×

Manfaat Memberikan ASI Ekslusif Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Selamat datang di webiste Bidan Online, situs kesehatan yang mengupas berbagai informasi seputar bayi, balita, ibu hamil dan menyusui. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Manfaat Memberikan ASI Ekslusift Pada Bayi. Berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

Tidak ada asupan yang lebih baik selain ASI untuk si kecil yang di produksi sendiri karena mengandung nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang bayi seperti protein, vitamin dan lemak. Bentuknya juga lebih mudah dicerna dibandingkan dengan susu formula.


Manfaat Memberikan ASI Ekslusif Pada Bayi

Tidak hanya pada bayi, ASI Ekslusif juga sangat bermanfaat untuk Anda dan berikut di bawah ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh si kecil dengan mengkonsumsi asi ekslusif diantaranya :

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Bayi

Related Posts :

    Air susu ibu mengandung zat antibodi yang dapat melawan segala jenis bakteri dan virus sehingga resiko untuk terserang penyakit seperti infeksi telinga, diare, infeksi saluran pernapasan, konstipasi dan berkembang menjadi pengidap diabetes 2 atau lebih dikenal dengan meningitis yang lebih rendah dibandingkan dengan bayi yangn tidak diberikan ASI ekslusif. Antibodi dari ibu juga mampu melindungi bayi dari serangan asma, eksim dan alergi.

    Menambah Kecerdasan Otak

    Salah satu cara yang efektif, alami dan sangat mudah yaitu dengan memberikan ASI Ekslusif dimana berdasarkan banyak penelitian para ahli asam lemak yang terdapat pada air susu ibu mengandung peranan yang penting dan sangat bermanfaat untuk kecerdasan otak bayi. Tidak hanya itu saja, hubungan emosional antara Bunda dan Si Kecil juga bisa terjadi saat proses menyusui.

    Menghasilkan Berat Badan Ideal

    Dengan memberikan ASI Ekslusif maka memberikan peluang besar lebih banyak. Sudah banyak para ahli yang mengemukan bahwa ASI eksklusif mengandung sedikit insulin dibandingkan dengan susu formula berbeda dengan insulin yang bisa memicu pembentukan lemak. Oleh karena itu, ASI tidak menimbulkan pembentukan lemak. Selain itu juga dengan diberikan ASI eksklusif akan memiliki leptin atau hormon yang berperan penting pada bayi untuk mengatur nafsu makan dan metabolisme.

    Menguatkan Tulang Bayi

    Manfaat asi eksklusif lainnya yaitu bisa menguatkan tulang pada bayi, karena bayi yang diberikan asi eksklusif selama tiga bulan atau lebih memiliki tulang leher dan tulang belakang yang lebih kuat dibandingkan dengan bayi yang diberikan ASI kurang dari jangka waktua tiga bulan atau bahkan tidak sama sekali.

    Mendapatkan Tambahan Kolesterol

    Jika pada orang, kolesterol biasanya menjadi asupan yang tidak baik berbeda dengan bayi. Kolesterol sangat diperlukan untuk bayi agar bisa tumbuh kembang dan zat yang satu ini banyak ditemukan pada ASI.

    KB Alami

    Jika Anda memberikan ASI Eksklusif maka bisa menghambat Ovulasi dan untuk mendapatkan manfaatnya maka Anda disarankan untuk menyusuinya kapanpun saat si kecil membutuhkannya.

    Resiko Terkena Kanker Menurun

    Dan yang terakhir manfaat dari memberikan ASI Eksklusif pada bayi yaitu menurunkan resiko kanker. Meksipun hal ini belum di ketahui secara pasti namun dengan menyusui maka bisa mengurangi sejumlah resiko kanker payudara atau ovarium. Bahkan menurut sejumlah penelitian, semakin lama menyusui maka semakin lama terlindung dari penyakit ini dan hal ini yang memungkinkan Anda agar bisa menekan produksi hormon estrogen.

    Baca Artikel Lainnya :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 24, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Program Hamil

  • Oleh : Fajar
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya sudah menikah kira kira 5 bulanan. Saat ini saya sedang melakukan program hamil. Saya dan suami berharap segera memiliki keturunan. Namun sayang, suami saya merupakan perokok aktif dan sangat susah untuk berhenti merokok. Yang saya mau tanyakan apakah program hamil saya akan terjadi meski sang suami merupakan perokok aktif?

    Apakah saya hamil?

  • Oleh : Desy Silvy
  • 3 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok Bln 1 tgl 1-5 sya m dan BulN 1 tgl 28-1 m lgi. BulN 2 tgl 14 15 sy berhubungan tgl 24-27 saya m. Sampek bulan 4 tgl 3 sy blm dpt tadi pgi saya test gari dua. Pa itu positif

  • Oleh : Desy Silvy
  • Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Haid

  • Oleh : Rhippy
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat siang dok, saya berumur 34 tahun dan baru menikah.. sebelum menikah masa haid saya kurun waktu 3 hari tp setelah menikah ini masa haid saya cuman 2 hari dan pada hari ke 3 cuman bercak coklat saja apa ini termasuk normal? Terimakasih sebelumnya..

  • Oleh : Rhippy
  • Kesulitan hamil saat sdah kb

  • Oleh : Ulfha Arham
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok sya ingin bertnya

    Tanya Bidan