×

Pengaruh Pola Tidur Terhadap Kecerdasan Bayi

Bagikan Artikel :

Curhat Bidan – Saat menjadi orang tua untuk pertama kalinya banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya kualitas tidur bayi. Bayi yang memiliki kualitas tidur yang baik tumbuh kembangnya akan optimal. Bunda perlu membenuk pola tidur si kecil agar bayi mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika pola tidur bayi sudah teratur, ia tidak akan mudah terbangun serta dapat tidur lebih lama dan lebih nyenyak.

Related Posts :

    Menurut National Sleep Foundation, bayi baru lahir setidaknya harus tidur 14-17 jam dalam sehari untuk mendukung tumbuh kembangnya dengan baik. Banyak ahli mengungkapkan bahwa tidur bagi bayi sangat berperan dalam perkembangan kecerdasan otaknya. Selain itu, saat bayi tidur tubuhnya akan membentuk hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan ini erat kaitannya dengan kesehatan fisik si kecil karena berhubungan dengan pertumbuhan tulang, mengatur metabolisme tubuh, memperbarui dan memperbaiki sel-sel tubuh, dan membuat tumbuh kembang otak bayi lebih optimal. Membiasakan bayi anda tidur siang juga sangat baik. Tidur siang dapat memberikan perasaan yang tenang dan dapat memulihkan kembali energi bayi anda sehingga fungsi otak pada bayi dapat bekerja dengan baik.

    Pertumbuhan dan perkembangan bayi sangat tergantung pada pola tidur. Tanpa tidur yang cukup bayi tidak akan tumbuh secara optimal. Karena pada saat inilah terjadi perbaikan sel-sel otak. Bayi akan mudah sakit karena daya tahan tubuhnya menurun. Selain itu, kemampuan berpikir bayi pun akan terhambat. Konsentrasi dan kemampuan motorik bayi pun akan terganggu. Hal ini bisa berpengaruh pada kehidupannya di masa mendatang.

    Tips Mengatur Pola Tidur Bayi

    Agar bayi memiliki pola tidur yang teratur, ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan, diantaranya :

    • Atur waktu tidur bayi dengan cara melakukan ritual pengantar tidur seperti menyanyikan lagu, membersihkan tubuhnya, atau mengganti pakaiannya. Ajak bayi bermain atau mengobrol jika waktunya untuk terjaga. Dengan ini bayi akan mengetahui kapan waktunya tidur dan terjaga.
    • Jika si kecil sudah cukup lama tidur, bunda diasarankan untuk membangunkannya saat tiba waktunya makan atau menyusui. Idealnya tiap dua jam sekali. Hal ini dilakukan agar bayi dapat terpenuhi nutrisinya dan mendapat waktu istirahat yang cukup.
    • Berikan ASI pada bayi saat menjelang tidur malam. Ini akan membantunya terlelap tidur dan akan terbiasa dengan pola tidur ini.
    • Matikan lampu di malam hari ketika waktunya tidur, agar bayi mengenal perbedaan siang dan malam.

    Pola tidur yang baik sangat penting untuk bayi, karena dapat memberikan dampak yang positif terhadap kesehatan mental, emosi, dan sistem kekebalan tubuhnya. Dalam mengatur pola tidur bayi, bunda harus melakukannya secara bertahap dan jangan dipaksakan. Dengan demikian lama-kelamaan  tidur bayi akan semakin teratur. Bayi pun akan bisa tidur dengan sendirinya jika sudah waktunya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 8, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mengenai Masalah Gangguan Kesehetan Baby Blues

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • Hubungan intim

  • Oleh : Ilham Dwi
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Bidan mau tanya, teman saya sering melakukan hubungan intim dengan pacarnya, kadang sminggu sehari kadang bisa 4 kali hubungan intim, sring hubungan intim, penis teman saya tidak ereksi tapi keluarin sperma warna kuning dan agak tebal, itu kenapa ya

  • Oleh : Ilham Dwi
  • Benarkah Mengkonsumsi Terong Berpengaruh Pada Penis ?

  • Oleh : Riza
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

  • Oleh : Riza
  • Kehamilan

  • Oleh : dimas syahputra
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Saya ingin bertanya apakah penis dimasukan ke dalam vagina hanya 1x(masuk langsung keluar)bisa menyebabkan kehamilan?

    Memperlancar haid

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

    Tanya Bidan