×

Pengaruh Pola Tidur Terhadap Kecerdasan Bayi

Bagikan Artikel :

Curhat Bidan – Saat menjadi orang tua untuk pertama kalinya banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya kualitas tidur bayi. Bayi yang memiliki kualitas tidur yang baik tumbuh kembangnya akan optimal. Bunda perlu membenuk pola tidur si kecil agar bayi mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika pola tidur bayi sudah teratur, ia tidak akan mudah terbangun serta dapat tidur lebih lama dan lebih nyenyak.

Menurut National Sleep Foundation, bayi baru lahir setidaknya harus tidur 14-17 jam dalam sehari untuk mendukung tumbuh kembangnya dengan baik. Banyak ahli mengungkapkan bahwa tidur bagi bayi sangat berperan dalam perkembangan kecerdasan otaknya. Selain itu, saat bayi tidur tubuhnya akan membentuk hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan ini erat kaitannya dengan kesehatan fisik si kecil karena berhubungan dengan pertumbuhan tulang, mengatur metabolisme tubuh, memperbarui dan memperbaiki sel-sel tubuh, dan membuat tumbuh kembang otak bayi lebih optimal. Membiasakan bayi anda tidur siang juga sangat baik. Tidur siang dapat memberikan perasaan yang tenang dan dapat memulihkan kembali energi bayi anda sehingga fungsi otak pada bayi dapat bekerja dengan baik.

Related Posts :

    Pertumbuhan dan perkembangan bayi sangat tergantung pada pola tidur. Tanpa tidur yang cukup bayi tidak akan tumbuh secara optimal. Karena pada saat inilah terjadi perbaikan sel-sel otak. Bayi akan mudah sakit karena daya tahan tubuhnya menurun. Selain itu, kemampuan berpikir bayi pun akan terhambat. Konsentrasi dan kemampuan motorik bayi pun akan terganggu. Hal ini bisa berpengaruh pada kehidupannya di masa mendatang.

    Tips Mengatur Pola Tidur Bayi

    Agar bayi memiliki pola tidur yang teratur, ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan, diantaranya :

    • Atur waktu tidur bayi dengan cara melakukan ritual pengantar tidur seperti menyanyikan lagu, membersihkan tubuhnya, atau mengganti pakaiannya. Ajak bayi bermain atau mengobrol jika waktunya untuk terjaga. Dengan ini bayi akan mengetahui kapan waktunya tidur dan terjaga.
    • Jika si kecil sudah cukup lama tidur, bunda diasarankan untuk membangunkannya saat tiba waktunya makan atau menyusui. Idealnya tiap dua jam sekali. Hal ini dilakukan agar bayi dapat terpenuhi nutrisinya dan mendapat waktu istirahat yang cukup.
    • Berikan ASI pada bayi saat menjelang tidur malam. Ini akan membantunya terlelap tidur dan akan terbiasa dengan pola tidur ini.
    • Matikan lampu di malam hari ketika waktunya tidur, agar bayi mengenal perbedaan siang dan malam.

    Pola tidur yang baik sangat penting untuk bayi, karena dapat memberikan dampak yang positif terhadap kesehatan mental, emosi, dan sistem kekebalan tubuhnya. Dalam mengatur pola tidur bayi, bunda harus melakukannya secara bertahap dan jangan dipaksakan. Dengan demikian lama-kelamaan  tidur bayi akan semakin teratur. Bayi pun akan bisa tidur dengan sendirinya jika sudah waktunya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 8, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berapa lama keputihan yang di alami masa remaja yang umur 16 tahun..?

  • Oleh : Dinda Febrianti
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Bu bidan saya mau tanya saya mulai keputihan pada saat saya sudah umur 14 tahun itu saya kelas 2 SMP sampek sekarang saya kelas 1 SMA belum berhenti juga keputihan saya..gimana bu bidan solusinya..?dan itu pun saya sekarang udah umur 16 tahun tapi belum mendapatkan menstruasi..dan berat badan saya sekarang 20kg apa itu juga berpengaruh dalam menstruasinya..?

  • Oleh : Dinda Febrianti
  • Berapa lama bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik?

  • Oleh : Yuli Ani
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

  • Oleh : Yuli Ani
  • Susah Ereksi

  • Oleh : Muhammad Risku
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok berumur 21 thn knapa y, beberapa hari ini penis syg susah bangat untuk ereksinya dok,,

    Tolong Jawaban nya segara dok,,saya sngat cemas dngan keaadaan sy yg skarang ini dok

    Gangguan ereksi+tidak ereksi di pagi hari

  • Oleh : Rifki surya prakarsa
  • 11 bulan yang lalu

    Selamat sore dok,saya ingin berkonsultasi dan ingin tau cara pengobatannya gimana,saya rifki surya prakarsa umur 24 thn dok,belakangan ini udah 3 bulanan saya merasakan ada gangguan di penis saya dok,seumuran saya biasanya kalo bangun tidur di pagi hari itu biasanya ereksi ya dok keras,tapi saya sudah tidak merasakan seperti itu dok,kadang ereksi sekalinya ereksi itu ereksinya tidak kuat lama dok hanya beberapa deiti dia lembek sekali,terus kalo kena rangsangan,hawa nafsu saya sedang menggebu gebu tapi penis saya hanya membesar bukannya tegak keras gitu dok,bisa di bilang lembek,itu kenapa ya dok,

  • Oleh : Rifki surya prakarsa
  • apakah berhububgan badan saat haid aman?

  • Oleh : Kelvin Wijayanti
  • 3 bulan, 2 minggu yang lalu

    saya berhubungan badan saat hari ke-4 menstruasi dan tidak menggunakan kondom. apakah aman” saja? apa yg harus saya lakukan untuk mencegah penyakit? terimakasih

  • Oleh : Kelvin Wijayanti
  • Tanya Bidan