×

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Untuk Meningkatkan Imunitas Bayi

Bagikan Artikel :

Selamat datang di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu Manfaat Mengkonsumsi Ikan Untuk Meningkatkan Imunitas Bayi dan berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

Related Posts :

    Mengkonsumsi ikan sangat disarankan oleh ahli gizi karena mengandung nutrisi yang penting untuk perkembangan otak dan pemberian ikan tidak hanya harus dikhususkan sebagai makanan pendamping ASI akrena juga dimulai ketika bayi masih dalam kandungan hingga dewasa.

    Salah satu kandungan yang sangat bermanfaat yaitu omega 3 asam lemak yang terdapat dalam ikan dan salah satunya sangat bagus untuk meningkatkan bayi.

    Meskipun sebenarnya imunitas bayi bisa diperoleh dari air susu ibu tapi dengan mengkonsumsi ikan bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh bayi dan saat memasuki usia 6 bulan bisa memberikan imunitas pada bayi. Dengan memberikan imunitas tambahan yang diharapkan bisa membantu bayi Anda untuk mengurangi resiko terkena gangguan atau penurunkan sistem imunitas tubuh yang mengakibatkan kondisi bayi menjadi lebih buruk. Penurunan imun juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, faktor cuaca yang tidak menentu serta beberapa jenis virus dan bakteri.

    Memberikan variasi makanan tidak saja hanya untuk menambah nafsu makan bayi tapi juga membantu menjaga imunitas tubuh si kecil salah satunya dengan memberikan ikan. Kandungan DHA dan EPA yang banyak dalam ikan bermanfaat untuk mencegah penyakit dan menurunkan resiko peradangan pada bayi. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Departement of Food Science and Human Nutrition di Michigan State University in East Lansing Michigan. Dimana penelitian ini menunjukan bahwa kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan yaitu DHA tidak hanya mampu meningkatkan imunitas tubuh saja melainkan juga mengurangi dan menurunkan resiko terjadinya peradangan.
    Tidak hanya ikan saja yang bisa mempengaruhi kandungannya melainkan juga minyak ikan yang memiliki manfaat besar dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi Anda. Minyak ikan mampu meningkatkan aktifitas sel B serta memproduksi antibodi yangberhubungan dalam membantu respon imun dengan menggunakan bantuan dari patogen sehingga mengurangi totalitas dan proses inflamasi. Maka alangkah baiknya jika Anda memilih ikan tawar atau ikan laut yang tidak mengandung merkuri karena kandungan merkuri yang tinggi bisa mempengaruhi kondisi kesehatan si kecil dan pemilihan ikan laut yang tepat seperti salmon yang rendah kalori sangat aman dikonsumsi oleh bayi Anda. Hindari pemberikan kerang karena bisa mengandung merkuri yang tinggi.
    Jadi pada dasarnya pemberian ikan bisa dimulai sejak bayi pertama kali diberikan MPASI tetapi dengan cara yang bertahap dan hal ini untuk menghindari alergi makanan pada bayi serta dideteksi dengan tepat oleh Anda. Pemberian ikan alang baiknya juga divariasikan dengan sayuran untuk mencegah kebosanan dan yang terpenting memperhatikan asupan makanan bergizi untuk bayi. Kandungan DHA yang terdapat dalam susu formula juga bisa menambah kadar protein serta membantu menjaga kekebalan tubuh dibandingkan dengan balita yang hanya mengkonsumsi susu sapi saja.
    Demikian informasi mengenai  manfaat mengkonsumsi ikan untuk meningkatkan imunitas bayi semoga artikel kami menjadi referensi yang baik dan bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah menyempatkan berkunjung.
    Baca Juga :
    (*) 4 Tips Mudah dan Aman Merawat Gusi Bayi
    (*) Pengaruh Stroller Pada Kesehatan Punggung Bayi
    (*) 11 Cara Memberikan Obat Pada Bayi

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 18, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Monica Puspitasari
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu bidaan…
    Mau tanya dong bu..
    Saya kan terakhir haid tgl 1 maret. Dan sampai tanggal 6 april belum jga datang bulan. Semalam tgl 7 saya berhungan dengan suwami saya. Bangun sahur tdi kok ada keluar bercak darah ya bu .. saya jg belum melakukan tespeck setelah telat datang bulan ini. Kenapa ya bu bisa keluar bercak darah dan apa solusi nya ??? Tolong bantuan nya ya bu bidan
    Trimakasih
    Wasallam wr. wb

  • Oleh : Monica Puspitasari
  • usia kehamilan sudah hampir lebih dari 9 bulan tapi bayi belum lahir

  • Oleh : salsa amelia
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

    Terlamat datang bulan

  • Oleh : Nuraeni Fadilah
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Bu dokter saya mau tanya saya berhubungan intim tgl 28 terus samapai sekarang belum head d tes peck hasil nya negatif kenapa ya bok

  • Oleh : Nuraeni Fadilah
  • Sering mulas di usia kehamilan 7 bulan

  • Oleh : Sitihumairoh
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

    Menstruasi

  • Oleh : Eka Lestari
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bu bidan umur saya 18 tahun dan saya menstruasi sudah 24 hari apakah itu berbahaya?

  • Oleh : Eka Lestari
  • Tanya Bidan