×

Manfaat Berjemur Di Pagi Hari Bagi Bayi

Bagikan Artikel :

www.curhatbidan.com – Kita telah mengetahui bahwa sinar matahari dipagi hari sangatlah memiliki manfaat bagi kesehatan, dan hal ini berlaku juga untuk bayi. Setelah bayi dilahirkan, fungsi dari hatinya masih belum sempurna dalam proses pengolahan bilirubin. Yang dimana kadar bilirubin dalam darah bayi ini masih sangat tinggi, dan hal inilah yang dapat menyebabkan bayi mengalami suatu proses fisiologis penyebab bayi kuning.

Matahari dipagi hari memiliki kandungan yang sangat baik yaitu kandungan spektrum sinar biru yang berfungsi untuk dapat membantu dalam mengurangi kadar bilirubin didalam darah bayi. Sinar matahari juga sangat membantu untuk pembentukan tulang.

Menurut salah satu dokter yaitu dr. Nuraeni Erni Akbar B, DSKK menyatakan bahwa Provitamin D yang terdapat pada tubuh manusia akan berubah menjadi Vitamin D dengan adanya bantuan sinar matahari, dan sangatlah baik untuk pertumbuhan tulang.

Berikut manfaat berjemur dipagi hari bagi bayi :

1. Dapat menurunkan kadar bilirubin dalam darah

Bayi yang baru lahir memiliki fungsi hati yang belum normal, sehingga dapat mengakibatkan kadar bilirubin dalam darahnya tidak normal atau terlalu tinggi. Dari hal inilah yang membuat bayi baru lahir terlihat kuning. Kadar bilirubin akan mengalami kenaikan pada dari ke 3 sampai ke 5 pasca bayi tersebut dilahirkan. Sinar matahari yang memiliki kandungan spektrum sinar biru ini dapat membantu untuk memecah bilirubin dalam darah sehingga kadar bilirubin akan kembali normal, serta efek kuning pada bayi pun akan menghilang.

2. Memberi efek kehangatan

Sinar matahari dipagi hari dapat memberikan efek hangat pada bayi yang nantinya pun akan memberikan manfaat juga untuk mengeluarkan lendir-lendir yang bersarang pada tenggorokan bayi. Terutama pada bayi yang berpotensi memiliki gangguan seperti alergi.

3. Membuat tulang menjadi lebih kuat

Kandungan Vitamin D yang cukup tinggi pada sinar matahari sangat baik untuk tulang, yaitu untuk membantu kalsium supaya mudah untuk terserap dalah darah yang kemudian dapat menyatu dengan tulang sehingga akan menjadikan tulang menjadi lebih kuat dan sehat.

Related Posts :

    Menurut penelitian menyatakan bahwa anak-anak yang tinggal di kawasan terbuka, tidak ada yang mengalami Rickettsia (gangguan pertumbuhan tulang), sedangkan pada kawasan yang sangat padat, kasus penyakit Rickettsia mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Maka dari itu sangat disarankan bagi para orang tua untuk menjemur bayi dipagi hari selama beberapa saat yang bertujuan untuk mencegah terjangkitnya penyakit Rickettsia.

    4. Menghindari bayi dari stress

    Bayi yang mengalami stress setelah dilahirkan biasanya mengalami menangis secara terus menerus. Sinar matahari dipagi hari dapat berkhasiat untuk melepaskan hormon endorphin atau hormon anti depresi dalam tubuh, sehingga bayi yang mendapatkan sinar matahari dipagi hari akan terhindar dari stress ataupun rasa jenuh.

    Hal-hal yang perlu diketahui saat menjemur bayi yaitu :

    • Jika sinar matahari terlalu terik, bayi dapat dijemur dibalik jendela, namun masih tetap terkena sinar matahari.
    • Sebaiknya menjemur bayi dalam keadaan telanjang, termasuk popok. Dan pastikan sinar matahari mengenai pada tubuh bayi. Waktu menjemur cukup selama 15 menit.
    • Lindungi matanya dari sinar matahari. Jika perlu tutupi dengan kacamata tabir surya.
    • Berikan sentuhan pijatan yang lembut selama berjemur, untuk meningkatkan kontak antara ibu dan sang bayi.
    • Berikan ASI setelah selesai berjemur, karena dari sinar matahari dapat meningkatkan penguapan dari kulit bayi yang akan menyebabkan sang bayi mengalami dihidrasi.

    Jadi pastikan bayi Anda mendapatkan cukup dari sinar matahari setiap hari. Semoga bermanfaat 😉

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 17, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sdh hamil 8 bln blum ada tanda2 memproduksi asi

  • Oleh : Rennym
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Sulit makan MpAsi….,,

  • Oleh : THESSYA ULIANTRY
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau 7 bln,, tpi ia ada keluhan dlm pencernaan makanan, semenjak makan MPAsi ia suka mual2 dan muntah gak cocok hingga sampai kekurangan cairan akibat dehidrasi dan wktu itu ibu ngasih obat mual,, sampai asi pun di muntah kan tpi dri obat ibu, asi bisa masuk lagi.
    Dan skrng sya bingung , anaknya sudah mau makan bngt,, lalu sya kasih alternatif lain yg alami,, yaitu ubi/ boled,, lalu ia pun suka dn ga muntah alhamdulillah,, tapi bu ia skrng bab terus dan ada darah sedikit hari ini saja,, mungkin karena ada dua hal, sya makan pedas wktu kemarin atau krna makan ubi,, mohon solusi dari ibu…..,,

    Seputar kehamilan

  • Oleh : Novia Arifin
  • 5 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau tanya saya sudah telat haid selama 1minggu?tp,saya SDH tespeck hasilnya negatif.&saya tdk ada tanda2 awal kehamilan?cuman terkadang suka kram perut..apa kah saya harus menunggu 2minggu LG untuk melakukan tespack ulang?ato saya tdk hamil dok?mohon dijawab y dok🙏trmksh?

  • Oleh : Novia Arifin
  • Benjolan di vagina

  • Oleh : nadila ariska
  • 8 bulan yang lalu

    selamat malam ,saya perempuan umur 19 tahun belum menikah, di dalam lubang vagina saya terdapat benjolan yang menutupi lubang tersebut. Benjolannya tidak keras dan tidak juga lunak. Untuk siklus haid saya sangat teratur.saya baru menyadari adanya benjolan tersebut saat buang air kecil,dan disaat tumbuhnya pun saya tidak merasakan apa-apa,tidak ada gatal juga. Sudah hampir 2bulan saya mempunyai benjolan ini,dan tidak kunjung mengecil ataupun menghilang. Saya tidak pernah berhubungan badan,tetapi saya pernah mainin lubang saya dengan cara menusuk-nusuk nya dengan jari.Dan disaat itulah timbul rasa yang sangat nyeri .Untuk penyakit ini apakah berbahaya Bu? dan apakah bisa sembuh ?. Itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,terima kasih sebelumnya Bu.

  • Oleh : nadila ariska
  • Tentang payudara

  • Oleh : Monica Sindi
  • 1 tahun yang lalu

    Bidan..
    Saya mau bertanya…
    Gini baru2 ini saya baru mengetahui ada benjolan di payudara saya .
    Namun tidak terasa sakit
    Saya pernah search digoogle bahwa kanker payudara itu jika puting dipencet akan keluar air .
    Nah ini gak ..
    Hanya ada benjolan namun tidak terasa sakit…
    Itu kenapa ya?
    Mohon bantuannya 🙏🏻🙏🏻

    Tanya Bidan