Kenali Cara Mencegah Meningitis Neonatal Pada Bayi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Selamat datang di Bidan Online, situs kesehatan yang memberikan sejumlah informasi seputar masalah kesehatan bayi, anak dan ibu hamil. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Kenali Cara Mencegah Meningitis Neonatal Pada Bayi.


    Kenali Cara Mencegah Meningitis Neonatal Pada Bayi

    Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada area membran meninges dimana mengelilingi serta melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Pada bayi yang baru lahir kondisi meningitis ini akan menjadi kondisi yang serius dan jika tidak segera di tangani bisa mengakibatkan kematian.

    Penyakit yang satu ini biasanya lebih sering ditemukan pada bayi yang baru saja lahir. Penyebabnya bisa diakibatkan oleh virus dan bakteri atau infeksi. Jenis virus yang bisa mengakibatkan munculnya meningitis pada bayi dikenal dengan coxsackie dan herpes simplex. Sedangkan bakteri yang bisa menyerang bayi baru lahir diantarnaya kelompok B yaitu Streptococcus, bakteri E.Coli Haemophilus influenza atau Listeria dan ini juga dikenal dengan HiB. Bahayanya bakteri ini menularkan banyak plasenta saat bayi ada dalam rahim selama proses persalinan.

    Gejala Meningitis Neonatal

    Beberapa gejala yang bisa ditimbulkan terkadang nampak tidak terlalu jelas tapi beberapa gejala ini bisa menjadi acuan untuk para ibu ketika mendeteksi apakah anak mereka terjangkit penyakit mematikan atau tidak. Pada umumnya bayi dan anak yang mengalami gangguan kesehatan ini merasakan sering lesu, kehilangan, nafsu makan, muntah, ruam, menggigil, kesulitan bernapas, demam tinggi, sakit kuning serta bayi juga merasakan kejang – kejang.

    Cara Mencegah Meningitis Neonatal

    Bagi bayi yang baru lahir, pencegahan biasanya bergantung pada perawatan postnatal dan prenatal serta menghindari berbagai jenis makanan yang bisa terkontaminasi bakteri Listeria atau E.Coli saat masa kehamilan. Sebagai tindakan pembantu untuk menghindarkan resiko bayi terjangkit virus atau bakteri yang bisa menagkibatkan munculnya meningitis neonatal maka dokter melakukan tes grup B strep saat calon ibu memasuki minggu terakhir untuk masa kehamilannya.

    Jika memang saat itu diketahui terdapat bayi terinfeksi virus maka calon ibu bisa mengkonsumsi obat – obatan anti-viral sebelum menjelang persalinan atau memilih menempuh bedah caesar untuk mencegah infeksi virus bayi.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - October 13, 2017
    Diskusi Dari:
    Nita Mustika

    Selamat Pagi,
    Saya Nina saya mau bertanya, bagaimana Cara Pencegahan Pregobesity/kenaikan berat badan yang berlebih selama kehamilan pada Ibu Hamil ?

    Dijawab Oleh : Nita Mustika
    Diskusi Dari:
    Uchi Susilawati

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    Dijawab Oleh : Uchi Susilawati
    Diskusi Dari:
    Dwickadeck Doen

    Saya mau tanya nih bu bidan seputar rambut bayi, anak saya berumur 1,5 tahun tapi pertumbuhan rambut nya kok sedikit sekali yah. Kira-kira penyeba nya apa saja yah ? saya lihat teman sebayanya rambutnya bagus semua bu bidan. saya khawatir sekali terlebih anak saya itu perempuan.

    Dijawab Oleh : Dwickadeck Doen
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    Putri Kintamani

    Selamat siang bu Dokter, saya mau bertanya. Saat ini saya sedang mengandung, dan usia kandungan saya baru meningjak 2 bulan. Saat ini saya sering sekali merasakan mual dan rasanya ingin muntah. Yang saya mau tanyakan apakah hal ini berbahaya dan bagai mana cara mengatasi masalah ini agar tidak berkepanjangan hingga kehamilan tua?

    Dijawab Oleh : Putri Kintamani