×

Kenali Cara Mencegah Meningitis Neonatal Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Selamat datang di Bidan Online, situs kesehatan yang memberikan sejumlah informasi seputar masalah kesehatan bayi, anak dan ibu hamil. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Kenali Cara Mencegah Meningitis Neonatal Pada Bayi.


Kenali Cara Mencegah Meningitis Neonatal Pada Bayi

Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada area membran meninges dimana mengelilingi serta melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Pada bayi yang baru lahir kondisi meningitis ini akan menjadi kondisi yang serius dan jika tidak segera di tangani bisa mengakibatkan kematian.

Penyakit yang satu ini biasanya lebih sering ditemukan pada bayi yang baru saja lahir. Penyebabnya bisa diakibatkan oleh virus dan bakteri atau infeksi. Jenis virus yang bisa mengakibatkan munculnya meningitis pada bayi dikenal dengan coxsackie dan herpes simplex. Sedangkan bakteri yang bisa menyerang bayi baru lahir diantarnaya kelompok B yaitu Streptococcus, bakteri E.Coli Haemophilus influenza atau Listeria dan ini juga dikenal dengan HiB. Bahayanya bakteri ini menularkan banyak plasenta saat bayi ada dalam rahim selama proses persalinan.

Gejala Meningitis Neonatal

Beberapa gejala yang bisa ditimbulkan terkadang nampak tidak terlalu jelas tapi beberapa gejala ini bisa menjadi acuan untuk para ibu ketika mendeteksi apakah anak mereka terjangkit penyakit mematikan atau tidak. Pada umumnya bayi dan anak yang mengalami gangguan kesehatan ini merasakan sering lesu, kehilangan, nafsu makan, muntah, ruam, menggigil, kesulitan bernapas, demam tinggi, sakit kuning serta bayi juga merasakan kejang – kejang.

Cara Mencegah Meningitis Neonatal

Bagi bayi yang baru lahir, pencegahan biasanya bergantung pada perawatan postnatal dan prenatal serta menghindari berbagai jenis makanan yang bisa terkontaminasi bakteri Listeria atau E.Coli saat masa kehamilan. Sebagai tindakan pembantu untuk menghindarkan resiko bayi terjangkit virus atau bakteri yang bisa menagkibatkan munculnya meningitis neonatal maka dokter melakukan tes grup B strep saat calon ibu memasuki minggu terakhir untuk masa kehamilannya.

Jika memang saat itu diketahui terdapat bayi terinfeksi virus maka calon ibu bisa mengkonsumsi obat – obatan anti-viral sebelum menjelang persalinan atau memilih menempuh bedah caesar untuk mencegah infeksi virus bayi.

Baca Juga :

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 13, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bingung dengan seseorang yang ngasih harapan ke kita ngajak serius sedangkan dia

  • Oleh : fajar prasetyo
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dia tadinya mau ngajak serius sama saya dan saya juga mau serius sama dia …dan sedangkan dia punya pacar.
    Dia pernah ditinggal pacarnya nikah ?
    Saya takut kalau dia masih punya fikiran kalau menganggap cwo itu sama semua?

    Benang IUD berada di luar vagina

  • Oleh : Maudy Mandey
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Saya mau tanya saya baru pasang iud seminggu, benang kayak keluar vagina. Apakah harus dipotong atau bagaimana yaa?

  • Oleh : Maudy Mandey
  • Telat Haid

  • Oleh : Ira Putri
  • 1 tahun yang lalu

    Assalamuallaikum ibu bidan….
    Saya mau tanya saya udah telat haid 19hari sudah berapa kali tes hasilnya negatif salahnya itu dimana ya dok….
    saya jadi bingung…..
    terus saya keputihan terus kayak air terus ada juga berlendir……
    Mintak solusinya dok itu apakah saya beneran hamil atau tidak….
    Terimakasih y dok atas bantuanya

  • Oleh : Ira Putri
  • Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    About miss v

  • Oleh : Salsabilla
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Permisi dok jadi di dinding miss v saya itu seperti ada benjolan memanjang terasa perih dan gatal. saya tidak tahu penyebabnya apa dan cara mengatasinya. Apakah sebuah masalah yang serius atau tidak.mohon dijawab ya dok terimakasih.

  • Oleh : Salsabilla
  • Tanya Bidan