×

Kenali Penyakit Diabetes Melitus Menyerang Bayi

Bagikan Artikel :

Selamat datang di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu kenali penyakit diabetes melitus menyerang bayi. Diabetes melitus atau DM adalah kelaianan yang langka dan hanya terjadi 1 diantara 400.000 kelahiran di dunia. Meskipun demikian resiko pada bayi yang lahir lebih dari berat pada normalnya atau lebih dari 4kg bisa meningkat dua kali lipat.

Untuk mendiagnosa bayi yang mengalami diabetes melitus memang tidak memerlukan skrining DM atau diabetes melitus pada bayi yang baru saja lahir terkecuali apabila bayi yang baru saja lahir mengalami resiko lebih besar untuk terkena penyakit diabetes melitus seperti berat badan yang lebih dari pada seharusnya. Kelahiran bayi yang besar rata – rata lahir dari ibu yang mengalami diabetes gestasional atau dikenal oleh masyarakat luas dan diabetes yang terjadi pada awal masa kehamilan. Maka dengan demikian bayi yang lahir dengan berat badan lebih dari pada normalnya dikhawatirkan bisa memiliki kebiasaan dengan kondisi tinggi kadar gula darah bayi.


Kenali Penyakit Diabetes Melitus Menyerang Bayi

Untuk calon ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit diabetes maka sebelum melakukan langkah kehamilan alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan. Meskipun demikian bayi yang baru lahir dari ibu yang memiliki riwayat garis keturunan penyakit diabetes tidak selalu menurunkan penyakitnya kepada bayi yang baru saja dilahirkannya. Maka dengan demikian fakta ini menghilangkan pemikiran bahwa penyakit diabetes terjadi akibat faktor keturunan melainkan terkait dengan mutasi gen yang bisa beresiko tinggi terjadi penyakit diabetes pada bayi yang baru saja lahir.

Menjaga kesehatan ibu hamil sangat penting, terutama berat badan dimasa kehamilan juga bisa berpengaruh pada kondisi bayi ketika lahir. Dan selain itu, Anda juga harus mewaspadai untuk pemberian susu formula yang mengandung kandungan gula tambahan yang berbelebih sehingga bisa menyebabkan berat badan bayi berkembang dengan cepat dan jauh dari kata ideal sesuai dengan usia yang seharusnya. Tidak hanya kandungan gula yang berlebih, memberikan susu formula juga bisa menyulitkan tubuh bayi untuk mencerna sel – sel lemak yang terdapat dalam susu formula dibandingkan dengan Air Susu Ibu (ASI) yang mengandung sel lemak yang lebih mudah diserap oleh tubuh bayi Anda.

Related Posts :

    Demikian informasi mengenai penyakit diabetes menyerang bayi yang harus ibu perhatikan, karenan bayi yang baru lahir dan beresiko terkena penyakit diabetes juga tidak terlepas dari bagaimana cara ibu menjaga kesehatan ketika mengandung si kecil.

    Artikel Terkait Lainnya :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 13, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan yang tidak kunjung sembuh

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • Sakit punggung saat hamil apakah normal?

  • Oleh : Gek Anik
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya Widiyono ingin bertanya apakah sakit punggung saat hamil itu normal? Atau jangan-jangan ada masalah lain yang terjadi pada istri saya? Mohon dijawab ya bu, saya tunggu. Terima kasih sebelumnya

    Ejakulasi

  • Oleh : Eddy Ningmabin
  • 1 bulan, 4 minggu yang lalu

    Mba bagaimana memiliki ketahanan dari ejakulasi dini?

    Kuret Akibat Keguguran

  • Oleh : Ramadhan
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

    Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan