×

Sampai Usia Berapa Bayi Rutin Dijemur?

Bagikan Artikel :

Sampai Usia Berapa Bayi Rutin Dijemur?

Menjemur bayi baru lahir secara rutin masih menjadi pertanyaan bagi para Bunda, apakah wajib atau tidak? Apalagi saat ini terdapat informasi yang simpang siur mengenai cahaya matahari bagi bayi yang katanya akan membuat kanker kulit di kemudian hari. Benarkah demikian?

Sebetulnya hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan adanya pengaruh buruk cahaya matahari di pagi hari bagi bayi. Selama waktu penjemuran yang tepat dan si kecil tetap menggunakan pakaian lengkap maka aman-aman saja.

Selain itu ada juga pertanyaan apakah tetap haru menjemur bayi baru lahir meskipun tidak kuning? Memang, sinar matahari pagi membantu menurunkan kadar bilirubin yang tinggi pada bayi kuning. Namun, sinar matahari pagi juga tetap membawa segudang manfaat bagi bayi-bayi sehat.

Bayi baru lahir, umumnya memiliki kecenderungan kuning karena organ hatinya belum berfungsi sempurna dalam mengolah bilirubin. Ini yang dinamakan kuning fisiologis. Nah, sinar matahari pagi memiliki spektrum sinar biru yang bermanfaat mengurangi kadar bilirubin dalam darah.

Related Posts :

    Kegunaan sinar matahari pagi Berikutnya adalah menghangatkan tubuh bayi sekaligus membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokannya. Alhasil, suara ngrok-ngrok napas bayi, terutama yang berbakat alergi, dapat dikurangi. Apalagi kalau sambil dijemur dalam posisi telentang, dada bayi dari bagian bawah menuju ke leher ditepuk-tepuk dengan lembut.

    Jangan lupa, sinar matahari pagi juga merangsang pembentukan vitamin D dalam tubuh. Vitamin ini diketahui berfungsi sebagai pembuka kalsium agar mudah terserap ke dalam aliran darah, sampai akhirnya menyatu di dalam tulang. Paparan yang dibutuhkan tak perlu lama, cukup sekitar 15 menit pada pagi hari.

    Lalu sampai Usia Berapa Bayi Harus Rutin Dijemur?

    Sebenarnya tidak ada batasan umur menjemur bayi dibawah sinar matahari. Tetapi umumnya bayi yang baru lahir bisa langsung di jemur sampai usia 1 minggu. Lakukan ini secara teratur untuk mencegah bayi kuning. Nah, baru setelah bayi umur 1 minggu, bunda bisa tetap menjemur bayi setiap hari atau menguranginya. Tapi tidak ada salahnya kan Bunda melakukannya setiap hari? Ini juga untuk kesehatan bayi. Sampai dewasa pun, masih bisa kita melakukan menjemur diri dibawah sinar matahari sampai jam 9 pagi. Karena pembentukan tulang, akan berlangsung sampai umur kita 20 tahun.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 14, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mendapatkan anak laki laki

  • Oleh : Rizki Putra
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Program yg tepat

    manfaat berenang bagi ibu hamil?

  • Oleh : wkjchu56042488
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    bu bidan, saya ingin tau apa saja manfaat berenang bagi ibu hamil, itu saja ya bu 🙂

    Alasan Kenapa Berat Badan Turun Saat Hamil

  • Oleh : Winda
  • 5 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saat ini istri saya tengah mengandung dan sering sekali mengalami mual dan muntah. Selain itu, saya lihat berat badannya malah sedikit menurun. Apa ini berbahaya? dan apa yang menjadi penyebab turunnya berat badan istri saya, apa mungkin ada hubungannya dengan gejala mual muntah yang dialami oleh istri saya?

    Tentang pra subur

  • Oleh : Ahmad Dun
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Kpd bidan yg terhormat:
    Setelah menstruasi/ sudah suci, trus brhubungan badan.. Apakah bisa terjadi hamil?

    telat haid

  • Oleh : ursulakimmel80
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    kenapa ya saya telat haid 1 minggu, memang sih 5 bulan kebelakang haid saya sempat tidak teratur, suka mundur. tapi 3 bulan kebelakang sempat teratur dan sekarang tidak teratur lagi. udah di tespek juga cuma 1 garis, takut kenapa-napa 🙁

    Tanya Bidan