×

Tahap Perkembangan Penglihatan Bayi Baru Lahir Usia 0-6 Bulan

Bagikan Artikel :

www.curhatbidan.com – Bayi baru lahir tidak bisa langsung melihat dengan jelas layaknya orang dewasa. Pada minggu-minggu pertama kehidupan bayi sama sekali tidak dapat melihat secara jelas serta belum bisa membedakan warna. Sangat diperlukan waktu untuk beberapa bulan supaya penglihatan bayi berkembang sehingga bayi dapat melihat.

Perkembangan panca indera penglihatan merupakan contoh yang luar biasa terhadap pengalaman manusia pada saat masih bayi. Dan apabila digabungkan dengan faktor genetic, maka akan menghasilan perkembangan otak. Saat bayi lahir, penglihatannya akan membantu pada perkembangan emosional, fisik dan mental. Perkembangan bayi akan berkembang dengan merespon pada cahaya, mengenal warna, mengenal bentuk, dan mengenal gerakan. Sehingga hal inilah yang menjadi salah satu bahwa penglihatan bayi sangat mempengaruhi pada perkembangan otak.

Related Posts :

    Lalu bagimana proses perkembangan penglihatan bayi baru lahir?

    Bayi memang terlahir dengan penglihatan yang belum sempurna. Bayi perlu belajar untuk melihat dengan seiringnya pertumbuhan usia. Pada mata yang sehat dan normal diperlukan supaya bayi bisa belajar untuk menggunakan mata mereka didalam kehidupan sehari-hari ketika mereka tumbuh besar. Adanya gangguan penglihatan pada bayi dan juga balita dapat menyebabkan terlambatnya perkembangan penglihatan sang anak.

    Berikut tahapan perkembangan penglihatan pada bayi baru lahir :

    1. Penglihatan bayi baru lahir

    Ketika bayi lahir ke dunia, maka penglihatannya masih belum sempurna. Meskipun pada dasarnya bayi sangat senang melihat bentuk wajah sang ibu, namun tetap saja penglihatannya masih belum sempurna. Kemampuan mata bayi baru lahir hanya bisa melihat objek dengan jarak panjang sekitar 19.6 cm hingga 29.4 cm. Bayi sudah dapat mengenal pada wajah ibunya sendiri ketika saat pertama kali sang ibu memberikan ASI.

    2. Penglihatan bayi usia 6 minggu

    Pada penglihatan bayi baru lahir ketika bayi sudah memasuki usia 6 minggu, maka ia sudah bisa mengenal objek dan benda yang perpindah ke kiri dan kanan. Sebenarnya untuk menstimulasi perkembangan penglihatan bayi sudah bisa dilakukan pada saat masih berada didalam kandungan. Bunda dapat memberikan paparan cahaya supaya dapat membantu rangsangan bayi. Setelah sang bayi lahir, Bunda dapat menstimulasi dengan menggunakan ASI, karena kandungan ASI dapat membantu penglihatan bayi terutama pada bagian syaraf retina bayi.

    3. Penglihatan bayi usia 2 bulan

    Sebenarnya pada saat bayi baru lahir dapat melihat berbagai warna, meskipun sangat sulit untuk membedakannya. Karena menurut bayi penglihatan bayi semuanya akan terlihat mirip. Hal ini disebabkan mengapa bayi akan lebih menyukai warna hitam putih dengan kontras yang tinggi.

    4. Penglihatan bayi usia 3-4 bulan

    Saat sudah memasuki usia 3-4 bulan, bayi sudah dapat melihat secara fokus serta dapat melihat suatu pergerakan yang telah dihasilkan oleh suatu objek. Selain itu juga, bayi akan semakin lebih sensitive terhadap rangsangan cahaya. Bayi berusia 3 bulan pendeteksian cahaya yang dilakukan bayi berkisar sekitar 10 kali lipat dibandingkan dengan pada orang dewasa, oleh karena itu sebaiknya untuk tidak memasang lampu yang terlalu terang. Supaya dapat melakukan stimulasi rangsangan cahaya, Bunda bisa membuat kamar tidur bayi yang dihiasi dengan warna beragam.

    5. Penglihatan bayi usia 6 bulan

    Penglihatan bayi berusia 6 bulan sudah memasuki pada tahap yang cukup sempurna. Karena pada kemampuannya dalam melihat sesuatu sudah sangat jelas. Ketika bayi sudah berusia 6 bulan, maka ia memiliki kordinasi serta gerakan dalam mengontrol mata dengan baik. Untuk memberikan stimulasi pada bayi usia 6 bulan, maka Bunda dapat mengenalkannya dengan ragam mainan, warna, dan yang lainnya supaya bayi dapat menikmati penglihatannya.

    Itulah tahapan pada perkembangan penglihatan bayi baru lahir usia 0-6 bulan agar Anda dapat memberikan stimulasi pada si kecil. Dengan mengetahui dan mengenal pada tahapan-tahapan penglihatan pada bayi baru lahir maka akan lebih mudah untuk mengetahui kondisi abnormal yang berhubungan dengan terlambatnya penglihatan pada bayi sesuai dengan usia.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 1, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Vagina

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Tolong kasih tau saya.. ini knpa ada benjolan di pinggir vagina.. kadang terasa sakit

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

    Cara mengatasi PMS

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, kenapa yah setiap menjelang menstruasi saya jadi mudah marah dan lebih sensitif? bagaimana sih cara mengatasi PMS itu bu bidan? Terimakasih:)

    bayi usia 2 bulan sudah 4 hari tidak mau pup

  • Oleh : samanthau51
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    bu bidan tolong saya, bagaimana caranya agar bayi saya mau pup? Sudah 4 hari ini dia tidak pup, apa yang salah? bagaimana baiknya?

    Haid Tidak Teratur

  • Oleh : Dinda vika
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, terakhir istri saya kan haid pada tanggal 8 februari hingga tanggal 14 februari. Namun setelah 1 minggu bersih dari haid, kemudian pada tanggal 20, 21, 22 istri saya mengeluarkan darah yang memang terbilang kecil hanya sebesar cendol tapi bergumpal. Namun, setiap hari hanya ada 1 gumpalan saja yang keluar ini. Yang saya mau tanyakan, ini kira kira kenapa ya dok dengan kondisi istri saya? berbahaya tidak dok, mohon penjelasannya, terimakasih.

    Tanya Bidan