×

Kapan Sebaiknya Bayi Diajarkan Minum Di Gelas?

Bagikan Artikel :

Kapan Sebaiknya Bayi Diajarkan Minum Di Gelas?

Baik menyusu langsung (Direct breastfeeding) atau menggunakan dot, bayi tetap harus diajarkan minum dengan gelas layaknya gelas yang digunakan orang dewasa secara bertahap. Tapi biasanya bayi sudah terlalu nyaman dengan botolnya akan susah menggunakan gelas. Sebenarnya, kapan sih anak harus dikenalkan dengan gelas minum bayi ini?

Kapan anak mulai belajar pakai gelas minum bayi?

Gelas bayi didesain dengan beragam bentuk yang memudahkannya untuk minum. Biasanya gelas bayi dilengkapi dengan pegangan di sisi gelas serta tutup yang mengerucut dan berlubang. Dari lubang tersebut air, susu, maupun sari buah bisa keluar dan masuk ke mulut bayi.

Namun, mengajarkan anak minum dengan gelas bayi ada waktunya, lho. Tentu Anda harus menunggu bayi siap lebih dulu. Jika tidak, bayi bisa tersedak saat minum karena air yang mengalir terlalu banyak masuk ke mulut.

Hal penting yang perlu Anda pertimbangkan untuk mengenalkan gelas bayi adalah keterampilan motorik halus. Saat ia sudah bisa memegang botol susu dengan baik, maka ia siap minum dengan gelas bayi. Tidak ada patokan kapan usia bayi boleh minum pakai gelas.

Namun, umumnya anak bisa minum dengan gelas ini pada kisaran usia 5 sampai 9 bulan. Pada usia itu, si kecil sudah mulai mampu memegang gelas dan otot di sekitar mulutnya sudah mampu mengatur seberapa banyak air yang harus diminum. Setelah beralih dari gelas bayi, si kecil bisa belajar menggunakan cangkir biasa

Related Posts :

    Orangtua yang mengenalkan wadah minum selain botol susu lebih dari usia satu tahun, akan lebih sulit membuat anak beradaptasi.

    Tips Mengajarkan Bayi Minum Dengan Gelas

    • Jangan memaksa dan mulailah jika ia merasa tertarik atau penasaran dengan gelas bayi.
    • Pastikan ia minum dengan gelas bayi dalam posisi duduk agar tidak tersedak.
    • Saat ia menumpahkan air atau susu, jangan memarahi anak.
    • Ganti bajunya yang basah setelah selesai latihan minum menggunakan gelas bayi.

    Tips Jika Bayi Menolak

    Jika bayi menolak, coba gunakan sippy cup yang berbeda bentuk uungnya. Sippy cup ada yang ujungnya fleksibel dan ada pula yang keras. Bayi biasanya menyukai yang lebih lembut karena mirip puting atau dot.

    Tahap selanjutnya, sekitar usia 9 bulan, cobalah menggunakan gelas yang tutupnya dilengkapi dengan sedotan. Bila tampak belum siap mencobanya, tunggu lagi sebulan atau dua bulan kemudian hingga ia menunjukkan ketertarikan untuk minum dengan sedotan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 2, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Flek kehamilan di 4 weeks

  • Oleh : Shahnaz Riftahani
  • 2 bulan yang lalu

    Bu bidan, saya sedang hamil 4weeks dan diminggu yg sm hari kamis malam keluar seperti darah warna coklat agak banyak, jum’at siang keluar lagi tp sedikit. Sabtu pagi keluar lagi sedikit, minggu sore keluar lg sedikit seperti keputihan tp berwarna coklat. Apakah ini berbahaya?

  • Oleh : Shahnaz Riftahani
  • apakah boleh ibu hamil pakai inhaler?

  • Oleh : Day
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    apakah tidak apa apa jika ibu hamil penderita asma menggunakan inhaler? apa pengaruhnya pada bayi di dalam kandungan?

    Keputihan

  • Oleh : Suci Rahmadhani
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya? Saya mengalami keputihan yg sangat berbau, saya mengalami ini hampir 2bulanan. Rasa ga pede deket orang sekitar dan ga nyaman dok. Gimana cara mengatasi nya ya?

    ???

  • Oleh : Putri 428
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb. Nama saya Putri saya mempunyai adik berumur 14 tahun. Kemarin adik saya cerita ke saya bahwa di bibir vagina dalamnya ada sesuatu bentuknya kecil seperti jerawat di wajah, warnanya merah, rasanya gatal, ujungnya berwarna putih. Terus dia nangis karena takut kena kista/kanker. Itu apakah penyakit yg mematikan? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Oleh : Putri 428
  • cesar

  • Oleh : Tania
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Tanya Bidan