×

Mengenal Tanda-tanda Bayi Terlambat Berkembang

Bagikan Artikel :

Mengetahui perkembangan buah hati setiap hari, menjadi kebanggaan tersendiri bagi para orangtua. Selain pertambahan berat badan dan tinggi badannya, orangtua juga perlu mencermati perkembangan dari milestones bayi. Sebab, pada setiap anak akan memiliki waktu yang berbeda dalam mencapai milestones tertentu. Akan tetapi, apakah kita sebagai orangtua sudah mengetahui dan mengenali bagaimana tanda-tanda si kecil mengalami keterlembatan dalam berkembang?

Hal ini juga disampaikan oleh Dr. Marat Zeltsman dari Joe DiMaggio Children’s Hospital jika anak terlembat berkembang, berarti anak tersebut tidak dapat mencapai suatu milestones hingga batas usia maksimal yang terdapat pada milestones chart. Namun, akan lebih baik jika orangtua tidak mengambil kesimpulan sendiri, dan harus mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter anak untuk informasi yang lebih akurat.

Sedikit informasi dibawah ini yang mungkin akan sangat bermanfaat bagi Bunda yang meiliki anak dengan ciri keterlembatan dalam berkembang.

A ) 0-2 Bulan.

1. Kesulitan menggerakan mata atau sering menjulingkan matanya.

2. Tidak merespons suara bising.

3. Tidak mengenali tangannya sendiri.

B ) 3-4 Bulan.

1. Tidak bisa mengikuti objek yang bergerak dengan matanya.

2. Tidak tersenyum saat melihat orang lain.

3. Tidak bergumam atau berusaha menirukan suara yang didengar.

4. Tidak berusaha memasukkan benda ke dalam mulut.

C ) 5-7 Bulan.

1. Kepala belum bisa tegak saat tubuh ditarik dari posisi tidur ke duduk.

2. Meraih sesuatu dengan 1 tangan.

3. Tidak bisa berguling.

4. Tidak tertawa atau memekik.

Related Posts :

    Jika si kecil kemudian mengalami banyak keterlembatan dalam semua bidang, maka penyebabnya bisa dipastikan karena beberapa faktor dibawah ini.

    • Encephalopathy; merupakan gangguan sebelum atau mendekati kelahiran; statis termasuk kelahiran premature.
    • Kelainan otak.
    • Kelainan kromosom.
    • Infeksi.
    • Serta encephalopathy progresif termasuk penyakit metabolik, sindrom neurocutaneous, sindrom Rett dan hydrocephalus.

    Tidak hanya kelainan yang terjadi pada tubuh si kecil, keterlembatan dalam berkembang juga mempengaruhi bagaimana motorik anak dikarenakan sangat sedikitnya menerima rangsangan yang diteirma si kecil, baik mulai dari orangtua, pengasuh dan mainannya.

    Perlu Anda ketahui sebagai orangtua, yaitu keterlembatan dalam perkembangan anak juga bisa terjadi karena faktor dari pola asuh. Kehati-hatian orangtua hingga super protektif berpengaruh besar terhadap keterlambatan perkembangan motorik si kecil.

    Baca lainnya :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 10, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Susah Makan Saat Hamil

  • Oleh : Theresia Tina
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, maaf mau bertanya mengenai susah makan yang saya alami saat ini. Kenapa ya bawaan mau makan itu susah, rasanya mual dan mau muntah. Hal itu tidak terjadi hanya satu kali, melainkan sering. Saat ini usia kandungan saat menginjak 3 bulan.

    Bagaimana langkah yang sebaiknya saya lakukan bu bidan ?? saya takut bayi dalam kandungan saya tidak mendapatkan nutrisi yang baik. Mohon saran dan jawabannya bu

    Telat datang bulan tapi tidak hamil

  • Oleh : Riana
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    saya telat satu bulan tidak haid, tapi pas coba testpack hasilnya negatif.. Apakah ini normal?

    Ada Kontraksi Tapi Tidak Melahirkan

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi mba bidan,

    Saat ini saya tengah mengandung usia kehamilan 8 bulan 1 minggu. Akhir akhir ini saya sering merasa sakit seperti orang yang mau melahirkan, dan kemarin rasa sakitnya sangat kuat seperti kontraksi yang biasanya datang ketika mau lahiran. Tapi kemarin saya cek ke dokter kandungan, katanya hal itu wajar saja dan kemungkinan bayi saya akan lahir sekitar 2-3 minggu lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar? Saya takut terjadi apa apa dengan bayi saya. Terimakasih, saya tunggu jawaban Anda.

    Lemas

  • Oleh : Risky nur
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

    Benarkah Mengkonsumsi Terong Berpengaruh Pada Penis ?

  • Oleh : Riza
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

  • Oleh : Riza
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan