×

Telinga Bayi Bau? Ini Lho Penyebabnya!

Bagikan Artikel :

Telinga Bayi Bau? Ini Lho Penyebabnya!

Bayi usia di bawah satu tahun selain sering mengalami masalah kulit dan pencernaan, sering juga mengalami kondisi telinga yang bau. Bahaya gak sih? Nah bau telinga ini bisa karena perawatan yang kurang baik dan bisa juga menandakan adanya infeksi. Telinga yang mengalami infeksi akan mengeluarkan cairan putih dan kekuningan.

Bayi sangat rentan terhadap infeksi telinga, karena saluran eustachius bayi masih sangat pendek dan horizontal, sehingga tidak mengalir seperti halnya orang dewasa dan cenderung tersumbat

Tanda dan Gejala Infeksi Telinga

Dikutip dari alodokter, bunda harus mewaspadai beberapa gejala infeksi telinga, salah satunya yaitu:
• Keluar cairan putih kekuningan
Ini mengindikasikan adanya lubang kecil di gendang telinga. Namun jangan khawatir, keluarnya cairan akan berhenti begitu infeksi diobati.
• Hilang nafsu makan
Ini dikarenakan infeksi telinga membuat kegiatan mengunyah dan menelan menjadi sakit.
• Sulit tidur
Posisi berbaring membuat infeksi telinga lebih terasa menyakitkan, sehingga bayi menjadi sulit tidur.
• Demam
Seperti penyakit infeksi pada umumnya, infeksi telinga pada bayi dan anak juga dapat menyebabkan demam. Demam merupakan respons kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.
• Bayi sering rewel
Si Kecil akan mengalami rasa nyeri di telinga. Karena itu, dia akan sering menangis dan lebih
• Kesulitan mendengar dan masalah ketidakseimbangan tubuh
Penumpukan cairan di telinga bagian tengah dapat mengganggu pendengaran. Jika infeksi sudah menyebar ke telinga bagian dalam, akan terjadi gangguan keseimbangan tubuh, yang biasanya terlihat pada anak yang sudah dapat berjalan, yaitu dari cara berjalannya yang tidak stab

Cara Mengatasi Telinga Bayi Bau Karena Infeksi

  1. Pemberian antibiotic
  2. Jika disertai demam maka ditambah dengan paracetamol
  3. Obat tetes diperlukan jika terjadi pengeluaran cairan putih atau kekuningan

Perawatan di Rumah untuk Atasi Infeksi Telinga

• Kompres hangat
Cobalah kompres hangat telinga Si Kecil selama sekitar 10 sampai 15 menit. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa sakit.
• Menjaga kecukupan cairan
Jaga Si Kecil untuk tetap terhidrasi dengan memberinya cukup asupan cairan. Karena dengan menelan dapat membantu membuka saluran eustachius sehingga cairan yang terperangkap dapat mengalir.
• Tinggikan kepala Si Kecil
Letakkan dua bantal di bawah kasur/matras Si Kecil untuk memperbaiki pengeringan sinusnya. Jangan meletakkan bantal langsung di bawah kepala bayi.
• Hindari penggunaan dot
Penggunaan dot atau empeng ternyata tidak disarankan untuk bayi yang mengalami infeksi telinga. Hal ini karena menggunakan dot untuk menenangkan bayi yang sedang sakit telinga berisiko menimbulkan infeksi telinga berulang.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 25, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan Yang Tak Normal

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 6 tahun yang lalu

    Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • Telat datang bulan tapi tidak hamil

  • Oleh : Riana
  • 6 tahun, 5 bulan yang lalu

    saya telat satu bulan tidak haid, tapi pas coba testpack hasilnya negatif.. Apakah ini normal?

    Pencegahan Pregobesity/kenaikan berat badan berlebih selama kehamilan

  • Oleh : Nita Mustika
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat Pagi,
    Saya Nina saya mau bertanya, bagaimana Cara Pencegahan Pregobesity/kenaikan berat badan yang berlebih selama kehamilan pada Ibu Hamil ?

    telat datang dan testpack

  • Oleh : wedha savitri
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    bu bidan saya mau tanya hari ini saya udah hari ke 4 telat datang bulan dan saya sdh melakukan test kehamilan di hari ke 4 saya telat dan hasilnya 2 garis hanya saja garis yg satunya warna tidak pekat sperti garis sblmnya.terima kasih

    Merencanakan program hamil dengan siklus menstruasi tidak teratur

  • Oleh : frenni franita
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Tanya Bidan