×

Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Prematur

Bagikan Artikel :

Selamat datang dan terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung ke website Bidan Online, di artikel kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah menarik yaitu Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Prematur karena taukah Anda, bahwa penyebab kematian pada bayi terbanyak adalah kelahiran bayi prematur. Bayi yang dikategorikan sebagai bayi prematur merupakan bayi yang lahir sebelum usia kehamilan sang ibu 37 minggu.

Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Prematur

Bayi yang lahir prematur biasanya rentan terkena berbagai masalah kesehatan karena perkembangan bayinya belum sempurna ketika lahir.

Pada saat seperti ini, ASI sangat diperlukan untuk bayi prematur karena untuk mencegah kematian sang bayi. Meskipun sebenanrya bayi yang lahir prematur tidak bisa menghisap payudara dan tidak bisa dilakukan inisiasi menyusui sejak dini maka dari itu solusinya dengan meneteskan ASI ke mulut bayi.

Related Posts :

    Dr dr Rinawati Rohsiswanto, SpA dokter spesialis anak konsultan bayi prematur Bunga Rampai, mengatakan bahwa pemberian ASI ini bertujuan pada kelenjar – kelenjar daya tahan tubuh bayi yang berfungsi untuk melindungi usus yang masih rentan terkena infeksi.

    Anda mungkin sudah pasti tau, bahwa air susu ibu ini memiliki khasiat dan kandungan yang sangat kaya sekali dan menjadi faktor imun serta pertumbuhan bayi terlebih pada bayi prematur.

    Dan, beliau juga mengatakan bahwa penggunaan susu formula ini menjadi pilihan terakhir yang diberikan bayi. Jika bayi prematur tidak mendapakan ASI sama sekali atau donor ASI maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan susu formula.

    Namun sayangnya, kandungan gizi kolostrum dalam ASI sangat tinggi dan jika kolostrum mengandung rendah lemak serta tinggi protein. Jika bayi tidak mendapatkan kolostrum yang cukup maka bisa lebih mudah terkena infeksi terlebih jika bayi prematur karena daya tahan tubuhnya kurang dan sangat rentan maka dari itu ini yang menjadi faktor utama kenapa bayi prematur banyak yang meninggal.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 8, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kesulitan hamil saat sdah kb

  • Oleh : Ulfha Arham
  • 2 bulan yang lalu

    Dok sya ingin bertnya

    Cara brereksi untuk main yg k dua

  • Oleh : Taufik Novianto
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamu’alaikum, knapa saya stelah main skali sllu lelah dan tidak bisa br ereksi kmbali

    Perbedaan bercak kehamilan dan menstruasi

  • Oleh : Raysha Azzahra
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Hpt saya bulan april tgl 22 dok tapi darah yg keluar saat menstruasi hanya sedikit seperti bercak kemudian tgl 3 mei keluar bercak lagi berwarna coklat kira kira karna apa ya dok soal nya saya belum pernah seperti ini berbahaya gak dok

    Ejakulasi terlalu cepat

  • Oleh : Aldi Ferdian
  • 4 bulan yang lalu

    Bu, aku mau tanya. Umur saya 22 tahun. Bu, saya merasa kalau saya mengalami ejakulasi dini. Saya merasa kalau saya mengalami ini karena sering melakukan onani. Ingin rasanya berhenti, tapi sangat sulit.

    Baru onani sebentar, saya sudah ejakulasi dengan cepat. Yang saya khawatirkan, bila nanti saya menikah, saya takut tidak bisa melakukan hubungan seks yang lama dengan pasangan saya. Dan juga setelah saya melakukan onani, saya merasa sangat lemas sekali. Seperti ingin pingsan.

    Apakah menurut ibu, saya mengalami gangguan yang parah?

    kehamilan

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat Pagi dok,

    istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
    kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
    apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

    dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
    saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

    mohon jawabannya Dok,

    salam,

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan