×

Mengapa Bayi Tidurnya Lebih Panjang?

Bagikan Artikel :

Mengapa Bayi Tidurnya Lebih Panjang?

Jam tidur bayi memang lebih panjang. Dalam dunia bayi dan anak-anak, tidur adalah kegiatan yang sama pentingnya dengan makan, minum, rasa aman, atau bermain. Si Kecil butuh tidur agar tubuhnya beristirahat, segar dan mendapatkan energi baru. Menurut para peneliti di Amerika, pada waktu tidur, otak kita menyaring dan menyimpan informasi, mengganti bahan kimia, dan memecahkan masalah.

Manfaat Tidur Untuk Bayi

  1. Mendorong pertumbuhan
    Pertumbuhan bayi akan maksimal apabila tidur dengna nyenyak. Untuk itu bayi perlu menhabiskan 50$ dari waktu mereka tidur setiap harinya, agar pertumbuhannya memadai.
  2. Tidur membantu jantung
    Menangis adalah olahraga untuk menyehatkan jantung. Tapi selain itu tidur juga dapat melindungi bayi dari kerusakan pembuluh darah
  3. Mempengaruhi berat badan
    Tidur yang sedikit pada bayi akan menyebabkan bayi menjadi obesitas.
  4. Membantu mematikan kuman dan bakteri
    Selama tidur, tubuh memproduksi protein yang dikena sebagai sitokin. Tubuh bergantung pada protein ini untuk melawan infeksi, penyakit dan stres.

Waktu Tidur yang Dibutuhkan

• Bayi (Newborn) usia 0-3 bulan disarankan untuk tidur sebanyak 16-20 jam per hari.
• Bayi (Infant) usia 4-11 bulan disarankan untuk tidur sebanyak 12-16 jam per hari.
• Batita usia 1-2 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 11-14 jam per hari.
• Balita 3-5 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 10-13 jam per hari.

Jika Bayi atau Anak Kurang Tidur

Jika buah hati kurang tidur, dampaknya tidak hanya menangis. Studi di Israel menunjukkan bahwa bayi usia 1 tahun yang kurang tidur diduga akan memiliki rentang konsentrasi yang lebih pendek, mudah lupa, dan mempunyai masalah perilaku begitu mereka menginjak usia 3 dan 4 tahun. Tidur dengan waktu yang sedikit juga dipercaya memengaruhi pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuh, hingga mengakibatkan Si Kecil rentan sakit.
Hasil penelitian bidang psikiatri anak di Amerika terhadap 9000 anak usia prasekolah meyakini bahwa kurang tidur dari 9 jam per malam membuat mereka lebih mungkin menunjukkan sikap impulsif, marah-marah, dan tantrum (ledakan emosi atau rasa frustrasi yang disertai dengan ketakutan atau kecemasan), daripada mereka yang cukup tidur di malam hari.
Waktu tidur yang cukup juga memainkan peran penting terhadap perkembangan kognitif buah hati, yaitu kemampuan untuk berpikir dan memahami, mengolah informasi, belajar bahasa, dan lain sebagainya. Pada anak usia sekolah, kurang tidur bisa membuat mereka kurang konsentrasi dalam belajar, bersikap nakal, mendapatkan nilai yang jelek, depresi, hingga hiperaktif.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 3, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana cara mengatasi mata lelah?

  • Oleh : Sheila Marwah
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya gimaana sih cara mengatasi mata lelah karena sering di depan komputer? apa perlu saya memakai kacamata? tolong di jawab yah bu bidan, terimakasih:)

  • Oleh : Sheila Marwah
  • Daging lebih di bibir vagina

  • Oleh : Annisa Rahmania
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok sebelumnya saya ingin bertanya. Saya belum menikah dan saya belum pernah berhubungan intim, Vagina saya sering gatal trs keluar keputihan terkadang bening, berwarna putih, kadang berbau dan kadang tidak berbau. Dan muncul daging di bibir vagina,
    Itu kenapa ya dok?

    Kehamilan

  • Oleh : Ria Agustin
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat siang bu bidan… Bu saya mau curhat saya masih mempunyai anak yang masih kecil dan ini saya hamil lagi tapi saya sama suami sepakat untuk tidak meneruskan kehamilan saya soalnya banyak faktor termasuk keuangan… Apa yang harus saya lakukan ya bu? Saya sudah berusaha memakai semua alat kontrasepsi tetapi tidak ada yang cocok… Mungkin ada solusi untuk saya… Usia kehamilan saya kemungkinan 4 minggu… Baru saya cek setelah 1 minggu telat haid…
    Terima kasih

    Keguguran

  • Oleh : Linda Andriani
  • 2 minggu, 5 hari yang lalu

    Sore…
    apakah keluar darah pada kehamilan 3 bulan itu keguguran?

  • Oleh : Linda Andriani
  • telat datang dan testpack

  • Oleh : wedha savitri
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    bu bidan saya mau tanya hari ini saya udah hari ke 4 telat datang bulan dan saya sdh melakukan test kehamilan di hari ke 4 saya telat dan hasilnya 2 garis hanya saja garis yg satunya warna tidak pekat sperti garis sblmnya.terima kasih

    Tanya Bidan