×

Ketahui 9 Manfaat ASI Untuk Bayi Baru Lahir

Bagikan Artikel :

CurhatBidan – ASI merupakan makanan utama bayi baru lahir. ASI sebaiknya  diberikan secara eksklusif pada bayi baru lahir sampai bayi berusia 6 bulan, kemudian dilanjutkan dengan makanan pendamping ASI. Selama periode 6 bulan pertama bayi, bayi hanya akan mengkonsumsi ASI sebagai makanan utamanya. ASI yang diproduksi secara alami oleh Bunda mengandung nutrisi yang sangat lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bayi, dan mudah dicerna oleh bayi yang organ pencernaannya belum sempurna. Untu itu sangat baik bagi pertumbuhan bayi jika Bunda memberikan ASI eksklusif pada bayi sejak lahir sampai berusia 6 bulan, sebelum Bunda mengenalkan makanan padat atau minuman lain sebagai makanan pendamping ASI.

Pengertian ASI eksklusif itu sendiri yaitu ASI yang diberikan pada bayi tanpa ada makanan / minuman lain sebagai pendamping, termasuk susu formula, madu, buah-buahan, bubur dll. Bunda tidak perlu khawatir nutrisi bayi tidak akan terpenuhi jika hanya memberi ASI. ASI telah mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Adapun beberapa manfaat ASI  yang dapat Bunda berikan untuk bayi , yaitu sebagai berikut :

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
    Pada awal pemberian ASI, ASI mengandung kolostrum yang merupakan zat antibodi alami untuk bayi. Kolostrum ini berwarna kekuning kuningan yang umumnya keluar pada awal menyusui. Kolostrum memiliki banyak manfaat bagi bayi baru lahir, salah satunya yaitu untuk menjaga kekebalan tubuh bayi, kolostrum sering disebut imunisasi alami untuk bayi baru lahir. Antibodi dari Bunda ini dapat membantu bayi melawan berbagai penyakit, termasuk gejala asma dan alergi.
  2. Mencerdaskan Otak Bayi
    JIka saat mengandung Bunda dapat memenuhi nutrisi untuk kecerdasan bayi dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk otak janin dalam kandungan, setelah melahirkan Bunda dapat memenuhinya dengan memberikan ASI pada bayi. Menurut penelitian, ASI memiliki manfaat yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Asam lemak yang terkandung dalam ASI sangatlah baik untuk kecerdasan otak bayi.
  3. Membuat Berat Badan Bayi Menjadi Normal
    ASI mengandung banyak lemak dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh bayi untuk membangun jaringan tubuhnya dan membuat berat badan bayi naik secara normal setelah melahirkan. ASI mengandung nutrisi yang seimbang yang tidak melebihi kebutuhan makan bayi, sehingga dengan meminum ASI tidak akan mengalami obesitas dan akan memperoleh berat badang yang ideal.

  4. Makanan yang Steril
    ASI merupakan makanan yang steril, sehat dan mudah didapatkan oleh bayi. ASI juga aman dari kuman, bakteri/kotoran yang dapat membahayakan kesehatan bayi. ASI juga memiliki suhu yang tepat sehinga Bunda tidak perlu khawair memberikan makanan yang terlalu panas atau dingin pada bayi.
  5. Sesuai Dengan Sistem Pencernaan Bayi
    Pencernaan bayi baru lahir masih belum sempurna, hal ini membuat makanan atau minuman lebih sulit untuk diterima oleh sistem pencernaannya, sehingga mudah membuat bayi diare. ASI memiliki kandungan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan pencernaan bayi. Untuk itu, Bunda tidak perlu khawatir lagi menambahkan makanan atau minuman sampingan selain ASI pada saat bayi berusia kurang dari 6 bulan.
  6. Memaksimalkan Pertumbuhan Tulang
    Bayi yang diberi ASI sejak baru lahir akan memiliki pertumbuhan tulang yang lebih baik dibandingkan bayi yang tidak diberikan ASI / hanya mengkonsumsi susu fomula. Menurut penelitian, bayi yang diberikan ASI eksklusif memiliki pertumbuhan tulang yang lebih sehat dan kuat dibandingkan bayi yang diberi ASI sesekali atau tidak sama sekali.
  7. Sumber Kolesterol Bayi
    Kolesterol merupakan zat yang tidak sehat dan berbahaya bagi orang dewasa, Akan tetapi, tidak begitu dengan bayi. Untuk mendukung tumbuh kembangnya, bayi membutuhkan asupan kolesterol yang cukup banyak. ASI mengandung banyak kolesterol untuk memenuhi kebutuhan bayi dalam perkembangan tubuhnya.
  8. Menurunkan Resiko Kematian Bayi
    ASI memiliki pengaruh yang signifikan terhadap resiko kematian bayi. Menurut penelitian, bayi baru lahir yang tidak diberi ASI melainkan diberi susu formula, cenderung resiko 6 kali lebih besar untuk meninggal akibat menderita diare atau infeksi saluran pernapasan dibandingkan bayi yang diberi ASI sejak baru dilahirkan. Oleh karena itu, Bunda sebaiknya mengetahui cara merawat bayi baru lahir untuk menjaga kesehatan bayi, yaitu salah satunya memberi ASI kepada bayi.
  9. Hubungan Emosional Dengan Ibu
    Pemberian ASI pada bayi baru lahir mempererat  emosi bayi dengan ibunya. Saat memberi ASI, ibu akan memeluknya, membelai bayi dengan lembut dan di saat yang sama bayi merasa didekap dan aman. Dengan begitu, hubungan kasih sayang antara ibu dan anak bisa menguat.

Demkian 9 Manfaat ASI Untuk Bayi Baru Lahir. Kini Bunda tahu apa saja manfaat baik yang bisa diberikan ASI pada bayi Bunda. Untuk itu, pastikan Bunda selalu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi Bunda dan memberikan ASI sejak lahir.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 16, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    hamil 2 bulan

  • Oleh : donnairish
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

    Susah Ereksi

  • Oleh : Muhammad Risku
  • 9 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok berumur 21 thn knapa y, beberapa hari ini penis syg susah bangat untuk ereksinya dok,,

    Tolong Jawaban nya segara dok,,saya sngat cemas dngan keaadaan sy yg skarang ini dok

    Konsultasi

  • Oleh : Nofi Ariyanti
  • 2 minggu, 2 hari yang lalu

    Assalamualaikum ibu bidan, jika haid saya tanggal nya tdk teratur, dan ketika cek sperma suami sy ternyata oligoasthenoteratozoospermia (oat), apakah sy dan suami masih bisa memiliki momongan dg cara promil alami??

  • Oleh : Nofi Ariyanti
  • Penyakit Azoospermia akibat Leukosit Tinggi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

    Nyeri Setelah Buang Air Kecil

  • Oleh : Bang Andre
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

  • Oleh : Bang Andre
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan