Ragam Mainan Untuk Bayi Usia 3 Bulan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • www.curhatbidan.com – Pada usia 3 bulan gerakan bayi yang masih sangat terbatas, meskipun demikian rasa ingin meraih benda-benda dan warna-warna yang mencolok sudah timbul. Sehingga beberapa mainan bayi yang dapat Anda hadirkan karena untuk merangsang gerakan yang lebih aktif.

    Pada mainan sang bayi usia 3 bulan yaitu fungsi utamanya untuk merangsang panca indera, warna-warni yang menarik perhatiannya merupakan pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan mainannya dalam usia 3 bulan. Namun selain itu mainan yang dibutuhkan pada usia tersebut jug harus berfungsi untuk menghibur sang bayi saat ada dalam keadaan sedang rewel, oleh karena itu tepat sekiranya untuk Anda memilih mainan yang memiliki bunyi.

    Sebelum Anda menentukan permainan yang akan dipilih pada usia ini, alangkah baiknya jika melihat dari segi keamanannya, karena mengingat pada usia 2 hingga 8 bulan sang bayi berada pada fase oral yang memiliki kebiasaan untuk memasukkan benda ke dalam mulutnya. Mainan bayi dengan tekstur yang kasar merupakan kurang tepat pada usia tersebut, atau juga dengan yang bentuk tajam dan terlalu kecil, hindari mainan yang dapat menghasilkan suara yang terlalu keras juga, karena dikhawatirkan dapat membahayakan sang bayi.

    Berikut adalah mainan untuk bayi usia 3 bulan :

    Mainan Yang Digantung

    Mainan ini sangat cocok untuk ditempatkan diatas tempat tidur. Bunda bisa mengajaknya untuk bermain dengan cara menggoyangkannya sehingga akan menarik perhatian sang bayi. Saat bayi menggerakan tangannya, kemudian berikan kesempatan untuk meraih mainan tersebut.

    Mainan Yang Berbunyi

    Mainan yang menghasilkan bunyi menjadi salah satu mainan yang sangat disukai oleh anak-anak serta bayi, seperti mainan gelang gemerincing yang memiliki fungsi juga untuk melatih panca indera dan juga gerakan anggota lengan.

    Mainan Untuk Digigit

    Karena berhubungan langsung dengan organ mulut sehingga harus menjaga kebersihan dan juga keamanan bahan mainan tersebut. Mainan bayi untuk digigit dibutuhkan dalam merangsang pertumbuhan gigi bayi dan juga alat pengecapnya.

    Mainan Dengan Bentuk Favorit

    Meskipun jenisnya adalah boneka tetapi untuk bayi laki-laki harus bisa memilih bentuk yang favorit seperti bentuk mobil, bola, atau binatang yang berukuran sedang. Sedangkan untuk bayi wanita lebih banyak pilihannya. Dari hal tersebut dapat menjadi mainan disela-sela waktu sengganggnya dengan sedikit cerita, meskipun belum dapat merespon namun panca indera pendengarannya akan ikut terangsang.

    Mainan Warna Warni Kontras

    Mainan dengan warna-warni yang kontras akan dapat menarik perhatian sang bayi. Fungsinya yaitu dapat menstimulasi indera penglihatan dan juga mengembangkan kemampuan motoriknya. Tempatkan dalam beberapa mainan warna supaya dapat dimainkan oleh sang bayi.

    Dalam pemilihan mainan sang bayi yang tepat dengan cara langsung maka akan mempengaruhi dalam tumbuh berkembang sang bayi. Selain itu juga untuk peran orang tua dalam menemani, mendongeng, dan bercerita juga akan membuat sang bayi menjadi merasa senang. Nikmatilah momen bahagia Anda saat bermain dengan si kecil dan jangan lupa untuk diabadikan. Semoga bermanfaat 😉

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - April 27, 2017
    Diskusi Dari:
    Vita Ratnasari

    Halo bu bidan, nama saya Alena. Katanya kalau berhubungan intim ketika kita sedang masa subur itu bisa lebih cepat untuk mendatangkan kehamilan. Karena saya sedang menunda kehamilan dan melakukan hubungan intim saat sedang tidak subur bisa terjadi kehamilan atau tidak ya ? Terima kasih sebelumnya.

    Dijawab Oleh : Vita Ratnasari
    Diskusi Dari:
    Riri

    Siang dok, saya penderita masalah kesehatan kelenjar getah bening, apakah penyakit ini bisa mematikan?

    Dijawab Oleh : Riri
    Diskusi Dari:
    Tania

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Dijawab Oleh : Tania
    Diskusi Dari:
    Rhiyad Suhpriatin

    Siang bu, saya mau tanya. Saya adalah seorang ibu menyusui, terkadang puting saya terasa sangat gatal serta timbul bercak putih pada puting payudara saya, apakah ini termasuk kanker atau bagaimana bu? bagaimana cara menanganinya?

    Dijawab Oleh : Rhiyad Suhpriatin
    Diskusi Dari:
    Uchi Susilawati

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    Dijawab Oleh : Uchi Susilawati