleh : Dewi Tyas Ningrum
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Malem bu.sya mau tanya,soal anak sya yang gk mau mnyusu.sya kemaren hri mggu habis kecelakaan spda motor trus periksa ke rs dkasih obat.stelah it anak sya mnum asi sya ya mau tp bru dikenyut trus dilepas nangis,dikenyut lg lepas lg nangis lg.sampe brulang kali.yang sya tnyakan knpa ya smenjak sya jtuh dan konsumsi obat anak sya spt gk mau mnyusui?

  • Oleh : Dewi Tyas Ningrum
  • Herpes zooster

  • Oleh : Injelita Maharani
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, usia kehamilan 3 minggu, di awal kehamiln saya terkena herpes zooster di pinggang sebelah kanan dan konsumsi obat dari dokter kulit krn blm tau hamil, apakah obat yg saya konsumsi tsb berbahaya utk janin saya dan mengingat sampai skrg pinggang saya msh terasa gatal.

    gatal gatal pada kaki

  • Oleh : Daniel
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Salam kenal,

    Saya ingin bertanya, usia kandungan istri saya masuk ke bulan 8, namun terjadi gatal gatal di kaki, dari pergelangan kaki sampai ke paha.
    sudah konsul ke dokter dan sudah dikasih obat juga, namun gatal nya belum sembuh2 juga, gatal gatal nya itu seperti biduran. Apakah ini hormon yg buruk dan apa solusi nya

    Mohon penjelasannya
    terima kasih

    Keputihan terus menerus

  • Oleh : Fithrotun Najihah
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum. Bu saya ingin menanyakan perihal keputihan. Saya keputihan semenjak saya duduk di krlas dua SMA itu hampir tiap hari. Sampai sekarang di waktu umur saya 24 juga masih mengalami hal yang sama. Saya sangat takut. Kadang keputihan itu warna putih kadang kekubingan mau ke hijauan. Kadang banyak dan berbau. Kadang tidak dok. Apa itu hal yg masih wajat atau bagaimana. Terus kalau mau di memeriksa biasanya di dokter spesialis apa dok. Terimakasih

    Tanya Bidan