×

Kernikterus Sangat Membahayakan Bayi

Bagikan Artikel :

Kernikterus Sangat Membahayakan Bayi
Portrait of newborn baby and hand inside incubator

Kernikterus adalah kelainan akibat kelebihan bilirubin merusak otak, terutama bagian ganglia basal, hipokampus, serebelum, dan nukleus dari lantai ventrikel keempat. Pada bayi baru lahir, kadar bilirubin yang sangat tinggi dapat menembus sampai ke otak hingga menimbulkan kerusakan otak. Bilirubin merupakan pigmen berwarna kuning kecokelatan yang ditemukan di dalam empedu, darah, dan tinja. Bilirubin berasal dari pemecahan hemoglobin di sel darah merah dan perombakan zat lain.

Related Posts :

    Penyebab Kernikterus

    Penyebab kernikterus bersifat multifaktorial, melibatkan interaksi antara kadar bilirubin dan kadar albumin yang mengikat, perjalanan melewati sawar darah otak, dan kerentanan saraf terhadap cedera. Gangguan sawar darah otak hingga bilirubin dapat menembus ke otak akibat penyakit, kekurangan oksigen (asfiksia), perubahan permeabilitas sawar darah otak, dan faktor lainnya.

    Gejala Kernikterus

    Ketika bayi mengalami sakit kuning, umumnya perubahan warna kulit pada wajah merupakan gejala yang paling mudah dilihat. Jika kadar bilirubin makin meningkat, gejala perubahan warna tersebut akan menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti dada, perut, kaki, dan tangan. Pengamatan terhadap gejala akan sulit untuk dilakukan jika bayi berkulit yang berwarna gelap.

    Sementara itu, kadar biliburin yang makin meningkat hingga menembus ke otak dapat menimbulkan gejala kerusakan otak. Kondisi tersebut dikenal dengan ensefalopati bilirubin akut. Tanda yang dapat timbul termasuk refleks yang lambat, postur abnormal yang membuat punggung melengkung karena kejang otot (opistotonus), kontraksi otot berulang, sehingga leher menjadi tertarik ke belakang (retrocollis), otot lemas (hipotonia), muntah, tangisan bernada tinggi, suhu badan tinggi (hiperpireksia), kejang, rewel, sulit minum susu (termasuk ASI), dan kesulitan bernapas.

    Dalam jangka waktu yang lama, kondisi ini menyebabkan ensefalopati bilirubin kronis yang ditandai dengan kelenturan, gerakan tidak terkendali (koreoatetosis), kerusakan gigi, gangguan pendengaran, kognitif tidak berfungsi, dan ketidakmampuan belajar.

    Diagnosis Kernikterus

    Bayi kuning didiagnosis berdasarkan pemeriksaan fisik langsung dan pemantauan dalam minggu pertama lahir. Jika ada tanda yang tidak normal, bayi akan diambil darah untuk mengukur kadar bilirubin. Kadar bilirubin normal pada bayi yang baru lahir di bawah 5 mg/dL.

    Pengobatan Kernikterus
    Kernikterus diobati untuk mencegah kerusakan saraf di otak terkait dengan bilirubin yang menembus ke otak. Pilihan pengobatan antara lain fototerapi dan transfusi tukar. Efek samping fototerapi antara lain tinja lunak, ruam kemerahan, dehidrasi (kehilangan cairan), hipotermia akibat paparan, dan baby bronze syndrome (kulit bayi jadi gelap atau abu kecokelatan). Sedangkan, transfusi tukar dapat mengakibatkan komplikasi berupa asidosis metabolik, kelainan elektrolit, hipoglikemia, hipokalsemia, trombositopenia, volume berlebih, aritmia, infeksi, penyakit graft versus host, hingga kematian.

    Pencegahan Kernikterus

    Pencegahan terhadap kernikterus bisa dilakukan dengan skrining pada bayi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kadar bilirubin pada 24-48 jam pertama setelah lahir. Selain itu, skrining pada bayi juga dilakukan untuk medeteksi apakah bayi memiliki risiko tinggi untuk mengalami kernikterus, atau tidak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 26, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : Lina Desiyanti
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bu saya ko keputihannya kaya kecampur darah ya,kentel lagi cairannya

    program hamil yang pernah operasi pengangkatan kista

  • Oleh : rosnyala
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    pagi bu bidan, saya mau tanya, pada bulan juni lalu saya operasi pengangkatan kista/ pengikisan kista d ovarium, sebesar 10centi, kanan kiri, sekarang saya mau program hamil alami bu. kira” apa saja yang perlu saya lakukan yah bu? karna selama 6bulan setelah operasi, siklus haid saya jadi tidak teratur. baru 2 / 3 bulan ini haid saya teratur. dan selama ini setelah operasi saya sudah coba ikuti kalender dan berhubungan saat masa” subur.. tp sampe sekarang belum jg hamil bu.. bagaimana yah bu? mohon info nya dan kira” apa yang harus saya konsumsi guna keberhasilan untuk kehamilan ini yah bu?
    terimakasih.

    Tips mencegah agar tidak hamil

  • Oleh : Hasbi Hasbi
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bagaimana dok agar tidak hamil selain minum pil kB
    Soal nya saat berhubungan tidak pakai kondum

  • Oleh : Hasbi Hasbi
  • Cari nama anak

  • Oleh : Henny Diastara
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Cari nama anak muslim awalan a

    Pil Kontrasepsi

  • Oleh : zane65n04843
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

    Tanya Bidan