×

Mengapa Bayi Tidurnya Lebih Panjang?

Bagikan Artikel :

Mengapa Bayi Tidurnya Lebih Panjang?

Jam tidur bayi memang lebih panjang. Dalam dunia bayi dan anak-anak, tidur adalah kegiatan yang sama pentingnya dengan makan, minum, rasa aman, atau bermain. Si Kecil butuh tidur agar tubuhnya beristirahat, segar dan mendapatkan energi baru. Menurut para peneliti di Amerika, pada waktu tidur, otak kita menyaring dan menyimpan informasi, mengganti bahan kimia, dan memecahkan masalah.

Related Posts :

    Manfaat Tidur Untuk Bayi

    1. Mendorong pertumbuhan
      Pertumbuhan bayi akan maksimal apabila tidur dengna nyenyak. Untuk itu bayi perlu menhabiskan 50$ dari waktu mereka tidur setiap harinya, agar pertumbuhannya memadai.
    2. Tidur membantu jantung
      Menangis adalah olahraga untuk menyehatkan jantung. Tapi selain itu tidur juga dapat melindungi bayi dari kerusakan pembuluh darah
    3. Mempengaruhi berat badan
      Tidur yang sedikit pada bayi akan menyebabkan bayi menjadi obesitas.
    4. Membantu mematikan kuman dan bakteri
      Selama tidur, tubuh memproduksi protein yang dikena sebagai sitokin. Tubuh bergantung pada protein ini untuk melawan infeksi, penyakit dan stres.

    Waktu Tidur yang Dibutuhkan

    • Bayi (Newborn) usia 0-3 bulan disarankan untuk tidur sebanyak 16-20 jam per hari.
    • Bayi (Infant) usia 4-11 bulan disarankan untuk tidur sebanyak 12-16 jam per hari.
    • Batita usia 1-2 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 11-14 jam per hari.
    • Balita 3-5 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 10-13 jam per hari.

    Jika Bayi atau Anak Kurang Tidur

    Jika buah hati kurang tidur, dampaknya tidak hanya menangis. Studi di Israel menunjukkan bahwa bayi usia 1 tahun yang kurang tidur diduga akan memiliki rentang konsentrasi yang lebih pendek, mudah lupa, dan mempunyai masalah perilaku begitu mereka menginjak usia 3 dan 4 tahun. Tidur dengan waktu yang sedikit juga dipercaya memengaruhi pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuh, hingga mengakibatkan Si Kecil rentan sakit.
    Hasil penelitian bidang psikiatri anak di Amerika terhadap 9000 anak usia prasekolah meyakini bahwa kurang tidur dari 9 jam per malam membuat mereka lebih mungkin menunjukkan sikap impulsif, marah-marah, dan tantrum (ledakan emosi atau rasa frustrasi yang disertai dengan ketakutan atau kecemasan), daripada mereka yang cukup tidur di malam hari.
    Waktu tidur yang cukup juga memainkan peran penting terhadap perkembangan kognitif buah hati, yaitu kemampuan untuk berpikir dan memahami, mengolah informasi, belajar bahasa, dan lain sebagainya. Pada anak usia sekolah, kurang tidur bisa membuat mereka kurang konsentrasi dalam belajar, bersikap nakal, mendapatkan nilai yang jelek, depresi, hingga hiperaktif.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 3, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makanan sehat untuk ibu hamil trimester 1

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi
    Saat ini saya tengah hamil anak pertama, sehingga saya belum memiliki banyak pengalaman di kehamilan ini. Untuk menjaga kehamilan saya tetap sehat dan tumbuh kembang janin saya tetap terjaga. Nutrisi baik apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan dan menu makanan apa yang bisa memenuhi asupan nutrisi tersebut? Terimakasih.

    Bahayakan Minum Obat Tidur Saat Hamil

  • Oleh : Indri Ekawaty
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau bertanya, saya sekarang sedang mengandung, usia kandungan saya baru menginjak 3 bulan, tapi kenapa akhir akhir ini saya susah tidur. Kalau saya minum obat tidur apakah tidak apa ?

    tips kehamilan dengan diabetes

  • Oleh : francesca21c
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya mau tau dong ada ga tips sehat yang harus dilakukan ibu hamil penderita diabetes?

    Kapan ita melakukan tespek yg akurat?

  • Oleh : Nenih Nurjanah
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok selamat pagi ,saya ai nenih dok mau bertanya kapankah melakukan tespek agar hasil lebih akurat ?

    Sedikit cerita saya haid tnggl 29 desember nah pas masa subur setelah selesai haid saya rajin 2x sehari kadang 3xsehari melakukan HB ..
    Nah ini sudah satu minggu dan malam saya tiba tiba mual ntah saya masuk angin atau apa tpi tdi subuh saya iseng iseng tespeck tpi hasilnya agak samar banget garis kedua, dan d fto gak kelihatan bangt klw d fto hasilnya negatif tpi pas d terawang sma saya ada garis tipis bnggt yg satunya pekat.. apakah akurat klw ditespek seminggu setelah berhubungan atau ada baiknya nunggu sampe akhir bulan ? Gmna dok minta infonya trmkasih wasalam

    Impotensi

  • Oleh : Hasbi Syadiki
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Pagi suster
    Nama saya hasbi syadiki
    Umur :19 tahun
    Saya memang sering melakukan onani dari sejak kelas smp 1 sampai sekarang
    Belakangan ini penis saya susa eraksi tapi penis saya eraksi tadi pagi habis dari bangun tidur
    Saya pancing nonton film dewa mr p saya eraksi tapi klau diluar rumah saya lihat cewek seksi mr p saya susah eraksi.
    Itu kenapa ya suster
    terimakasih

    Tanya Bidan