Kenali dan Waspadai Terhadap Kondisi Bayi Kuning

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • www.curhatbidan.com – Sebagai orang tua tentu saja sangat khawatir jika sang buah hati yang baru saja lahir memiliki suatu masalah pada kesehatannya, dan salah satu yang sering terjadi yaitu masalah bayi kuning setelah lahir. Namun sebaiknya jangan panik dulu, karena masalah kuning pada bayi mempunyai 2 macam, yaitu kuning normal dan karena memang adanya penyakit.

    Penyakit kuning merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya penimbunan bilirubin yang ada pada dalam darah bayi yang baru lahir. Bilirubin merupakan suatu komponen yang terdapat pada sel darah. Untuk penyakit kuning yang normal merupakan penyakit yang wajar bagi bayi baru lahir, dan hanya akan muncul selama 2 hari saja. Tetapi jika sudah parah maka bisa muncul selama seminggu setelah bayu dilahirkan.

    Lalu kenapa bisa terjadi kuning pada bayi? Apa penyebabnya?

    Penyebab dari bayi kuning bersifat fisologis atau normal, namun ada juga yang disebabkan oleh hal yang tidak normal. Jika bayi yang dilahirkan secara prematur, maka akan beresiko terkena penyakit kuning lebih dari 50%, sementara pada bayi yang dilahirkan secara normal maka memiliki resiko terkena penyakit kuning sebesar 50%. Kenapa? Karena pada bayi prematur memiliki organ yang belum bisa berkembang dengan cara sempurna terutama pada organ hatinya.

    Berikut penyebab penyakit kuning :

    1. Pigmen Kuning

    Pigmen atau dalam dunia medis disebut dengan Bilirubin merupakan penyebab utama dari penyakit kuning pada bayi, karena kondisi darah yang meningkat sehingga bayi bisa memiliki kulit berwarna kuning. Hal ini terjadi karena adanya pecahan sel-sel darah merah yang terdapat pada tubuh bayi pada waktu lahir. Dengan dalam jangka waktu tertentu, maka sel darah merah akan terjadi penguraian menjadi bilirubin.

    Dalam kondisi yang normal, organ yang berfungsi untuk menguraikan bilirubin yaitu organ hati. Dan setelah diuraikan maka akan dibuang melalui BAB. Saat bayi dilahirkan maka perkembangan organ hatinya masih belum bisa berkembang secara sempurna sehingga tidak akan menjalankan fungsi dengan baik, yang akan ada penumpukan bilirubin dalam tubuh bayi dan penumpukan tersebut akan membuat bayi menjadi kuning.

    2. Infeksi

    Adanya suatu infeksi dalam tubuh maka akan menyebabkan bayi yang baru lahir terkena penumpukan bilirubin. Dan penumpukan tersebut sangat berbahaya bagi bayi saat dilahirkan.

    3. Darah Yang Tidak Cocok

    Darah yang tidak cocok juga menyebabkan bayi kuning. Dari ketidakcocokan darah ibu dan juga bayinya akan memicu pembentukan bilirubin yang berlebih oleh darah atau juga tergantung pada pengeluaran bilirubin denga melalui BAB.

    4. Organ Hati Belum Matang

    Organ hati yang belum matang menjadi pemicu bayi kuning. Oleh karena itu penyakit kuning sering dikaitkan dengan hati. Pada orang dewasa juga memiliki sakit kuning yang identik dengan penyakit hati atau liver, sedangkan pada bayi yang memiliki penyakit kuning hanya dikaitkan dengan organ hati yang belum matang saja. Fungsi hati dalam tubuh bayi yaitu sebagai pengurai bilirubin yang kemudian dikeluarkan menjadi BAB. Pada organ hati yang belum matang maka akan terjadi penumpukan bilirubin sehingga bayi akan berwarna kuning.

    5. Kurang Asupan Enzim G6PD

    Enzim G6PD (Glukosa 6 Phospate Dehidrogenase) terdapat pada aliran darah merah yang memiliki fungsi untuk mencegah kerusakan sel-sel darah merah dalam tubuh. Dan hal inilah pada saat ibu hamil harus dicukupi kandungan gizinya selama masa kehamilan berlangsung.

    Cara Mengatasi Bayi Kuning

    Selain melakukan penanganan medis dengan fototerapi, hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kenaikan bilirubin yaitu dengan memberikan asupan yang cukup. Karena asupan tersebut akan membantu bayi untuk mengeluarkan bilirubin pada tubuhnya. Dengan memberikan ASI sebanyak 8 sampai 12 kali dalam 24 jam, atau jika memberikan dengan susu formula harus dipastikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, dan biasanya pemberian susu formula sekitar 6 sampai 10 botol dalam 24 jam.

    Selalu cek kondisi pada bagian putih bola matanya atau kulitnya untuk melihat apakah kondisinya sudah kembali normal atau malah bertambah parah. Dan perlu diketahui juga, hindari dengan mengatasi bayi kuning dengan cara dijemur di matahari.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - February 24, 2017
    Diskusi Dari:
    Salma Syarifah Latipah

    Selamat pagi mba bidan,

    Saat ini saya tengah mengandung usia kehamilan 8 bulan 1 minggu. Akhir akhir ini saya sering merasa sakit seperti orang yang mau melahirkan, dan kemarin rasa sakitnya sangat kuat seperti kontraksi yang biasanya datang ketika mau lahiran. Tapi kemarin saya cek ke dokter kandungan, katanya hal itu wajar saja dan kemungkinan bayi saya akan lahir sekitar 2-3 minggu lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar? Saya takut terjadi apa apa dengan bayi saya. Terimakasih, saya tunggu jawaban Anda.

    Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
    Diskusi Dari:
    stepanie6022

    selamat pagi,

    saya hidayat,
    istri saya haid tanggal 5 Juni berkahir 16 Juni 2018
    lalu saya berhubungan dengan istri saya terakhir 25 Juni
    lalu apakah istri saya dapat hamil jika saya berhubungan di tanggal tersebut?

    karena saya saat ini sedang keluar kota
    dikhawatirkan terjadi kejadian yang tidak menyenangkan oleh istri saya

    mohon jawabannya Ibu Bidan

    salam,
    hidayat

    Dijawab Oleh : stepanie6022
    Diskusi Dari:
    Rhiyad Suhpriatin

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

    Dijawab Oleh : Rhiyad Suhpriatin
    Diskusi Dari:
    wkjchu56042488

    bu bidan, saya ingin tau apa saja manfaat berenang bagi ibu hamil, itu saja ya bu 🙂

    Dijawab Oleh : wkjchu56042488
    Diskusi Dari:
    Tika

    Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
    saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
    harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
    Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
    tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

    Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
    jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
    setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

    pertanyaan nya:
    kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

    Terima Kasih.

    Dijawab Oleh : Tika