Tidak Hanya Orang Dewasa, Bayi Juga Butuh Waktu Sendiri

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online -, Tidak Hanya Orang Dewasa, Bayi Juga Butuh Waktu Sendiri-, Me time atau waktu untuk sendiri, tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa saja melainkan bayi juga membutuhkan waktu untuk sendiri dan waktu sendiri untuk bayi berbeda dengan orang dewasa jadi Anda jangan meninggal bayi Anda tanpa pengawasan atau Anda membiarkan bayi Anda menangis.

    Pengertian dari istilah me time sendiri adalah memberikan kesempatan pada Anda untuk memanjakan diri dari rutinitas, sedangkan me time pada bayi adalah waktu untuk istirahat.

    Pada umumnya saat bayi sedang terjaga, Anda dan keluarga terkadang pernah berhenti mengajaknya bermain dan hal ini cukup baik untuk stimulasi bayi tapi beberapa kali Anda bisa membiarkan bayi Anda untuk merasakan waktunya sendiri tanpa melakukan berbagai macam stimulasi atau reaksi.

    Untuk beberapa bayi, mereka juga memerlukan me time meskipun hanya beberapa menit saja dengan tujuan yang berbeda – beda. Meskipun tujuan utamanya untuk membuat istirahat atau menghibur diri sendiri. Tidak jauh berbeda dengan orang dewasa yang membutuhkan waktu sendiri untuk menghilangkan rasa penat atau stress dan begitu juga dengan bayi Anda yang setiap kali Anda ajak bermain dan berceloteh membutuhkan waktu tenang meskipun hanya untuk beberapa menit.

    Beberapa tanda bayi membutuhkan me time diantaranya saat Anda ajak bermain atau berceloteh, bayi sering mengalihkan kontak mata dan terkadang disertai dengan gelengan kepala, tangan bayi sering menggeliat atau bahkan sampai menangis.

    Tanda – tanda di atas harus didukung oleh kesehatan bayi yang baik dan kondisi lingkungan yang bersahabat seperti tidak kepanasa, kedinginan dan tidak nyaman. Apabila faktornya memang bukan karena masalah kesehatan, cobalah berikan waktu me time untuk bayi kemudian meletakan bayi Anda di atas matras untuk menikmati waktu tenangnya.

    Berikut di bawah ini beberapa cara memberikan me time untuk bayi :

    • Anda bisa menemani bayi Anda tapi bukan untuk mengajaknya bermain melainkan hanya mengawasinya saja. Misalnya saat Anda sedang menulis, maka Anda bisa memberikan mainan bayi dan membiarkannya bermain sendiri.
    • Anda tidak perlu terburu – buru mengajak bayi Anda bermain, jika bayi sedang sendiri tidak perlu terburu – buru mengajaknya bermanin. Jangan khawatir bayi Anda sedang menikmati waktu me time nya sendiri dan hal yang harus Anda lakukan yaitu tetap berada di sampingnya dengan melakukan kegiatan Anda.
    • Kurangi kebisingan dan aktifitas, Anda bisa mengurangi suara kegaduhan yang ditimbulkan oleh tv, musik atau lingkungan yang bisa menganggu bayi Anda. Biarkan bayi Anda menikmati waktunya sendiri sehingag dia senang dengan waktunya sendiri dan melakukan kegiatannya sendiri dalam beberapa waktu.
    • Membiarkan bayi menikmati bangun tidurnya, saat bayi Anda bangun tidur dan tidak menangis sebaiknya Anda tidak perlu terburu – buru menggendongnya melainkan Anda bisa membuatnya menjadi lebih tenang.
    • Beberapa aktifitas di atas bisa Anda terapkan untuk memberikan waktu sendiri pada bayi dan masih dalam pengawasan Anda tentunya karena bayi masih membutuhkan pengawasan dari orang dewasa.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - March 14, 2017
    Diskusi Dari:
    Disa Khaerunisa

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

    Dijawab Oleh : Disa Khaerunisa
    Diskusi Dari:
    Rani Anggraeni

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Didin Bajarudin

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam pada kulit bayi berumur 6 bulan yah ? Semalam muncul ruam merah pada kulit bayi saya. Mohon sarannya bu bidan, supaya bayi saya tak rewel terus akibat gatal pada ruam tersebut.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    beau8469306441

    Selamat siang,
    Saya Nandini dan saat ini saya tengah hamil memasuki minggu ke 6. Bagi seorang ibu yang menginginkan kehamilannya tetap sehat, terhindar dari berbagai masalah kesehatan pada janin. Apa yang seharusnya saya konsumsi. Mohon jawabannya.

    Dijawab Oleh : beau8469306441