Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Prematur

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Selamat datang dan terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung ke website Bidan Online, di artikel kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah menarik yaitu Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Prematur karena taukah Anda, bahwa penyebab kematian pada bayi terbanyak adalah kelahiran bayi prematur. Bayi yang dikategorikan sebagai bayi prematur merupakan bayi yang lahir sebelum usia kehamilan sang ibu 37 minggu.

    Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Prematur

    Bayi yang lahir prematur biasanya rentan terkena berbagai masalah kesehatan karena perkembangan bayinya belum sempurna ketika lahir.

    Pada saat seperti ini, ASI sangat diperlukan untuk bayi prematur karena untuk mencegah kematian sang bayi. Meskipun sebenanrya bayi yang lahir prematur tidak bisa menghisap payudara dan tidak bisa dilakukan inisiasi menyusui sejak dini maka dari itu solusinya dengan meneteskan ASI ke mulut bayi.

    Dr dr Rinawati Rohsiswanto, SpA dokter spesialis anak konsultan bayi prematur Bunga Rampai, mengatakan bahwa pemberian ASI ini bertujuan pada kelenjar – kelenjar daya tahan tubuh bayi yang berfungsi untuk melindungi usus yang masih rentan terkena infeksi.

    Anda mungkin sudah pasti tau, bahwa air susu ibu ini memiliki khasiat dan kandungan yang sangat kaya sekali dan menjadi faktor imun serta pertumbuhan bayi terlebih pada bayi prematur.

    Dan, beliau juga mengatakan bahwa penggunaan susu formula ini menjadi pilihan terakhir yang diberikan bayi. Jika bayi prematur tidak mendapakan ASI sama sekali atau donor ASI maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan susu formula.

    Namun sayangnya, kandungan gizi kolostrum dalam ASI sangat tinggi dan jika kolostrum mengandung rendah lemak serta tinggi protein. Jika bayi tidak mendapatkan kolostrum yang cukup maka bisa lebih mudah terkena infeksi terlebih jika bayi prematur karena daya tahan tubuhnya kurang dan sangat rentan maka dari itu ini yang menjadi faktor utama kenapa bayi prematur banyak yang meninggal.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - December 8, 2017
    Diskusi Dari:
    eureeka

    Selamat siang bu bidan. Anak saya lahir prematur dengan berat 1,7 kg dan dirawat di ruang perinatologi selama 9 hari. Sekarang usianya 2 bulan dan beratnya sudah naik menjadi 3,4 kg. Apa boleh saya beri susu formula hanya siang hari saja karena saya harus bekerja dan malam hari saya beri ASI ?

    Dijawab Oleh : eureeka
    Diskusi Dari:
    Bunga Handayani

    Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

    Dijawab Oleh : Bunga Handayani
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    puji

    selamat siang, saya mau bertanya bu, apa bahaya penyakit tifus saat hamil? terima kasih, saya sangat tunggu jawabannya

    Dijawab Oleh : puji
    Diskusi Dari:
    Dian Poenya Raizo

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

    Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

    Perlu Jawaban