×

Si Kecil Sering Ngeces, Aman Gak Sih?

Bagikan Artikel :

Si Kecil Sering Ngeces, Aman Gak Sih?

Ngeces pada bayi adalah proses keluarnya air mulut tanpa disadari. Air liur yang keluar ini adalah gejala yang sangat normal sampai bayi berusia 2 tahun. Kelenjar ini memang telah aktif sejak bayi berada di dalam kandungan. Namun, keadaan ini sering membingungkan bagi seorang ibu apabila terlalu berlebihan. ada beberapa penyebab bayi ngeces yang perlu Bunda ketahui dari hal yang normal hingga berbahaya.

Penyebab Bayi Ngeces

  1. Tumbuh kembang bayi
    Bayi Ngeces Merupakan Perkembangan Bayi Normal. Pada dasarnya, air liur yang keluar dari mulut bayi alias ngeces merupakan keadaan yang lazim ditemukan. Keadaan ini umumnya terjadi saat si kecil berusia 3 bulan, karena kelenjar liur mulai teraktivasi. Seiring dengan usia, bayi akan mulai memasukkan tangan ke mulutnya dan ini akan merangsang produksi air liur berlebihan.
    Sayangnya, bayi belum memiliki kemampuan menelan air liurnya tersebut sehingga malah menetes keluar mulut.
  2. Tumbuh Gigi
    Bayi mulai mengalami pertumbuhan gigi pertama pada usia 6 hingga 8 bulan. Hal ini juga dapat menjadi penyebab keluarnya air liur bayi secara berlebihan. Pertumbuhan gigi menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan gusi. Hal inilah yang akan merangsang pengeluaran liur pada bayi.
  3. Peradangan Rongga Mulut
    Bayi Ngeces Karena Peradangan Rongga Mulut Peradangan dalam mulut dapat terjadi akibat sariawan, jamur pada lidah atau mulut, dan hal-hal lainnya. Jika penyebab peradangan pada mulut tersebut dapat diatasi dengan baik, produksi air liur bayi bisa berkurang.
  4. Radang Tenggorokan
    Radang tenggorokan dapat membuat produksi air liur bayi berlebihan. Keadaan tersebut juga akan membuat si kecil enggan menelan liurnya, karena terasa nyeri.
    Hal inilah yang kemudian membuat air liur menumpuk dalam rongga mulut, sehingga si kecil akan ngeces.
  5. Gangguan Saraf
    Gangguan saraf seperti cerebral palsy dapat bergejala ngeces berlebih pada bayi. Hal ini terjadi karena kondisi tersebut mengganggu refleks menelan pada si kecil. Cerebral palsy merupakan kelainan saraf yang utamanya melibatkan fungsi motorik kasar. Kelainan ini disebabkan oleh adanya kerusakan di otak.
  6. Gangguan Mental
    Penyebab bayi sering mengeces lainnya adalah gangguan mental, seperti pada anak sindrom down. Fakta menyebut, 10 persen anak dengan kondisi tersebut cenderung mengeluarkan air liur berlebih dari mulutnya. Penyebabnya adalah keterlambatan perkembangan kemampuan mengunyah dan menelan, serta penutupan bibir yang tidak sempurna.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 25, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Nyeri saat buang ari kecil

  • Oleh : Iszmy Mukhayarin
  • 3 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

    gangguan kehamilan

  • Oleh : Rezkika Ayu Pribadi
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    dok,mau tanya dong kenapa ya setelah saya minum soda perut saya sakit sekali nyeri dibagian semua perut dan punggung, pinggang saya juga sakit sekali,dan celana dlm saya terasa basah dan saya lihat pagi hari nya berwarna coklat agak kuning dok, tlg jwb ya

    Ingin Hamil Setelah Melepas KB

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu kami menikah, dan kami belum begitu menginginkan keturunan sehingga memutuskan untuk menggunakan KB. Saya menggunakan KB selama 1 tahun, dan kini sudah tidak menggunakan KB 1 tahun. Pertanyaan nya, kenapa saya tidak bisa hamil juga sampai saat ini, padahal saya sudah melepas KB tersebut 1 tahun yang lalu. Mohon penjelasannya dok

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • Masalah haid tidak teratur

  • Oleh : Dian Anggraini
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Bu bidan mau bertanya nih..
    Perkenalkan nama saya Dian umur sy 21th. Saya pny mslh mens udh 1thun lalu… Saya juga sudh periksa ke dr.Spog ,wktu sy priksa tdk ada masalah apa² cuma hormon sy kurang baik. Dan saat itu sy diberi obt Regumen trs saya minum smpai hbis skitar bbrp hri langsung mens. Tapi saya bingungny klo sy tdk konsumsi kok saya telat mens lagi ya bu bidan. Ap sy hrus minum obat itu terus? Soalny sy tkut klo sy ketergantungan. Sya udh telat 1bln… Dan saya coba buat minum ramuan dr bhn alami sih soalny pngn aja nggk minum obtny tp bisa mens. Tp saat ini blm ada tanda². Gimn ya bu bidan solusiny

  • Oleh : Dian Anggraini
  • Benjolan kecil dan lunak dipayudara

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang dokter, kakak saya kemarin bilang kalau di payudaranya ada seperti benjolan kecil dan lunak itu benjolan payudara yang menyebabkan kanker payudara bukan dok ? Bagaimana cara mengobatinya ?

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • Tanya Bidan