Nutrisi Penting Pada Buah Pisang Untuk Makanan Pertama Bayi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • www.curhatbidan.com – Pisang merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi serta kaya akan manfaatnya. Pisang merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan sumber vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Perlu diketahui, sebelum adanya Mpasi, ternyata buah pisang dijadikan sebagai makanan pertama untuk bayi. Karena kandungan buah pisang yang sangat luar biasa dan bergizi.

    Pada umumnya pisang dianggap memiliki pengaruh yang menenangkan pada sistem pencernaan, sehingga terdapat beberapa sumber yang menyarankan buah pisang sebagai makanan pertama yang baik untuk bayi dengan refluks.

    Nutrisi Buah Pisang


    Pisang memiliki kandungan banyak nutrisi, yang merupakan sumber kalium yang sangat baik, sebuah elektrolit penting juga digunakan oleh otot-otot, mengatur darah, dan menyehatkan jantung. Pada beberapa studi juga menyarankan bahwa seseorang yang mengkonsumsi pisang dan makanan lainnya yang mengandung kalium maka akan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan atheroscleroses serta tekanan darah tinggi.

    Pisang yang dikenal sebagai salah satu antasida alami, yang zat ini dikenal untuk membantu dalam melindungi tubuh terhadap rasa sakit maag atau kerusakan maag. Selain itu juga, buah pisang mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin B2, vitamin C, magnesium, kalsium, besi dan seng. Pisang matang memiliki kandungan pektin, serat larut yang dapat memperlancar pencernaan serta mencegah sembelit. Sedangkan pada pisang yang mentah memiliki efek yang berlawanan dan juga dapat menyebabkan sembelit.

    Buah pisang yang sudah matang sangat baik untuk bayi karena mengandung antioksidan . Apabila si kecil sudah mulai pulih dari serangan jahat seperti diare, maka berikan buah pisang karena sangat berguna untuk menggantikan elektrolit yang telah hilang. Bahkan pisang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan juga gigi karena dapat meningkatkan penyerapan kalsium.

    Berikut kandungan nutrisi dalam 1 cangkir pisang tumbuk :

    VITAMIN :

    • Vitamin A – 144 IU
    • Vitamin C – 19.6 mg
    • Vitamin B6 – 82 mcg
    • Vitamin E – 22 IU
    • Niacin – 149 mg
    • Folat – 45 mcg (sangat penting selama kehamilan)
    • Asam pantotenat – 31 mg

    MINERAL :

    • Kalium – 806 mg
    • Fosfor -50 mg
    • Magnesium – 61 mg
    • Besi – 58 mg
    • Kalsium 11 mg
    • Serta mengandung mangan, seng, dan juga tembaga.

    Waktu yang tepat pemberian pisang pada bayi

    Buah pisang dapat diperkenalkan pada bayi sejak awal. Pada beberapa sumber telah menunjukka bahwa pisang sangat aman diberikan mulai dari usia 4 bulan (apabila dilakukan Mpasi dini). Tetapi juga perlu diingat bahwa usia yang direkomendasikan untuk memulai mengkonsumsi makanan padat yaitu pada usia 4-6 bulan, karena usia 6 bulan merupakan usia yang ideal.

    Pengaruh pisang terhadap kotoran bayi

    Makan pisang akan dapat mengubah pada tampilan kotoran bayi, terkadang juga dapat menyebabkan sedikit benang hitam seperti cacing. Namun kondisi ini tidak berbahaya. Perlu diketahui, buah pisang akan menyebabkan sembelit pada bayi jika dikonsumsi dengan jumlah yang banyak.

    Apakah pisang dapat menimbulkan alergi pada bayi?

    Pada beberapa kasus yang terjadi, alergi makanan akan muncul pada seseorang yang intoleransi serta sulit untuk mencerna dari kandungan asam amino yang terdapat pada makanan. Namun kandungan asam amino yang terdapat pada buah pisang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Dan hal ini dapat membuat pisang menjadi buah yang bebas alergi serta makanan yang ideal untuk bayi, karena memiliki tekstur yang lembut.

    Cara Membuat Puree Pisang

    Memberikan makanan pisang pada bayi sangatlah mudah, cukup dengan mengerok dengan menggunakan sendok. Namun harus segera diberikan, jangan didiamkan lebih lama karena akan terjadi perubahan pada warna pisang tersebut.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - June 15, 2017
    Diskusi Dari:
    Tivaa Rachmawati Putri

    Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Rennym

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Dijawab Oleh : Rennym
    Diskusi Dari:
    willianbyrnes6

    Selamat pagi bu bidan saya ingin bertanya saat ini saya sering merasakan ngilu di persendian juga di area sekita vagina. Gejala tersebut muncul setelah sebulan lalu saya melahirkan, apakah ini berbahaya? dan saya minta saran cara untuk mengatasinya. Terimakasih sebelumnya

    Dijawab Oleh : willianbyrnes6
    Diskusi Dari:
    Mohammad ikhsan

    Selamat pagi ibu bidan, saya suliani. saya masih awam tentang kehamilan tapi penasaran dengan ketuban. apa sih sebenarnya fungsi dari ketuban itu? terima kasih saya tunggu jawabannya bu

    Dijawab Oleh : Mohammad ikhsan
    Diskusi Dari:
    maya

    Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

    Dijawab Oleh : maya