×

Kenapa Pusar Bayiku Menonjol Seperti Bodong Ya…

Bagikan Artikel :

Kenapa Pusar Bayiku Menonjol Seperti Bodong Ya...

Pusar bayi memang berbeda dengan pusar orang dewasa. Normalnya pusar bayi nyaris sejajar dengan perut bayi. Tapi ada juga pusar yang sedikit ke dalam. Lalu bagaimana dengan pusar yang menonjol pada bayi atau sering disebut dengan pusar bodong? Apakah berbahaya?

Tapi pusar umumnya akan lemas di hari ke 5-14 setelah lahir. Setelah tali pusar lepas, baru bisa terlihat pembentukan pusar apakah bodong atau normal.

Pusar bodong atau hernia umbilikalis terjadi ketika usus, lemak, atau cairan dalam tubuh mendorong keluar melalui titik kosong atau lubang di otot perut bayi. Hal ini akan menyebabkan tonjolan di dekat atau di pusar. Pusar ini mungkin akan terlihat seperti bengkak atau seolah-olah ingin keluar dari perut bayi. Umumnya berat badan bayi lahir rendah (BBLR) dan bayi lahir prematur memiliki pusar bodong.

Penyebab Pusar Bodong Pada Bayi

Ketika bayi dilahirkan, ia tidak lagi mendapat asupan makanan dari tali pusar sehingga otot perut yang menjadi tempat menempelnya tali pusar akan segera menutup.. Namun, penutupan yang tidak sempurna dapat menyebabkan bayi mengalami hernia umbilikalis.

Hernia umbilikalis atau pusar bodong adalah salah satu bentuk hernia pada bayi. Kondisi ini terjadi ketika usus dalam tubuh mendorong keluar melalui lubang di otot perut bayi karena belum menutup dengan sempurna. Hal ini ditandai dengan munculnya tonjolan pada pusar bayi.

Sebelum tali pusar bayi lepas, Anda mungkin hanya melihat bahwa sekitar pusar bayi tampak sedikit menonjol ketika menangis. Sementara, setelah tali pusarnya lepas, Anda dapat melihat adanya tonjolan pada pusar bayi, yang juga disebut sebagai pusar bodong.

Pada kebanyakan kasus, ketika bayi menginjak usia 2 tahun, biasanya pusar bodong menjadi normal dengan sendirinya. Namun, dalam beberapa kasus tertentu, pusar tetap bodong hingga tahun kelima atau bahkan lebih lama.

Pusar bodong dapat terjadi pada siapa saja, termasuk bayi. Beberapa penyebab pusar bodong pada bayi, di antaranya:

  1. Otot perut bayi tidak tertutup dengan sempurna. Kondisi ini dapat menyebabkan usus terdorong keluar hingga timbul tonjolan pada pusar.
  2. Bodong pada bayi bisa juga terjadi jika ada dorongan dari perut. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan cairan pada rongga perut hingga menyebabkan perut bayi besar dan pusar pun menonjol.
  3. Adanya bekas luka, yaitu pembentukan jaringan parut berlebih setelah tali pusar lepas dapat menyebabkan pusar bodong. Jaringan parut tersebut membentuk massa kecil atau daging yang tumbuh di pusar (granuloma umbilikalis).

Tanda Awal Pusar Bodong Pada Bayi

• Ada sedikit pembengkakan atau tonjolan di dekat pusar
• Tonjolan menjadi besar dan keras saat bayi menangis, batuk, atau tegang karena tekanan perut
• Umumnya pusar bodong tidak menimbulkan rasa sakit

Bayi Yang Beresiko Mengalami Pusar Bodong

• Bayi lahir prematur
• Memiliki keluarga yang juga mengalami hernia umbilikalis
• Memiliki cystic fibrosis
• Memiliki masalah dengan sistem reproduksi atau saluran kencing
• Bayi laki-laki dengan kondisi testis tidak turun ke skrotum sebelum dilahirkan

Cara Mengecilkan Pusar Bodong Pada Bayi

Sebetulnya, bodong pada pusar ini akan menghilang sendiri ketika anak telah berusia antara 3-5 tahun. Namun banyak juga orangtua yang khawatir dengan kondisi pusar bayi yang menonjol. Jika Anda membawa bayi ke dokter, ada dua hal yang mungkin akan direkomendasikan dokter anak tersebut.

Pertama, prosedur operasi perlu dilakukan. Ini perlu dilakukan bila kondisi pusar bayi yang menonjol mengganggu perkembangan atau setidaknya membuat anak kesakitan. Pembedahan akan bertujuan memasukan usus atau jaringan yang tidak tertutup dengan sempurna. Prosedur operasi biasanya tidak terlalu disarankan oleh dokter, tapi bisa saja diperlukan untuk memperbaiki hernia pada bayi.

Kedua, jika memang tidak ada masalah kesehatan yang serius, dokter akan menyarankan untuk membiarkan saja, karena pusar bodong akan menghilang dengan sendirinya. Tidak perlu melakukan cara khusus untuk mengecilkan pusar atau udel bayi yang bodong.

Kapan Harus Ke Dokter?

• Kondisi pusar menjadi kemerahan atau pucat
• Pusar terasa sakit saat disentuh
• Bayi mengalami demam dan muntah

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 10, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    Keram perut

  • Oleh : Kikie Amel
  • 2 tahun yang lalu

    Dok saya mau tanya, saya positif hamil, mens akhir 29juni tp blm memeriksakan diri ke dokter, yg saaya rasakan perut sakit seperti mau haid.. Saya pernh mengalami keguguran pd bln desember 2019 ktnya janin tdk berkembang, normal kah hamil sy yg sering sakit sperti mau haid ini dok??

  • Oleh : Kikie Amel
  • Akibat di obat

  • Oleh : Sella Anggraeni
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bun selamat malam dan maaf menganggu waktunya semoga degan iklhas hati menerima curhatan saya, sedikit mau curhat ini bun dulu waktu kandungan umur 4 bulan di obat rencana mau di gugurin ternyata tidak berhasil setelah itu keluar darah kental dari V dan saya sangat kecewa bun sekarang anak saya lahir dengan bobot yang normal seperti biasa biasa apakah obatnya tidak bermasalah terimakasih☹️

  • Oleh : Sella Anggraeni
  • Menstruasi yang terlalu lama

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

    Menyusui Saat Hamil

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau bertanyaan apa benar seorang wanita hamil dilarang untuk menyusui ?? Jika memang benar tolong berikan penjelasannya. Sebelumnya terimakasih

    Tanya Bidan