×

Masalah Umum Yang Sering Terjadi Pada Bayi Baru Lahir Dan Cara Penanganannya

Bagikan Artikel :

Menjadi orang tua baru memang sangat menyenangkan, namun disamping itu hal lain pun bisa saja menjadi hal yang cukup menantang dan juga menegangkan.  Berbagai masalah terutama pada masalah kesehatan sering dijumpai pada bayi yang baru lahir. Untuk itu bagi Anda yang masih belum cukup untuk mengurus bayi yang baru lahir, mungkin Anda akan mengalami sedikit kerepotan untuk menghadapi hal tersebut.

Pada tubuh bayi baru lahir masih begitu rapuh, beberapa organ didalam tubuhnya belum bekerja dengan semestinya. Selain itu juga dari sistem kekebalan tubuhnya pun masih belum terbentuk dengan sempurna. Dari hal inilah yang membuat beberapa masalah dan juga penyakit akan lebih rentan atau mudah menyerang pada sang bayi tersebut, sehingga bagi orang tua sangatlah penting sekali agar untuk selalu menjaga kesehatan sang bayi.

Ada beberapa cara dalam mencegah timbulnya penyakit yaitu kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar bayi baru lahir, serta menghindari bayi tersebut dari jamahan orang banyak, karena hal itu dapat membuat kumat ataupun bakteri akan lebih mudah masuk kedalamnya.

Berikut ada beberapa masalah umum yang sering terjadi pada bayi baru lahir dan cara penanganannya :

Tersedak

Tidak jarang disaat sedang menyusui, bayi akan mulai tercekik atau tersedak. Jika hal ini terjadi maka peganglah bayi tersebut dengan muka menghadap kebawah, kepala lebih rendah daripada tubuh, kemudian tepuk punggung bayi dengan lembut. Biasanya bayi akan memuntahkan sebagian susunya yang sudah ditelan, beberapa kali batuk-batul, dan bisa bernafas kembali tanpa kesulitan.

Sembelit

Sembelit atau sudah buang air besar yang dikarenakan tinja yang terlalu keras tidak kenal pada bayi yang menyusui pada ibunya langsung. Pada bayi yang diberikan susu formula yang dilengkapi dengan zat besi akan mengeluarkan tinja yang lebih keras. Dalam cuaca yang sedang panas, sembelit akan menunjukkan bahwa sang bayi sedang memerlukan cairan tambahan.
Cobalah berikan susu/air lebih banyak pada bayi. Namun jika kondisi ini terus menerus, maka konsultasikan pada dokter.

Gumoh

Sebenarnya gumoh berbeda dengan muntah, meskipun keduanya sering terjadi pada bayi. Gumoh dan muntah sam saja mengeluarkan isi dari lambung. Namun gumoh terjadi tanpa didahului dengan rasa mual, seperti air mengalir, dan isi lambung keluarh begitu saja. Pada normalnya gumoh ini dialami oleh bayi pada usia 0-12 bulan.
Agar bayi tidak mengalami gumoh, sebaiknya bayi tersebut diatasi dengan membantu agar bayi sendawa. Caranya mengangkat bayi setelah diberikan ASI kemudian senderkan pada pundak kita.

Milia

Milia merupakan sejenis jerawat putih yang berukuran kecil, dan sering tampak pada bayi. Biasanya muncul pada bagian hidung, dahi, dan juga pipi. Hal ini terjadi karena tersumbatnya kelenjar minyak pada kulit.
Anda tidak perlu khawatir dan tidak memerlukan pengobatan yang khusus, karena milia akan hilang dengan sendirinya. Cukup basuh dengan air, dan hindari penggunaan lotion atau krim.

Masalah Bayi Kuning

Sebagian besar kelahiran bayi baik ataupun prematur mungkin akan mengalami penyakit kuning. Kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan kadar bilirubin dalam darah. Fungsi dari organ hati yang masih belum bekerja dengan baik akan mengakibatkan kondisi tersebut terjadi.
Kondisi ini tidaklah berbahaya, sebaiknya berikan ASI pada sang bayi. Karena kebutuhan ASI yang terpenuhi akan membantu meredakan kondisi kuning pada tubuhnya.

Infeksi Tali Pusat

Dalam perawatan tali pusat harus diperhatikan dengan benar. Karena tali pusat harus dijaga dalam kebersihannya supaya tidak terjadi suatu infeksi. Pada umumnya tali pusat akan lepas dengan sendirinya setelah 1-2 minggu sesudah sang bayi lahir. Jika sedang memandikannya, dan tidak sengaja terkena air maka harus langsung mengeringkannya dengan kasa yang steril ataupun cotton bud.
Untuk perawatannta cukup dengan air matang. Tali pusat tidak dianjurkan untuk ditutup. Sebisa mungkin harus tetap kering.

Related Posts :

    Candle Crap

    Candle Crap atau kerak pada kulit kepala sebenarnya tidak membahayakan. Hal ini disebabkan oleh adanya debu atau polusi udara.
    Cara membersihkannya sangat mudah, cukup dengan menggunakan shampo bayi, atau membubuhkan minyak bayi pada kulit kepala tersebut sehari sebelum mengeramas bayi membantu pencairan muinyak dalam kerak dengan membasahkannya pada kulit kepala bayi. Maka dari itu usahakan kulit kepala bayi agar tetap sejuk dan juga kering.

    Demikian informasi mengenai masalah umum yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Semoga menjadi wawasan bagi Bunda baik yang sudah mempunyai anak maupun yang baru akan melahirkan 🙂

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 28, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Maternitas

  • Oleh : Laela Cahyana
  • 3 minggu, 1 hari yang lalu

    Assalamualaikum, bu saya udah telat haid 19 hari biasanya bulan² kemarin haid lancar dan selama setahun nikah saya gak pernah ikut program Kb atau yang lain nya, maaf bu pertanyaan saya sedikit jorok waktu tadi pagi saya kira haid soalnya miss V basa banget, pas saya colek pake tissue ternyata kaya keputihan kentel banget bu? Dan saya belum coba tespack, apa kemungkinan saya hamil bu?

    Normalkah sering pipis saat hamil

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bu bidan saya wanita usia 27 tahun, saat ini saya sedang mengandung usia 5 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah normal jika saya sering pipis dan bagaimana cara mengatasinya?

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

  • Oleh : demetriusnies67
  • 9 bulan, 3 minggu yang lalu

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

    Cara mengatasi PMS

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, kenapa yah setiap menjelang menstruasi saya jadi mudah marah dan lebih sensitif? bagaimana sih cara mengatasi PMS itu bu bidan? Terimakasih:)

    Bayi Berkeringat Saat Udara Dingin

  • Oleh : erin dianawati
  • 5 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan,
    Saya ingin bertanya, anak saya usia 8 bulan ketika tidur malam hari sering berkeringat padahal udaranya dingin. Apa ada masalah dengan anak saya saya ? Terimakasih sebelumnya

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan