Pilihan Menu Finger Food untuk Bayi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Saat menginjak usia 6 bulan bayi sudah mulai mengkonsumsi makanan tambahan. Sekitar usia 8 atau 9 bulan biasanya bayi sudah mulai siap makan dengan tangannya sendiri. Ia akan meraih sendok saat anda menyuapinya atau mencoba merebut makanan dari piring anda. Karena itu, bunda sebaiknya mulai mengenalkan finger food pada bayi untuk melatihnya agar bisa makan tanpa disuapi. Namun perlu bunda ketahui, tidak semua makanan bisa diberikan pada bayi. Bunda bisa mengetahui jenis finger food apa saja yang dapat diberikan pada bayi, melalui pilihan menu finger food untuk bayi yang akan curhat bidan bagikan kali ini.

    Apa yang dimaksud finger food ?

    Finger food adalah setiap potongan makanan berukuran genggaman bayi yang dapat dipegang oleh tangannya sendiri. Memakan finger food tidak hanya menyenangkan bagi bayi, tapi juga bisa menunjang keterampilan motorik halus, menggigit, serta mengunyah makanan. Dalam memberikan finger food pada bayi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya :

    • Perhatikan gizi dan nutrisinya, serta sesuaikan dengan usia bayi.
    • Pilihlah makanan yang mudah lumer dan mudah digigit oleh bayi.
    • Berikan berbagai variasi jenis makanan agar bayi dapat mengenal tekstur makanan, warna dan aroma.
    • Potong makanan seukuran jari tangan, sehingga mudah digenggam bayi.
    • Pastikan makanan yang dimasak matang dan empuk.
    • Hindari makanan yang membuat bayi tersedak seperti sayuran mentah, buah yang keras, kacang, biji-bijian, dan keripik.
    • Hindari memberinya makanan yang terlalu manis seperti permen, coklat, biskuit kering, dan cake.

    Beberapa Pilihan Menu Finger Food untuk Bayi

    Jika bunda bingung dengan pilihan menu finger food, berikut ini merupakan beberapa pilihan menu finger food yang dapat bunda berikan pada bayi :

    • Buah-buah yang dipotong dan diiris kecil seperti pepaya, mangga, pisang, alpukat, pir atau semangka. Pastikan buah yang dipilih sudah matang.
    • Sayuran yang telah direbus dan dipotong kecil-kecil. Bunda bisa memberikan sayuran seperti wortel, kentang, kembang kol, buncis, brokoli, kacang polong, atau ubi manis.
    • Roti panggang atau bagel yang dipotong sebesar jari tangan.
    • Sereal oat panggang atau sereal rendah gula lainnya.
    • Pasta fusili (berbentuk spiral) yang telah direbus hingga matang dan dipotong-potong.
    • Telur yang direbus dan dipotong-potong atau telur orak-arik. Pastikan bunda memasaknya sampai matang agar bayi tidak tekontaminasi bakteri salmonella yang tersembunyi dalam telur setengah matang.
    • Daging ayam atau daging sapi yang direbus sampai enpuk dan disuwir agar mudah dimakan bayi.
    • Keju lembaran yang dipotong kecil-kecil.

    Itulah beberapa menu finger food yang sehat untuk dikonsumsi bayi. Memperkenalkan makanan sehat pada bayi sangatlah penting, namun bunda juga perlu berhati-hati akan kemungkinan bayi tersedak saat mengkonsumsi finger food. Jadi, selalu awasi dan dampingi bayi saat mengkonsumsi makanan. Selain itu, jangan memaksakan makanan agar habis dimakan semua, karena tujuan dari pemberian finger food sendiri yaitu untuk melatih bayi makan sendiri dan mengenal berbagai makanan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - February 7, 2017
    Diskusi Dari:
    Opik Taufik

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

    Dijawab Oleh : Opik Taufik
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

    Dijawab Oleh : uye (wanita)
    Diskusi Dari:
    Hani fahrunnisa

    Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

    Dijawab Oleh : Hani fahrunnisa

    Siang ibu bidan, saya mau tanya apa ibu hamil yang mual-mual dan eneg saat makan itu wajar? Saya juga kehilangan nafsu makan jadinya, solusinya gimana ya?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Gigin Gumay

    Selamat pagi
    Saat ini saya tengah hamil anak pertama, sehingga saya belum memiliki banyak pengalaman di kehamilan ini. Untuk menjaga kehamilan saya tetap sehat dan tumbuh kembang janin saya tetap terjaga. Nutrisi baik apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan dan menu makanan apa yang bisa memenuhi asupan nutrisi tersebut? Terimakasih.

    Dijawab Oleh : Gigin Gumay