×

Si Kecil Sering Ngeces, Aman Gak Sih?

Bagikan Artikel :

Si Kecil Sering Ngeces, Aman Gak Sih?

Ngeces pada bayi adalah proses keluarnya air mulut tanpa disadari. Air liur yang keluar ini adalah gejala yang sangat normal sampai bayi berusia 2 tahun. Kelenjar ini memang telah aktif sejak bayi berada di dalam kandungan. Namun, keadaan ini sering membingungkan bagi seorang ibu apabila terlalu berlebihan. ada beberapa penyebab bayi ngeces yang perlu Bunda ketahui dari hal yang normal hingga berbahaya.

Penyebab Bayi Ngeces

Related Posts :
    1. Tumbuh kembang bayi
      Bayi Ngeces Merupakan Perkembangan Bayi Normal. Pada dasarnya, air liur yang keluar dari mulut bayi alias ngeces merupakan keadaan yang lazim ditemukan. Keadaan ini umumnya terjadi saat si kecil berusia 3 bulan, karena kelenjar liur mulai teraktivasi. Seiring dengan usia, bayi akan mulai memasukkan tangan ke mulutnya dan ini akan merangsang produksi air liur berlebihan.
      Sayangnya, bayi belum memiliki kemampuan menelan air liurnya tersebut sehingga malah menetes keluar mulut.
    2. Tumbuh Gigi
      Bayi mulai mengalami pertumbuhan gigi pertama pada usia 6 hingga 8 bulan. Hal ini juga dapat menjadi penyebab keluarnya air liur bayi secara berlebihan. Pertumbuhan gigi menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan gusi. Hal inilah yang akan merangsang pengeluaran liur pada bayi.
    3. Peradangan Rongga Mulut
      Bayi Ngeces Karena Peradangan Rongga Mulut Peradangan dalam mulut dapat terjadi akibat sariawan, jamur pada lidah atau mulut, dan hal-hal lainnya. Jika penyebab peradangan pada mulut tersebut dapat diatasi dengan baik, produksi air liur bayi bisa berkurang.
    4. Radang Tenggorokan
      Radang tenggorokan dapat membuat produksi air liur bayi berlebihan. Keadaan tersebut juga akan membuat si kecil enggan menelan liurnya, karena terasa nyeri.
      Hal inilah yang kemudian membuat air liur menumpuk dalam rongga mulut, sehingga si kecil akan ngeces.
    5. Gangguan Saraf
      Gangguan saraf seperti cerebral palsy dapat bergejala ngeces berlebih pada bayi. Hal ini terjadi karena kondisi tersebut mengganggu refleks menelan pada si kecil. Cerebral palsy merupakan kelainan saraf yang utamanya melibatkan fungsi motorik kasar. Kelainan ini disebabkan oleh adanya kerusakan di otak.
    6. Gangguan Mental
      Penyebab bayi sering mengeces lainnya adalah gangguan mental, seperti pada anak sindrom down. Fakta menyebut, 10 persen anak dengan kondisi tersebut cenderung mengeluarkan air liur berlebih dari mulutnya. Penyebabnya adalah keterlambatan perkembangan kemampuan mengunyah dan menelan, serta penutupan bibir yang tidak sempurna.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 25, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menghilangkan kebiasaan menghisap tangan

  • Oleh : Ramadhan
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

    Kehamilan

  • Oleh : Isti Rahmawati
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

    Menstruasi

  • Oleh : Eka Lestari
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Bu bidan umur saya 18 tahun dan saya menstruasi sudah 24 hari apakah itu berbahaya?

  • Oleh : Eka Lestari
  • Mata Putih Bagian Tengah

  • Oleh : emilia
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok saya may tanya, kan saya punya ade yang masih berusia 2 bulan. Awalnya adik saya lahir dengan normal dan juga mata yang normal. Tapi setelah usia adik saya menginjak 1 bulan, tiba tiba saya perhatikan ada warna putih pada bagian mata bagian tengah yang biasanya hitam, itu kira kira kenapa ya dok? jenis penyakit apa kira kira?

    Telat menstruasi 1 minggu

  • Oleh : Putri Aisyah
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Permisi dok mau tanya, saya telat menstruasi sampe 1 minggu, itu gimana ya? Soalnya saya tidak pernah telat selama ini. Baru kali ini telat sampe 1 minggu, saya kan masih remaja jadi saya bingung harus gimana dok. Saya tunggu jawaban secepatnya dok

  • Oleh : Putri Aisyah
  • Tanya Bidan