×

Manfaat Mendengarkan Musik Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Manfaat Mendengarkan Musik Pada Bayi – Mungkin sudah banyak yang kita dengar bahwa mendengarkan musik memang memiliki manfaat, salah satunya adalah bermanfaat untuk perkembangan bayi yang baru lahir. Mendengarkan musik sebanyak minimal tiga kali sehari yaitu pada waktu pagi saat ia bangun tidur, pengantar tidur siang, sampai sebagai senandung pengantar tidur malamnya.

Manfaat mendengarkan musik bagi bayi tidak hanya untuk kesehatannya saja, tetapi juga untuk kesehatan mentalnya dan juga perkembangan otak atau kognitifnya. Menurut penelitian oleh sejumlah ahli dan telah dibuktikan bahwa mendengarkan musik pada bayi sangat bermanfaat, dan musik yang disarankan adalah musik klasik, jadi tidak sembarangan musik. Dan menurut Dr Brent Logan bahwa mengajak bayi untuk mendengarkan musik akan membuat sang bayi mengenali dentuman dan juga pola musik pada otak mereka, serta musik juga membantu dalam perkembangan detak jantung dan juga fisik bayi.

Berikut beberapa manfaat musik pada bayi, diantaranya :

1. Membantu Bayi Belajar Sejak Dini

Menurut Dr Logan telah menjelaskan bahwa dari nada dan irama yang telah didengarkan pada bayi akan membuat bayi mengenal prinsip persepsi dan juga penalaran dasar seperti pengulangan, pergantian, dan juga perbandingan. Irama musi yang telah terbukti juga mampu untuk menstimulus bayi supaya bayi senang untuk bergerak. Dari musik klasik memang menjadi suatu hal yang penting dalam perkembangan bayi tersebut.

Related Posts :

    2. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

    Musik dapat membantu perkembangan otak pada bayi dalam hal untuk menerima informasi. Dari kemampuan ini kelak yang akan mempengaruhi dari keterampilan dalam berkomunikasi.
    Menurut Coulter juga memberikan pernyataan bahwa sebuah permainan yang melibatkan musik maka akan lebih cepat untuk meningkatkan keterampilan dalam berbahasa anak, sekaligus untuk menambah secara cepat dalam kosakatanya, dan kelak ia akan tumbuh menjadi anak yang mampu untuk mengorganisasikan ide serta cepat dalam memecahkan masalah.

    3. Memiliki Pencernaan lebih Baik

    Pada bayi yang terekspos musik alan mempunyai pencernaan yang lebih baik, dikarenakan adanya rasa rileks yang telah diterima. Dan berdampak efisiensi metabolisme meningkat dan akhirnya berat badannya pun akan lebih meningkat.

    4. Meningkatkan Kemampuan Matematika

    Menurut hasil dari penelitian psikolog Fran Rauscher dan Gordon Shar bahwa ada kaitan cukup erat dengan bermusik yang penguasaan level matematikanya yang tinggi.

    Itulah manfaat dari mendengarkan musik pada bayi. Untuk itu dengan mendengarkan musik pada bayi maka akan terhindar dari suatu tekanan. Semoga bermanfaat 😉

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 3, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    BO

  • Oleh : Ochaa
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya ingin bertanya apakah setiap kehamilan BO slalu disertai perdarahan?kl tidak alasannya apa.tks

    Pusar

  • Oleh : Qurata Aini
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dan sekarang pusar saya juga terasa sakit beserta bau tak sedap …. Padahal dalam seharri saya 2 kali mandi dan rajin mmbersihkannya…bagaimna solusinya

    Sakit di daerah perut kiri bawah

  • Oleh : Febri Putri
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu bidan , beberapa waktu lalu aku merasakan sakit perut dibawah sblh kiri Sampek kekaki dan beberapa hari ini sakitnya kumat lagi dan keputihan berwarna kuning , tolong di jawab yaa dok ??

    Anak Reterdasi Mental

  • Oleh : Ocha Odang
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    Anak reterdasi mental ini sekolahnya apa harus sekolah khusus, seperti: SLB?

  • Oleh : Ocha Odang
  • Penyakit Azoospermia akibat Leukosit Tinggi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

    Tanya Bidan