×

Ketahui Pola Tidur Pada Bayi Baru Lahir

Bagikan Artikel :

www.curhatbidan – Setelah masuk pada periode awal sehabis melakukan persalinan, maka pada sebian bayi yang akan tidur cukup lama pada hari-hari pertamanya. Bayi yang hanya bangun sebentar bahkan akan kurang menarik untuk menyusu, sedangkan pada bayi lainnya malah sebaliknya, akan bangun, rewel dan juga harus disusui. Dari kedua tipe tersebut memang termasuk nornmal. Pada siklus tidur bayi sangat berhubungan dengan berapa sering ia menyusu. Setelah menyesuaikan pada lingkungan baru maka bayi akan tidur sekitar 12 sampai 20 jam sehari. Pada awal periode tidurnya memang sangat singkat namun sering.

Aktivitas tidur pada bayi ternyata tidak hanya sekedar untuk mendapatkan waktu istirahat saja seperti layaknya yang dilakukan oleh orang dewasa. Tetapi melakukan banyak tidur, sang bayi juga akan mendapatkan pertumbuhan dan juga perkembangan yang maksimal. Ketika bayi tertidur, baik pada siang hari atau malam hari, maka didalam tubuhnya akan terjadi sekresi hormon pertumbuhan yang dapat memungkinkan sang bayi akan bertumbuh kembang dengan sehat. Selain itu juga, pada perkembangan fisik secara umumnya, waktu tidur dapat mempengaruhi pada perkembangan otak dan sistem saraf pusat bayi.

Menurut pakar kesehatan menunjukkan bahwa apabila bayi yang setidaknya tidur dua kali dalam sehari maka akan mengalami perkembangan otak jauh lebih baik serta lebih cepat untuk sehat. Karena itu dengan banyak tidur pada bayi maka bisa menjadi cerdas dalam menyerap berbagai informasi yang akan dibutukan. Bayi yang mendapatkan waktu tidur yang cukup banyak maka akan mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk aktifitas hariannya.

Related Posts :

    Selain pada perkembangan fisiknya, sang bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak untuk membuat suasana hatinya menjadi lebih baik. Sehingga sang bayi akan cenderung lebih sehat dan orang tua menjadi lebih tenang.

    Tahapan Tidur Pada Bayi

    • Tidur Nyenyak / Dalam

    Pada tahapan tidur ini sang bayi akan merasakan ketenangan dan rileks, pernapasannya berirama, atau terkadang berkedut namun jarang terbangun. Sang bayi akan terbangun hanya sebentar saja dan kemudian akan tertidur kembali.

    • Tidur Ringan

    Pada kondisi ini merupakan keadaan yang paking umum terjadi pada bayi baru lahir. Mata bayi akan tertutup namun bergerak dibalik kelopak matanya. Pada tahap tersebut bayi akan bergerak, mengisap, atau tersenyum. Pada pernapasannya juga tidak teratur, bayi akan memberikan respons terhadap suara atau rangsangan.

    Tahapan Bangun

    • Bangun Tenang

    Pada tahap ini biasanya akan mendahului pada periode tidur panjang. Bayi akan bernapas secara teratur dan juga atentif untuk memusatkan perhatian pada apa yang ia dengar dan lihat.

    • Bangun Aktif

    Pada tahap ini, rasa lapar, lelah, atau suara dapat mempengaruhi pada sang bayi. Ia tidak akan merasakan gelisah. Pada matanya yang terlihat terbuka namun tidak tampak jernih dan juga seatentif seperti pada tahap bangun tenang. Ketika sang bayi bangun pada tahap aktif maka waktunya untuk menenangkannya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 14, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Program kehamilan

  • Oleh : Claudia anggelina
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dimana alamat untuk akupuntur kehamilan

    Telat datang bulan

  • Oleh : richamayati
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

    Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

    Bercak Darah atau Flek Saat Hamil Usia 7 Minggu

  • Oleh : Asti Anisa
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Sore dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Tapi kemarin, saya menemukan ada bercak darah atau flek pada celana dalam. Itu pertanda apa yah dok ? saya takut, apa itu menjadi tanda keguguran atau bagaimana ? Mohon penjelasannya yah dok. Terimakasih.

    Pusing Dan Sakit Bagian Kepala

  • Oleh : andriani
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat Pagi Bu Dokter ….

    Saya mau tanya, kenapa ya akhir akhir ini saya sering kali merasakan rasa sakit yang begitu hebat dibagian atas, padahal tidak di sertai dengan rasa pusing. Teruskan saya coba untuk memutar bola mata ke bagian atas, dan hasilnya rasa sakit itu terus menyiksa dan begitu sangat terasa. Mohon penjelasannya Dok, terimakasih.

    Sulit makan MpAsi….,,

  • Oleh : THESSYA ULIANTRY
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau 7 bln,, tpi ia ada keluhan dlm pencernaan makanan, semenjak makan MPAsi ia suka mual2 dan muntah gak cocok hingga sampai kekurangan cairan akibat dehidrasi dan wktu itu ibu ngasih obat mual,, sampai asi pun di muntah kan tpi dri obat ibu, asi bisa masuk lagi.
    Dan skrng sya bingung , anaknya sudah mau makan bngt,, lalu sya kasih alternatif lain yg alami,, yaitu ubi/ boled,, lalu ia pun suka dn ga muntah alhamdulillah,, tapi bu ia skrng bab terus dan ada darah sedikit hari ini saja,, mungkin karena ada dua hal, sya makan pedas wktu kemarin atau krna makan ubi,, mohon solusi dari ibu…..,,

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan