×

Tidak Hanya Orang Dewasa, Bayi Juga Butuh Waktu Sendiri

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Tidak Hanya Orang Dewasa, Bayi Juga Butuh Waktu Sendiri-, Me time atau waktu untuk sendiri, tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa saja melainkan bayi juga membutuhkan waktu untuk sendiri dan waktu sendiri untuk bayi berbeda dengan orang dewasa jadi Anda jangan meninggal bayi Anda tanpa pengawasan atau Anda membiarkan bayi Anda menangis.

Pengertian dari istilah me time sendiri adalah memberikan kesempatan pada Anda untuk memanjakan diri dari rutinitas, sedangkan me time pada bayi adalah waktu untuk istirahat.

Pada umumnya saat bayi sedang terjaga, Anda dan keluarga terkadang pernah berhenti mengajaknya bermain dan hal ini cukup baik untuk stimulasi bayi tapi beberapa kali Anda bisa membiarkan bayi Anda untuk merasakan waktunya sendiri tanpa melakukan berbagai macam stimulasi atau reaksi.

Untuk beberapa bayi, mereka juga memerlukan me time meskipun hanya beberapa menit saja dengan tujuan yang berbeda – beda. Meskipun tujuan utamanya untuk membuat istirahat atau menghibur diri sendiri. Tidak jauh berbeda dengan orang dewasa yang membutuhkan waktu sendiri untuk menghilangkan rasa penat atau stress dan begitu juga dengan bayi Anda yang setiap kali Anda ajak bermain dan berceloteh membutuhkan waktu tenang meskipun hanya untuk beberapa menit.

Beberapa tanda bayi membutuhkan me time diantaranya saat Anda ajak bermain atau berceloteh, bayi sering mengalihkan kontak mata dan terkadang disertai dengan gelengan kepala, tangan bayi sering menggeliat atau bahkan sampai menangis.

Related Posts :

    Tanda – tanda di atas harus didukung oleh kesehatan bayi yang baik dan kondisi lingkungan yang bersahabat seperti tidak kepanasa, kedinginan dan tidak nyaman. Apabila faktornya memang bukan karena masalah kesehatan, cobalah berikan waktu me time untuk bayi kemudian meletakan bayi Anda di atas matras untuk menikmati waktu tenangnya.

    Berikut di bawah ini beberapa cara memberikan me time untuk bayi :

    • Anda bisa menemani bayi Anda tapi bukan untuk mengajaknya bermain melainkan hanya mengawasinya saja. Misalnya saat Anda sedang menulis, maka Anda bisa memberikan mainan bayi dan membiarkannya bermain sendiri.
    • Anda tidak perlu terburu – buru mengajak bayi Anda bermain, jika bayi sedang sendiri tidak perlu terburu – buru mengajaknya bermanin. Jangan khawatir bayi Anda sedang menikmati waktu me time nya sendiri dan hal yang harus Anda lakukan yaitu tetap berada di sampingnya dengan melakukan kegiatan Anda.
    • Kurangi kebisingan dan aktifitas, Anda bisa mengurangi suara kegaduhan yang ditimbulkan oleh tv, musik atau lingkungan yang bisa menganggu bayi Anda. Biarkan bayi Anda menikmati waktunya sendiri sehingag dia senang dengan waktunya sendiri dan melakukan kegiatannya sendiri dalam beberapa waktu.
    • Membiarkan bayi menikmati bangun tidurnya, saat bayi Anda bangun tidur dan tidak menangis sebaiknya Anda tidak perlu terburu – buru menggendongnya melainkan Anda bisa membuatnya menjadi lebih tenang.
    • Beberapa aktifitas di atas bisa Anda terapkan untuk memberikan waktu sendiri pada bayi dan masih dalam pengawasan Anda tentunya karena bayi masih membutuhkan pengawasan dari orang dewasa.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 14, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Onani

  • Oleh : Herry Firdaus
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Sy sudah punya istri tapi masih suka onani itu knp ?

    Menstruasi yang terlalu lama

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 2 tahun yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    program hamil yang pernah operasi pengangkatan kista

  • Oleh : rosnyala
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    pagi bu bidan, saya mau tanya, pada bulan juni lalu saya operasi pengangkatan kista/ pengikisan kista d ovarium, sebesar 10centi, kanan kiri, sekarang saya mau program hamil alami bu. kira” apa saja yang perlu saya lakukan yah bu? karna selama 6bulan setelah operasi, siklus haid saya jadi tidak teratur. baru 2 / 3 bulan ini haid saya teratur. dan selama ini setelah operasi saya sudah coba ikuti kalender dan berhubungan saat masa” subur.. tp sampe sekarang belum jg hamil bu.. bagaimana yah bu? mohon info nya dan kira” apa yang harus saya konsumsi guna keberhasilan untuk kehamilan ini yah bu?
    terimakasih.

    Menstuasi

  • Oleh : Humaira Humaira
  • 2 minggu, 4 hari yang lalu

    Dok, saya mau konsul, saya sudah tidak ada menstruasi selama 2 bulan, tapi stelah dua bulan tidak ada menstruasi keluar bercak hitam selama 30 hari, keluarnya tidak banyak dok cuman sedikit, tapi saya takut apa itu penyakit.karena keluarnya seperti lem, lengket gitu dok.hanya itu
    Terimakasih dok

    Tanya Bidan