×

Kenapa Ya Bayi Selalu Berkeringat Saat Menyusu?

Bagikan Artikel :

Kenapa Ya Bayi Selalu Berkeringat Saat Menyusu?

Bunda jangan panic ya kalau melihat si Kecil berkeringat saat menyusu. Meskipun keeringat bayi saat menyusu banyak bahkan hingga membuat pakaiannya basah, bunda tidak perlu khawatir Karena hal ini wajar dan merupakan tanda bayi yang sehat. Lalu apa alasan si Kecil berkeringat saat menyusu?
Hal ini terjadi ketika suhu tubuh bayi mengalami kenaikan dan membuat kelenjar keringat bayi mengeluarkan keringat. Selain itu, kondisi kesehatan tertentu juga dapat memicu bayi mengeluarkan keringat saat menyusu. Akan tetapi, tidak semua bayi mengalami kondisi berkeringat saat menyusu.

Related Posts :

    Penyebab Bayi Berkeringat Saat Menyusu

    1. Skin to skin
      Skin to skin dengan ibu saat menyusui bisa menyebabkan suhu tubuh bayi meningkat. Panas tubuh ibu akan pindah ke kulit bayi, dan meningkatkan jumlah keringat yang diproduksi.
    2. Suhu ruangan
      Suhu tinggi dalam ruangan bisa menyebabkan bayi enggak nyaman dan kepanasan saat disusui. Ini juga dapat menyebabkan bayi berkeringat.
    3. Menggunakan pakaian berlapis
      Umumnya ibu menutupi bayi dengan selimut agar tetap hangat. Namun terkadang, ibu menutupi dirinya dan sang bayi saat menyusui di depan umum. Padahal ini bisa membuat bayi kepanasan dan berkeringat lho.
    4. Efek menyusui
      Pada bayi, menyusui seperti latihan otot-otot mulut. Sama seperti orang dewasa yang berkeringat ketika berolahraga, bayi juga bisa mengalaminya saat menyusui.
    5. Posisi menyusui
      Banyak ibu menggendong bayinya dalam posisi duduk saat menyusui. Seringkali, ibu memegang kepala bayi di telapak tangannya dalam posisi lama. Tanpa disadari, hal ini justru menyebabkan kepala bayi berkeringat, Bunda.

    Hal Yang Harus Bunda Lakukan

    1. Jangan menaburkan bedak
    2. Lap keringat bayi dengan tisu atau handuk
    3. Ganti pakaian bayi yang basah
    4. Bunda boleh menyalakan AC jika cuaca terasa sangat panas

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 21, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Puasa di Teimester 1

  • Oleh : Faiza Priyandani
  • 1 tahun yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan
    Saya ingin tanya bolehkah saya berpuasa di kehamilan usia 7 minggu? Tapi selama hamil saya tidak mengalami muntah, dan aktivitas di rumah tidak berat, karena suami melarang saya untuk beberes dan masak. Jadi hanya rebahan saja. Apakah aman bu bidan?
    Oiya saya pun mengkonsumsi obat penguat kandungan dan vitamin

  • Oleh : Faiza Priyandani
  • Apakah saya keguguran

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok saya hamil 6 minggu keluar gumpalan darah sebesar jempol satu kali habis itu ,keluar darah seperti haid apakah saya keguguran dok ,darah keluar sudah 5 hari dok(?)

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • Muntah setelah minum ASI

  • Oleh : Debby
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Siang Bu Bidan,
    Bayi saya usia 4 bulan sering muntah kalau sudah minum ASI. Muntahnya kadang banyak dan kadang sedikit. Apa penyebab bayi saya sering muntah ? Apa bayi saya baik-baik saja kalau sering muntah ?

    kelamin

  • Oleh : viranti maharsiva
  • 3 tahun yang lalu

    ibu bidan saya mau nanya, di sekitar vagina saya ada bintik 1 kecil warnanya menyerupai kulit vagina. cuma 1 tp kecil bgt ga ada rasa gatel atau sakit. saya yang parnoan bingung apa itu kutil kelamin atau bukan, berbahaya atau tidak. mohon bantuannya ibu bidan

  • Oleh : viranti maharsiva
  • Tidak bisa ereksi di pagi hari

  • Oleh : Ario Hanindito
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore curhatbidan, saya mau nanya ini saya pada tgl 12, hari sabtu,minggu dan senin saya keluar air mani tanpa disadari. dan saya merasa nyeri pada bagian kantung kemih, esokannya saya meriang dan pergi ke dokter ternyata saya infeksi kantung kemih setelah itu paginya saya merasa tidak bisa ereksi pada pagi hari apakah saya impotensi atau karena infeksi ya?

    Tanya Bidan